TEBUS HOKI! BELI 1 GRATIS 1
Belajar Data 6 BULAN GRATIS 6 BULAN hanya Rp180K!

0 Hari 2 Jam 50 Menit 50 Detik

Manfaat Excel untuk Employee Training & Development

Belajar Data Science di Rumah 08-Mei-2023
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/4bde3746cf27ae005f07b43faafff926_x_Thumbnail800.jpeg

Microsoft excel adalah salah satu aplikasi atau software yang memiliki berbagai manfaat dan telah dikenal serta digunakan oleh banyak orang. Berbagai manfaat microsoft excel ini menjadi salah satu penyebab dibutuhkannya seseorang yang menguasai excel dalam suatu perusahaan. Dengan demikian banyak pula orang yang mencari cara belajar excel untuk employee training & development sehingga memudahkan seseorang untuk proses pemahaman terhadap software ini.


Microsoft excel pertama kali ada pada tahun 1985. Software ini adalah software pengolah data yang merupakan bagian dari Microsoft Office. Berbagai fungsi dari excel yang sering digunakan antara lain dapat digunakan untuk menyelesaikan perhitungan aritmatika, membuat laporan keuangan, mengolah data, menyajikan data, menghitung anggaran, dan masih banyak lainnya. Pada artikel ini kita akan mengenali beberapa keuntungan diadakannya pelatihan dan pengembangan karyawan mengenai excel di dalam suatu perusahaan. 


1. Menambah Pengetahuan

Menambah pengetahuan merupakan suatu tujuan awal diadakannya kegiatan pelatihan dan pengembangan bagi para karyawan. Sebagai contoh jika perusahaan mengadakan pelatihan excel untuk karyawannya maka karyawan yang pada awalnya hanya mengerti excel sedikit saja maka akan menambah wawasan dan pengalaman baru dalam mengoperasikan excel. Pada saat pelatihan pun peserta dapat bertanya seputar hal yang tidak dimengerti kepada pemateri atau mentor.


Baca juga : Rumus Excel yang Paling Sering Digunakan dalam Dunia Kerja


2. Meningkatkan Produktivitas Kerja

Seringkali kita mendengar banyak karyawan yang mengeluh atau merasa kurang produktif dalam bekerja. Adakalanya hal itu dikarenakan kurangnya wawasan, kemampuan serta pengalaman yang berkaitan dengan tugas dan tanggung jawabnya. Dengan mengikuti pelatihan dan pengembangan diri, karyawan dapat lebih percaya diri dalam menjalankan tugasnya dan diharapkan bisa meningkatkan produktivitas kerja sehingga lebih efisien dan maksimal.


3. Menunjang Kenaikan Karir

Salah satu hal yang diinginkan para karyawan adalah kenaikan karir ke jenjang yang lebih tinggi. Untuk mencapai hal tersebut tentu dibutuhkan keahlian atau kemampuan lebih yang sesuai dengan yang dibutuhkan. Salah satu cara atau upaya untuk meraih jenjang karir yang lebih tinggi adalah dengan meningkatkan kualitas diri dengan cara mengikuti pelatihan dan pengembangan diri yang disediakan oleh perusahaan atau pihak lainnya. 


4. Perusahaan Memiliki Karyawan yang Terampil

Selain berbagai keuntungan bagi karyawan, perusahaan juga mendapatkan keuntungan dengan mengadakan kegiatan pelatihan dan pengembangan diri untuk karyawan. Salah satu keuntungannya adalah perusahaan akan memiliki karyawan yang terampil dan benar-benar menguasai suatu bidang. Selain itu perusahaan juga dapat meminimalisir pergantian karyawan baru yang sekiranya kurang dibutuhkan agar lebih maksimal dalam pengelolaan manajemen sumber daya  manusia bagi perusahaan.


Baca juga : Kenali Rumus IF pada 3 Kondisi dengan Excel


Penguasaan microsoft excel bukanlah hal baru yang diinginkan oleh setiap perusahaan, Bahkan dapat dikatakan bahwa mayoritas perusahaan tentu membutuhkan karyawan yang terampil dalam penggunaan software ini, Nah kamu bisa mencoba belajar excel dari dasar di DQLab


DQLab merupakan suatu platform belajar online yang berfokus pada pengenalan Data Science & Artificial Intelligence (AI) dengan menggunakan berbagai bahasa pemrograman populer. Selain itu DQLab merupakan platform edukasi pertama yang mengintegrasi fitur ChatGPT.


DQLab juga menggunakan metode HERO, yaitu Hands-On, Experiental Learning & Outcome-based, yang dirancang ramah untuk pemula. Untuk bisa merasakan pengalaman belajar yang praktis & aplikatif yuk langsung saja sign up di DQLab.id/signup 


Penulis : Latifah Uswatun Khasanah

Editor : Annissa Widya Davita


Mulai Karier
sebagai Praktisi Data
Bersama DQLab

Daftar sekarang dan ambil langkah pertamamu untuk mengenal Data Science.

Buat Akun Gratis Dengan :

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/8be7fae4b69abead22aa9296bcab7b4b.jpg Sign-Up dengan Google

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/d0aa879292fb427c0978d2a12b416e98.jpg Sign-Up dengan Facebook

Atau Buat Dengan :