FLASH PROMO!! BELAJAR DATA SCIENCE ONLINE 6 BULAN 399K
Diskon 89%, Akses 74 Modul Data Science Premium, Metode Praktek Sandbox, Bersertifikat!
SERBU DISINI!
Pendaftaran ditutup dalam 0 Hari 8 Jam 4 Menit 9 Detik 

Manfaat Machine Learning dalam Real Estate & Properti

https://dqlab.id/files/dqlab/cache/d5ba73e9e326c51c547fe24ea59c1930_x_Thumbnail800.jpg

Machine learning banyak memberikan manfaat dalam berbagai bidang. Salah satu manfaat machine learning yang dapat dirasakan adalah keberadaan sektor real estate, perumahan maupun properti.


Penggunaan Machine Learning dalam bidang real estate sangat bermanfaat khususnya bagi agen developer sebagai pihak penawar dan juga konsumen yang memutuskan untuk membeli rumah. 


Hal ini juga sejalan dengan data yang dilaporkan Badan Pusat Statistik tahun 2021 bahwa pertumbuhan sektor properti dipercaya akan meningkat karena perlahan-lahan mulai pulihnya kondisi perekonomian masyarakat sejak datangnya pandemi Covid-19 dan kembali berputarnya roda ekonomi nasional.


Pertumbuhan sektor kontruksi dan real estate kurun waktu 2021 sudah lebih baik dibandingkan dengan tahun 2020. Pertumbuhan ini ditunjukkan dengan angka 3,26 persen pada sektor konstruksi. Sementara pada sektor real estate meningkat sebesar 2,32 persen.


Berdasarkan Laporan Perkembangan Properti Komersial (PPKOM) yang dikeluarkan oleh Bank Indonesia, permintaan properti komersial pada triwulan-1 2022 menunjukkan adanya peningkatan sebesar 1,19 persen dari tahun ke tahun.


Hal ini menunjukkan bahwa sektor properti memiliki prospek yang cerah di saat ini. Dalam sektor real estate dan konstruksi sudah memiliki program khusus dari Pemerintah Republik Indonesia yaitu Program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) untuk sektor properti. 


Melalui insentif dari pemerintah, PPnBM untuk sektor properti akan ditanggung untuk properti dengan harga di bawah Rp 2 miliar. Hal ini bisa mendongkrak tingkat pembelian properti masyarakat terutama untuk pasar rumah tapak dan rumah susun.


Lalu, seberapa besar manfaat yang diperoleh agen developer untuk melakukan pemanfaatan machine learning di bidang real estate dan properti? 


1. Harga Properti Cenderung Naik Setiap Tahun

Sektor properti menjadi salah satu sektor yang tahan banting terhadap berbagai faktor apalagi tentang disrupsi digital. Apalagi saat pandemi Covid-19, harga properti cenderung naik.


Properti residensial serta komersial memang memiliki stok terbatas. Namun dari segi permintaannya juga cenderung meningkat setiap tahun. Hal ini yang mengakibatkan harga hunian mengalami peningkatan di setiap tahunnya. 


machine learning


Selama adanya pandemi Covid-19, pemerintah juga menstimulus masyarakat dengan memperpanjang kebijakan insentif pajak pertambahan nilai (PPN) ditanggung pemerintah (DTP) hingga September 2022.


Kebijakan ini mendorong konsumen untuk mencari hunian idaman atau rumah pertama mereka sesegera mungkin. Dengan begitu, harga properti mengalami kenaikan secara konsisten.


Baca juga : Yuk Kenali Macam-Macam Algoritma Machine Learning!


2.  Prediksi Harga Rumah

Rumah merupakan bangunan perihal primer yang diperlukan oleh makhluk hidup buat menetap serta bertempat tinggal. Terlepas dari itu, rumah tinggal juga wajib mempunyai nilai serta mempunyai ukuran, keadaan, kondisi, dan paling utama adalah aspek ekonomi yang mempunyai investasi masa panjang yakni dimensi buat mengenali bagaimana kehidupan seorang.


Kehidupan di wilayah ibu kota pasti mempunyai harga investasi yang cukup tinggi dan pastinya menjanjikan semua kalangan, dikarenakan harga tanah, rumah, maupun fasilitas umum sangat memadai mampu menjadikan harga setiap tahun semakin meningkat. 


machine learning


Harga setiap tahun rumah semakin meningkat dan mahal, peningkatan harga ini dapat diukur melalui beberapa aspek ataupun faktor pendukung perihal harga yang ditawarkan.


Harga tidak selalu pasti dan terprediksi dengan akurat membuat pembeli rumah butuh sistem yang bisa memperkirakan harga rumah berdasarkan faktor pendukungnya. Oleh karena itu sangat penting dalam melakukan prediksi harga rumah dengan menggunakan machine learning.


3.  Memiliki Capital Gain yang Cukup Besar

Capital gain merupakan keuntungan yang diperoleh dari berinvestasi. Pada konteks investasi properti, istilah tersebut merujuk pada selisih antara harga jual aset dikurangi dengan harga beli ditambah biaya-biaya.


Rata-rata jangka waktu investasi properti untuk menghasilkan capital gain adalah 3-5 tahun. Sebagai gambaran, capital gain properti di lokasi strategis berkisar 15-35 persen dalam setahun. 

machine learning


Jika anda punya investasi properti seharga Rp 1 miliar dengan capital gain 35 persen maka keuntungan yang didapatkan mencapai Rp 350 juta. Keuntungan tersebut terbilang besar karena instrumen investasi lain belum tentu dapat memberikan imbal hasil dalam jangka waktu satu tahun.


4.  Investasi Properti yang Multiguna

Jika bicara tentang investasi properti maka sangat cocok apabila disebut multiguna. Hal ini dikarenakan jika properti tersebut berlokasi di tempat strategis. Pemilik hunian dapat menggunakan aset properti dalam berbagai kebutuhan. Misalnya dijadikan tempat usaha atau kantor, baik untuk keperluan pribadi maupun disewakan. 


machine learning


Selain itu, bisa juga digunakan sebagai tempat tinggal. Pemilik dapat menggunakan sebagai hunian tetap atau sekunder yang hanya ditempati saat sedang liburan. Sebagai hunian sekunder, aset properti tersebut dapat digunakan sebagai tempat berkumpul keluarga atau sahabat dekat.


Baca juga : Kenali Algoritma Klasifikasi Machine Learning Terpopuler di Tahun 2021


5.  Sistem Informasi Geografis

Machine learning juga digunakan untuk melakukan sistem informasi geografis dalam memilih hunian yang tepat. Dengan melakukan sistem informasi geografis maka agen developer properti bisa menentukan lokasi yang strategis dalam mendapatkan sebuah hunian yang layak. 


machine learning


Pelanggan pastinya mempertimbangkan suatu hunian yang dekat dengan jalan lintas provinsi, dekat dengan pusat kota, dekat dengan pusat perbelanjaan, fasilitas sekitar rumah, akses rumah ke toko-toko, fasilitas umum, fasilitas sekolah, fasilitas kesehatan dan lain-lain.


6.  Pengajuan Agunan

Selain untuk ditinggali dan disewakan, aset properti juga bisa dijadikan sebagai jaminan saat anda membutuhkan pinjaman uang ke bank, baik untuk modal usaha maupun kebutuhan pribadi yang mendesak.


Seperti yang diketahui, kebanyakan bank maupun lembaga perkreditan memberikan prioritas pinjaman bagi pihak yang memiliki agunan termasuk jaminan dalam bentuk properti. 

machine learning


Pasalnya, aset properti bersifat likuid sehingga mudah untuk diputar kembali menjadi uang. Dengan memiliki aset properti, anda menjadi lebih mudah untuk mendapatkan pinjaman uang.


Meski demikian, anda perlu melakukan perhitungan yang rinci agar tidak gagal bayar. Pasalnya, aset properti bisa lepas dari anda dan disita bank atau pemberi pinjaman jika hal tersebut terjadi.


Ternyata menarik ya membahas topik terkait pemanfaatan machine learning dalam bidang real estate dan properti. Namun, pastikan untuk tetep upgrade skill kamu dengan belajar data science bersama DQLab.


Selain modul pembelajaran yang kalian dapat, kalian juga akan mendapatkan sertifikat penyelesaian yang bisa kalian lampirkan pada laman LinkedIn kalian. Banyak banget kan benefitnya!


Yuk mulai memperdalam ilmu data science dan segera dengan cara sign up di DQLab.id! happy learning sahabat DQ


Penulis: Reyvan Maulid

Mulai Belajar
Data Science Sekarang
Bersama DQLab

Buat Akun Belajarmu & Mulai Langkah
Kecilmu Mengenal Data Science.

Buat Akun Gratis Dengan :

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/8be7fae4b69abead22aa9296bcab7b4b.jpg Sign-Up dengan Google

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/d0aa879292fb427c0978d2a12b416e98.jpg Sign-Up dengan Facebook

Atau Buat Dengan :