FLASH PROMO!! BELAJAR DATA SCIENCE ONLINE 6 BULAN 399K
Diskon 89%, Akses 74 Modul Data Science Premium, Metode Praktek Sandbox, Bersertifikat!
SERBU DISINI!
Pendaftaran ditutup dalam 0 Hari 8 Jam 48 Menit 25 Detik 

Manfaat Machine Learning di Google Cloud Platform untuk Bisnis

Belajar Data Science di Rumah 18-Agustus-2022
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/ab3ba8b381482a3c74978f0a9218b743_x_Thumbnail800.jpg

Hidup di era transformasi digital memang memungkinkan segala aktivitas manusia dapat terjadi begitu saja di dunia maya. Tentu, hal ini membawa kemudahan bagi siapa pun. Segala perkembangan yang terjadi tidak terlepas dari segala hal yang berkaitan dengan teknologi.


Jika sahabat DQ mengikuti perkembangan teknologi, tentu tidak asing dengan istilah Machine Learning. Machine learning merupakan cabang dari ilmu Artificial Intelligence (AI) yang berfokus pada pembuatan sistem yang belajar sendiri tentang data dengan akurat tanpa pemrograman tertentu. 


Tak hanya Machine Learning, salah satu kemajuan teknologi yang kini sedang menjadi kebutuhan banyak orang adalah Cloud Computing. Jika kamu seorang praktisi data, wajib hukumnya untuk selalu mengikuti perkembangan zaman. Jadi, tak ada salahnya jika kamu mulai mengenal teknologi Cloud dari sekarang.


Kali ini kita akan membahas mengenai apa itu Google Cloud dan mengapa sekarang sudah banyak yang mulai memanfaatkan dan beralih pada layanan ini. Transformasi bisnis sekarang ini memang banyak berkembang ke ranah dunia digital dan juga online.


Tak heran jika kemudian banyak yang berlomba-lomba untuk mengembangkan bisnis mereka dengan menggandeng layanan penyimpanan secara daring (online), hosting dan berbagai keperluan lain melalui Cloud Computing.


Karena banyak digunakan dalam bisnis, yuk kita bahas apa saja sih manfaat Cloud Computing dan Machine Learning dalam bisnis? Simak artikel ini, ya!


1. Apa Itu Google Cloud Platform

machine learning

Melansir laman Cloud Ace Indonesia, Google Cloud Platform (GCP) adalah produk layanan Cloud Computing yang dimiliki oleh Google. GCP mencakup infrastruktur cloud publik dan G-Suite versi enterprise dari Android, Chrome, dan antarmuka pemrograman aplikasi yang menyediakan berbagai tools yang dapat digunakan untuk compute, storage, dan Machine Learning solution. 


Platform ini sejatinya diciptakan Google sebagai cara agar tetap relevan di pasar teknologi. GCP juga menawarkan berbagai layanan mulai dari kebutuhan penyimpanan, cost management, analisis data, Big Data, Machine Learning, dan pengembangan aplikasi.


Baca juga : Yuk Kenali Macam-Macam Algoritma Machine Learning!


2. Jenis Layanan GCP: Could Machine Learning

machine learning

Machine Learning merupakan metode yang dapat digunakan untuk menyelesaikan permasalahan dengan tingkat kesulitan yang kompleks. Metode ini sering dimanfaatkan untuk Speech Recognition, Image Classification, hingga Language Translation.


Ternyata Google Cloud Platform juga memiliki layanan cloud untuk Machine Learning yaitu Google Cloud Machine Learning.


Google Cloud Machine Learning adalah platform yang dikelola oleh GCP yang memungkinkan penggunanya membuat model Machine Learning dengan mudah dalam berbagai ukuran. Di balik Google Cloud Machine Learning (Cloud ML), ada TensorFlow, sesuatu yang bekerja seperti library Machine Learning yang dikembangkan oleh Google.


3. Kelebihan Google Cloud Platform

Fleksibel 

Karena banyaknya layanan yang ada membuat infrastruktur Google Cloud Platform ini dapat dengan mudah disesuaikan berdasarkan dari kebutuhan bisnis pengguna. Cloud environment dapat diubah dan diatur secara bebas dengan menghapus dan memilih layanan yang paling dibutuhkan untuk bisnis.


Dengan begitu, setiap bisnis bisa menciptakan infrastruktur yang bisa membuat pengembangan produk menjadi lebih cepat dan juga stabil.


Hemat biaya

Selain fleksibel, keunggulan lainnya dari platform miliki Google ini adalah hemat biaya. Karena dengan teknologi Cloud, kita tidak perlu mengeluarkan biaya besar di awal untuk membangun infrastruktur aplikasi. Cloud menghadirkan solusi biaya lebih hemat karena dapat mengubah biaya di muka menjadi pengeluaran variabel (operasional).


4. Manfaat Google Cloud Platform dalam Kelancaran Bisnis Perusahaan

Seperti yang sudah dikatakan sebelumnya, bahwa yang menjadi nilai utama Cloud Computing adalah potensi penghematan biaya. Selain biaya yang terjangkau, Cloud Computing juga dinilai lebih fleksibel karena mampu memberikan kebebasan bagi para penggunanya untuk dapat memakai layanan sesuai kebutuhan masing-masing dan membayar sesuai pemakaian yang ada.


Adapun beberapa manfaat lainnya, seperti:

  • Meminimalisir biaya perawatan teknis,

  • Update dan upgrade software berkala secara otomatis,

  • Tersedia tempat cadangan (back up),

  • Meningkatkan keamanan data,

  • Dan kapasitas penyimpanan yang dapat disesuaikan.


Baca juga : Kenali Algoritma Klasifikasi Machine Learning Terpopuler di Tahun 2021


Dengan perkembangan teknologi yang semakin modern, hal ini juga mulai mengubah cara kerja di berbagai industri. Sadar atau tidak, pemanfaatan Machine Learning memang sudah sering kita gunakan dalam kehidupan sehari-hari untuk mempermudah pekerjaan yang ada.


Kita harus tetap meng-upgrade diri agar bisa beradaptasi dengan teknologi baru dan tidak ketinggalan zaman. Untuk bisa menguasai lebih dalam terkait Machine Learning, kalian bisa memulai mempelajarinya dari dasar di DQLab.


DQLab menyajikan materi secara teori maupun praktek. Selain itu di DQLab juga bekerja sama dengan perusahaan-perusahaan ternama terkait perekrutan profesi data analyst baik sebagai pekerja tetap atau sebagai informasi magang.


Cara bergabungnya sangat mudah. Langsung saja Sign Up di DQLab.id dan nikmati belajar Data Science DQLab.


Penulis: Salsabila MR

Editor: Annisa Widya Davita

Mulai Belajar
Data Science Sekarang
Bersama DQLab

Buat Akun Belajarmu & Mulai Langkah
Kecilmu Mengenal Data Science.

Buat Akun Gratis Dengan :

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/8be7fae4b69abead22aa9296bcab7b4b.jpg Sign-Up dengan Google

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/d0aa879292fb427c0978d2a12b416e98.jpg Sign-Up dengan Facebook

Atau Buat Dengan :