PROMO PAYDAY! SERBU PAKET DATA SCIENCE 3 BULAN CUMA 100K!
Diskon Spesial 95% Belajar Data Science Bersertifikat
SERBU DISINI!
Pendaftaran ditutup dalam 0 Hari 22 Jam 18 Menit 31 Detik 

Manfaat Machine Learning yang Bisa Kamu Jadikan Portofolio

Belajar Data Science di Rumah 16-September-2022
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/7cc01b1494f880177d20ea69c07a8a2a_x_Thumbnail800.jpg

Machine learning adalah bagian dari sebuah kecerdasan buatan atau Artificial Intelligence yang berfokus pada penggunaan data dan algoritma untuk bagaimana caranya manusia bisa belajar dan juga secara bertahap machine learning bisa meningkatkan akurasinya. Machine learning ini juga salah satu komponen yang sangat penting dalam bidang ilmu yang mengembangkan sebuah data. Cara kerjanya dengan melatih data untuk bisa membuat sebuah klasifikasi atau prediksi di dalam pengembangan data. 


Pada machine learning ini banyak sekali aspek yang bisa menunjang pekerjaan dari manusia sehingga waktu dan biayanya bisa digunakan dengan lebih efisien. Banyak sekali bidang yang terbantu oleh adanya machine learning seperti pada bidang teknologi, bisnis, kesehatan, dan bidang lainnya yang banyak menggunakan machine learning.


Pada artikel ini kita akan membahas tentang beberapa contoh manfaat machine learning yang bisa kamu jadikan sebagai acuan dalam pembuatan portofolio.


1. Virtual Personal Assistant

machine learning

Dalam dunia bisnis tidak dapat dipungkiri bahwa internet ikut dalam bagian ini. Tidak jarang kita temui para pemilik bisnis sudah banyak menyadari dan mulai banyak yang menggunakan internet, karena para pemilik bisnis sadar bahwa dunia bisnis ini bekerja selama 24 jam. Jadi model machine learning yang bisa membantu para pemilik bisnis ini tetap bekerja selama 24 jam tanpa harus mengorbankan para tenaga manusianya.


Virtual personal assistant atau chatbot ini sangat membantu para pebisnis dalam bisnis online. Perannya yaitu untuk memberikan layanan tanya jawab seperti halnya manusia yang bisa membantu pelanggan. Dengan munculnya chatbot ini membantu para pebisnis menjalankan bisnisnya selama 24 jam tanpa perlu memantaunya. Contoh dari machine learning jenis ini adalah Google Assistant dan juga Siri.


Baca juga : Yuk Kenali Macam-Macam Algoritma Machine Learning!


2. Image Recognition

machine learning

Manfaat kedua dari machine learning dalam dunia bisnis adalah image recognition. Image recognition ini termasuk kedalam machine learning karena dia bisa memilah gambar atau foto atau video memakai kemampuan Artificial Intelligence Nya. AI ini sangat berguna untuk mengarahkan jalannya kendaraan tanpa awak seperti mobil tanpa awak.


AI juga membantu pebisnis dalam memilih kualitas suatu produk bagus apa tidak. Pengembangan robot juga bisa membantu dalam hal bisnis seperti mempermudah para pekerja di gudang produksi dalam mengangkut barang jadi pengangkutan lebih cepat dan efisien.


3. Algoritma rekomendasi produk

machine learning

Kalian pernah tidak ketika kita sedang mencari sebuah produk entah itu pakaian atau alat elektronik langsung ditawarkan produk-produk tersebut secara mudah? Nah ini merupakan  penerapan dari machine learning di dalam dunia bisnis juga. Dengan algoritma, machine learning bisa membantu kita sebagai pelanggan menemukan produk-produk yang kita incar atau inginkan sesuai dengan pencarian.


Machine learning juga bisa meningkatkan penjualan ketika produk yang tadi sukses memberikan produk rekomendasi kepada pelanggan yang sesuai apa yang mereka inginkan di kolom pencarian.


4. Meningkatkan Keamanan Siber

machine learning

Manfaat machine learning tidak sampai itu saja, dalam dunia bisnis juga memerlukan sebuah keamanan. Nah machine learning ini membantu pebisnis untuk meningkatkan keamanannya dengan cara penyelesaiannya secara fleksibel dengan melakukan deteksi anomali, pola dan pemetaan kejahatan siber secara real-time.


Machine learning akan memperkuat keamanan siber dengan cara mendeteksi ancaman yang tidak diketahui dengan akurasi yang cukup baik dan respons yang sudah diharapkan sebelumnya.


Maka dari itu para pemilik bisnis online sangatlah memerlukan machine learning ini untuk meningkatkan keamanan data dari proses transaksi ataupun data dari penjual dan pembelinya agar data tersebut tidak bocor ataupun disalah gunakan.


Baca juga : Kenali Algoritma Klasifikasi Machine Learning Terpopuler di Tahun 2021


machine learning


Gimana sahabat DQ? Ngga perlu khawatir jika kamu belum memiliki pengalaman tentang machine learning sebelumnya, kamu tetap bisa mengasah pemahaman mendasar kamu tentang machine learning, kamu bisa bergabung dalam modul DQLab yang berjudul “Basic Feature Discovering for Machine Learning” Caranya gimana? Mudah banget kok cukup signup sekarang ke DQLab.id lalu pilih menu learn.


Setelah itu kamu sudah bisa menikmati pembelajaran yang praktis dan aplikatif dan jago machine learning bersama DQLab! Tunggu apa lagi? Yuk, signup sekarang dan mulai belajar Module Premium di DQLab!


Mulai Belajar
Data Science Sekarang
Bersama DQLab

Buat Akun Belajarmu & Mulai Langkah
Kecilmu Mengenal Data Science.

Buat Akun Gratis Dengan :

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/8be7fae4b69abead22aa9296bcab7b4b.jpg Sign-Up dengan Google

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/d0aa879292fb427c0978d2a12b416e98.jpg Sign-Up dengan Facebook

Atau Buat Dengan :