Buat Akun DQLab & Akses Kelas Data Science Python, R, SQL, Excel GRATIS!

Manfaat Pelatihan Data Analyst di Era Digital

Belajar Data Science di Rumah 30-Agustus-2023
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/1-longtail-rabu-03-2023-08-31-203615_x_Thumbnail800.jpg

Dengan berkembangnya teknologi beberapa bidang industri terkena dampaknya, contohnya seperti bidang ekonomi, teknologi, penyimpanan data, dan lain sebagainya. Dengan mudahnya mendapat informasi pastinya volume data akan meningkat secara signifikan. Data ini juga perlu dianalisis lebih lanjut oleh seorang praktisi data yang ahli dibidangnya. Salah satu profesi praktisi data yang memiliki tanggung jawab atas data yang diolah adalah data analyst. Sekarang ini sudah banyak sekali lembaga dan juga media yang menyediakan berbagai macam modul-modul pelatihan untuk menjadi seorang data analyst.


Salah satu cara yang perlu dilakukan adalah mencoba pelatihan data analyst ataupun mengikuti pendidikan formal seperti universitas. Nah, dengan mengikuti pelatihan data analyst ini seorang pemula dapat dengan mudah untuk mengikuti alur belajar data science dari awal sampai dengan akhir pelatihan. Ditambah lagi saat ini sudah banyak sekali platform yang menyediakan pelatihan data analyst ini, karena banyak sekali pilihan seperti yang gratis ataupun berbayar. Pelatihan ini juga memiliki banyak sekali manfaat, apa sajakah itu? Yuk kita simak artikel di bawah ini!


1. Upgrade Skill dengan Menimba Ilmu Baru

Salah satu manfaat mengikuti pelatihan data ini adalah mendapatkan ilmu baru. Karena dengan mengikuti pelatihan data ini para peserta pelatihan akan dikenalkan materi-materi baru dan tentunya materi dasar dahulu setelah kalian lulus materi dasar maka kalian bisa langsung lanjut ke dalam materi yang tingkatannya sudah semakin sulit. Materi inilah yang akan diajarkan ketika kalian mengikuti pelatihan data. 


Baca juga : Bootcamp Data Analyst with SQL and Python


2. Menjadikan Waktu Perhitungan Semakin Efisien

Dengan mengikuti pelatihan data analyst ini, para peserta dapat menghemat waktunya dalam melakukan suatu perhitungan. Karena ada banyak kasus yang dimana pengolahan data dan juga perhitungan statistik dapat memakan waktu yang sangat lama jika dilakukan secara manual. Maka dari itu, dengan adanya keterampilan data analyst yang dikuasai, para calon data analyst ini dapat mengurangi waktu yang dibutuhkan dalam melakukan perhitungan datanya. Oleh karena itu, materi-materi yang diajarkan pun sesuai dengan kebutuhan industri saat ini.


3. Memiliki Komunitas untuk Bertukar Pikiran

Komunitas ini biasanya akan berisikan beberapa orang yang belajar di satu tempat yang sama dan dalam pelatihan data analyst ini, komunitas seringkali dibutuhkan untuk berbagai macam tujuan seperti menambah relasi antar peserta, berdiskusi ketika ada permasalahan sulit muncul, dapat melakukan tanya jawab juga seputar materi yang diajarkan, dan sebagainya. Selain itu kalian juga memiliki relasi antar semua anggota komunitas, mentor, ataupun dengan para peserta pelatihan data analyst.


Baca juga : Data Analyst vs Data Scientist, Yuk Kenali Perbedaannya 


4. Mudah dalam Mencari Pekerjaan

Profesi data analyst sudah banyak sekali perusahaan yang membutuhkan. Hal ini karena profesi ini sudah termasuk salah satu profesi yang mengikuti perkembangan zaman. Salah satu agar para rekruter tertarik kepada kalian adalah kalian bisa menyampaikan pengalaman kalian dalam mengikuti pelatihan data dan juga apa saja yang kalian lampirkan sebagai penyampaian materi serta project apa saja yang sudah pernah dilakukan pada saat pelatihan berlangsung.


Kamu pemula yang tidak memiliki background STEM? Jangan khawatir, karena gelar bukan halangan untuk menguasai ilmu data analyst agar bisa berkarir di industri 4.0. Mulai bangun portfolio datamu yang outstanding dengan Data Analyst Career Track bersama DQLab dan nikmati modul-modul dari dasar hingga tingkat mahir atau ikuti Bootcamp Data Analyst with SQL and Python! Caranya dengan Sign Up sekarang untuk #MulaiBelajarData di DQLab:

  • Buat Akun Gratis dengan Signup di DQLab.id/signup

  • Selesaikan modulenya, dapatkan sertifikat & reward menarik dari DQLab

  • Subscribe DQLab.id untuk Akses Semua Module Premium!


Mulai Karier
sebagai Praktisi
Data Bersama
DQLab

Daftar sekarang dan ambil langkah
pertamamu untuk mengenal
Data Science.

Buat Akun


Atau

Sudah punya akun? Login