SUPER 6.6 SALE! DISKON 96%
Belajar Data Science 6 Bulan hanya 120K!

0 Hari 6 Jam 21 Menit 45 Detik

Materi Basic Bootcamp Data Analyst untuk NON IT

Belajar Data Science di Rumah 11-Januari-2023
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/9d0a21f02fa4f5bff06acb360ec2483f_x_Thumbnail800.jpeg

Kesadaran mengenai pentingnya suatu data untuk mengembangkan suatu perusahaan kian meningkat dari waktu ke waktu. Perusahaan di berbagai industri mulai menyadari pentingnya value bisnis yang bersumber dari data. Sayangnya, untuk mendapatkan insight berharga dari data, perlu teknik dan kemampuan khusus. 


Fakta ini menyebabkan rekrutmen di bidang data, khususnya data analyst berkembang cukup pesat.  Penelitian pada tahun 2021 menunjukkan bahwa hampir 70% eksekutif di Amerika Serikat menyebutkan bahwa ketika melakukan rekrutmen mereka akan lebih memilih kandidat yang memiliki keterampilan data. Hal ini menyebabkan kebutuhan akan data analyst terus meningkat dari waktu ke waktu.


Peluang karir yang terbuka lebar di bidang analisis data menjadi salah satu faktor banyak orang tertarik untuk berkarir menjadi data analyst. Selain technical skill, data analyst juga memerlukan soft skill yang akan mendukung pekerjaan sehari-harinya. Di era modern yang didukung teknologi modern, ada berbagai cara untuk belajar softskill dan hardskill data analyst, mulai dari belajar formal di lembaga pendidikan hingga mengikuti bootcamp. 


Salah satu hal yang harus dipertimbangkan ketika ingin mengikuti bootcamp atau platform belajar adalah mengetahui materi apa saja yang akan kita pelajari. Pada artikel kali ini, kita akan membahas materi basic yang perlu kamu ketahui sebelum mengikuti bootcamp agar tidak salah pilih.


1. Visualisasi Data

Visualisasi data menjadi salah satu keterampilan data analyst yang diperlukan agar bisa bersaing di dunia kerja. Menurut sebuah studi ang dilakukan oleh LinkedIn Learning, “fresh graduate lebih banyak mempelajari hardskill saat pertama kali memasuki dunia kerja. Hard skill ini termasuk analisis data dan story telling menggunakan insight yang diperoleh dari data.” tahukah kamu apa jawaban responden ketika  ditanya keterampilan nomor satu yang dibutuhkan oleh data analyst? Well jawabannya adalah visualisasi data.


Data Analyst


Baca juga : Kenali Perbedaan Data Scientist, Data Analyst dan Data Engineer


2. Data Cleaning

Data cleaning adalah keterampilan dasar yang wajib dimiliki oleh calon data analyst. Skill ini akan sangat diperlukan di awal sebelum proses pengolahan dan menganalisis data. Dengan kumpulan data yang telah dibersihkan dengan benar, algoritma sederhana dapat menghasilkan insight yang luar biasa. Di sisi lain, data yang tidak bersih dapat menghasilkan pola yang menyesatkan dan menyesatkan bisnis pada kesimpulan yang salah. 


Data Analyst


3. Bahasa Pemrograman

Saat ini, data yang dihasilkan oleh seluruh dunia sangat besar, bahkan percepatan pertumbuhannya sangat signifikan. Oleh karena itu, seorang data analyst harus memiliki keterampilan menggunakan bahasa pemrograman yang powerful untuk mengolah data berukuran besar. Bahasa pemrograman yang familiar di kalangan praktisi data adalah python dan R. Kedua bahasa pemrograman ini juga direkomendasikan untuk para beginner karena bersifat open source sehingga bisa digunakan untuk tujuan komersial maupun non komersial. Selain itu, fitur dan library yang dimiliki kedua bahasa pemrograman ini juga beragam sehingga bisa digunakan untuk berbagai tujuan.


Data Analyst



4. SQL

SQL digunakan di berbagai perusahaan di dunia. Fungsionalitas dan efektivitas tools ini menyebabkan banyak perusahaan menggunakan dan memanfaatkan SQL untuk manajemen databasenya. Bahkan saat ini popularitas SQL kian meninggi. Structured Query Language atau lebih dikenal dengan SQL dibuat pada tahun 1970, tetapi tetap berharga hingga hari ini. SQL sering digunakan di awal sebelum data analyst menggunakan bahasa pemrograman R dan Python.


Data Analyst


Baca juga : Data Analyst vs Data Scientist, Yuk Kenali Perbedaannya 


Ingin mempelajari semua materi di atas sekaligus? Yuk join live class data analyst dari DQLab! Kita akan dibimbing oleh praktisi data profesional yang sudah malang melintang di dunia data science. Project yang telah kita kerjakan juga bisa digunakan untuk membangun portfolio data, loh! Klik button di bawah ini atau kunjungi DQLab.id untuk informasi lebih lanjut. Selamat belajar!


Penulis: Galuh Nurvinda K

Mulai Karier
sebagai Praktisi
Data Bersama
DQLab

Daftar sekarang dan ambil langkah
pertamamu untuk mengenal
Data Science.

Buat Akun


Atau

Sudah punya akun? Login