[LAST CALL!] BANGKITKAN SKILL DATA SAMPAI SUKSES BERKARIR
BELAJAR DATA SCIENCE 6 BULAN CUMA 127 RIBU  | Pakai Kode: DQBANGKIT
KLAIM PROMONYA!
Pendaftaran ditutup dalam 0 Hari 18 Jam 22 Menit 38 Detik 

Praktis Belajar Data Science Otodidak bersama DQLab

Belajar Data Science di Rumah 14-Oktober-2021
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/bfdc44d4f2d309a0f107108b3347ee83_x_Thumbnail800.png

Pada abad ke-21 ini, banyak sekali profesi yang menghilang, namun juga banyak profesi baru yang lahir dan digeluti masyarakat. Karena abad ini merupakan zaman dimana hampir seluruh kegiatan yang dilakukan bisa dilakukan secara online, maka informasi mengenai tempat, orang, dan lainnya dapat kalian temukan dengan mudah. Informasi-informasi tersebut menjadi kunci keberhasilan suatu perusahaan dalam menjual atau menawarkan produk, jasa, dan layanan mereka. Tidak sedikit perusahaan yang kurang mengerti cara mengelola informasi tersebut sehingga memerlukan tenaga kerja dalam bidang data seperti Data Analyst dan Data Scientist.


Kedua profesi tersebut merupakan profesi yang didasari oleh suatu ilmu yang dinamakan Data Science. Ilmu tersebut dapat membuat kedua profesi itu bekerja mengolah data dengan baik dan efisien. Dikarenakan banyaknya minat akan ilmu ini, banyak orang yang memutuskan untuk mempelajarinya, namun masih banyak juga yang kebingungan perlu belajar dimana dan bagaimana. Oleh karena itu, pada artikel kali ini, DQLab akan memberikan informasi seputar bagaimana cara belajar Data Science sendiri atau otodidak. Yuk, simak bersama!


1. Pilih Tempat Belajar yang Sesuai

Sesungguhnya, dalam mempelajari Data Science tidak perlu mengikuti kuliah formal yang memakan waktu cukup lama. Saat ini, sudah banyak tersedia di platform online seperti Youtube, blog, dan lainnya. Pada platform-platform online tersebut, kalian bisa menemukan banyak materi seputar Data Science yang dibutuhkan ketika kalian akan belajar untuk menggeluti profesi tersebut.


Selain platform-platform tersebut, ada juga tempat kursus yang menawarkan metode belajar secara online maupun offline. Dengan metode belajar seperti yang disampaikan, tentunya dapat lebih praktis dan efektif karena dapat disesuaikan dengan kegiatan kalian sehari-harinya. Dengan kursus, kalian dapat mempelajari Data Science dalam waktu yang singkat dan padat, namun tetap memperoleh ilmu yang diperlukan.


Baca juga : Belajar Data Science Secara Otodidak? Berikut langkah-langkahnya!


2. Kembangkan Skill yang Dibutuhkan

Dalam belajar ilmu Data Science, kalian membutuhkan beberapa ilmu yang dapat mendukung pekerjaan kalian. Pertama, skill dalam ilmu matematika dan statistika. Skill tersebut akan kalian gunakan ketika mengolah data. Yang kedua adalah skill bahasa pemrograman dan database, mulai dari SQL hingga konsep MapReduce. Skill kedua ini akan kalian gunakan ketika akan mengembangkan software machine learning.


Untuk skill yang ketiga, kalian perlu memiliki skill dalam komunikasi dan visualisasi data. Untuk komunikasi sendiri, kalian memerlukannya karena pekerjaan kalian nanti tidak hanya bekerja sendiri, namun dengan divisi lain juga yang berkaitan. Untuk visualisasi data, kalian tentu memerlukan skill tersebut karena tidak semua orang mengerti cara membaca pola yang kalian temukan dari hasil uji data, sehingga memerlukan kemampuan untuk memvisualisasikannya lewat grafik atau diagram.


3. Mengikuti Komunitas

Ketika kalian sudah memutuskan untuk mempelajari Data Science, kalian dapat mencoba untuk masuk dan aktif ke dalam suatu komunitas khusus yang fokus mempelajari Data Science. Dengan mengikuti komunitas, kalian dapat memperbanyak pengetahuan dari pengalaman orang lain, dan juga memperluas networking kalian. 


Di Indonesia sendiri sudah banyak tersedia komunitas yang berfokus pada Data Science, seperti salah satunya DQLab. Selain komunitas, DQLab juga menyediakan tempat kursus bagi kalian yang ingin mempelajari Data Science. Dalam komunitas, kalian bisa melakukan banyak kegiatan, seperti riset, seminar, dan lainnya, lho! 


4. Perbanyak Pengalaman Kerja

Selain informasi-informasi seputar Data Science yang telah disampaikan, kalian juga memerlukan pengalaman nyata seperti bekerja langsung di perusahaan. Kalian bisa mulai dengan bekerja magang atau freelance, dengan begitu kalian bisa melihat dan merasakan bagaimana kerja di dalam bidang data.


Dapat dibilang bahwa bekerja magang atau freelance di suatu perusahaan merupakan cara terbaik yang bisa kalian lakukan sebagai pemula dalam bidang data. Tidak hanya pengalaman yang didapatkan, kalian juga bisa menambahkan riwayat bekerja sebagai pekerja data dalam CV kalian agar semakin menarik di mata tim rekrutmen.


Baca juga : Mulai Belajar Data Science GRATIS bersama DQLab selama 1 Bulan Sekarang!


5. Belajar Data Science dengan Menyenangkan di DQLab!

DQLab dapat menawarkan banyak program bervariasi yang tentunya menguntungkan bagi kalian para calon profesi data. Tidak hanya program, namun sesi belajar tentunya akan terasa menyenangkan dengan berbagai materi yang diberikan. Apabila kalian tertarik, kalian bisa langsung sign up di DQLab.id, kemudian kalian akan langsung bisa mengerjakan module gratis ‘Introduction Data Science with Python and R’. Ayo mulai sesi belajar kalian di DQLab.id!



Penulis : Callista Eugenia

Editor : Annissa Widya Davita

Postingan Terkait

Sign Up & Mulai Belajar Gratis di DQLab!