Buat Akun DQLab & Akses Kelas Data Science Python, R, SQL, Excel GRATIS

Mau Ikut Pelatihan Excel? Ini Ragam Manfaatnya

Belajar Data Science di Rumah 30-Agustus-2023
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/9c8a1657-8bd0-44c0-9de1-40db3f2b8991-2023-08-31-211517_x_Thumbnail800.jpeg

Microsoft excel merupakan salah satu software atau aplikasi yang sudah sering digunakan oleh banyak pengguna, mulai dari pelajar, mahasiswa maupun pekerja. Namun tidak semua orang bisa mengoperasikan excel dengan baik. Untuk bisa mengoperasikannya dengan baik dan sesuai, kita perlu mempelajarinya dari dasar bisa dengan cara belajar secara otodidak maupun mengikuti pelatihan excel yang disediakan berbagai lembaga penyedia pelatihan.


Penggunaan bahasa pemrograman apapun itu sudah sangat diperlukan di era big data seperti sekarang ini. Seperti yang telah kita ketahui bahwa pada masa kini informasi dapat diakses dengan begitu mudah melalui internet. Kemudahan mengakses informasi atau data ini menghasilkan big data yang nantinya bermanfaat bagi perusahaan maupun perseorangan. Pada artikel kali ini kita akan mengenali secara singkat terkait microsoft excel dan beberapa hal terkait pelatihan excel. Yuk, simak bersama-sama!


1. Microsoft Excel

Microsoft excel adalah software yang pertama kali diluncurkan pada tahun 1985. Microsoft excel ini biasa dikenal sebagai salah satu aplikasi software spreadsheet yang populer dan sering digunakan untuk tools analisis data dan visualisasi data. Berbagai keuntungan menggunakan microsoft excel antara lain dapat menyederhanakan keputusan bisnis, mengefisienkan waktu, dapat menyajikan data dengan jelas, dapat bekerja sama dengan lebih baik, dan masih banyak lainnya.


Baca juga : Rumus Excel yang Paling Sering Digunakan dalam Dunia Kerja


2. Tips Mengikuti Pelatihan Excel

Kegiatan pelatihan adalah suatu kesempatan bagi peserta atau pemula yang ingin belajar dan menguasai materi tertentu. Jika ingin menguasai excel, peserta bisa mencoba untuk mengikuti pelatihan excel. Agar kegiatan pelatihan berjalan dengan lebih maksimal maka peserta perlu mempersiapkan diri dengan beberapa tips seperti membuat portofolio lebih menarik, belajar materi dasar, mempersiapkan diri untuk memanajemen waktu dengan baik, dan berkomitmen serta konsisten dalam mengikuti kegiatan pelatihan.


3. Keuntungan Mengikuti Pelatihan Excel

Bagi calon praktisi data yang ingin berkarir dalam bidang data perlu mempelajari microsoft excel untuk lebih memudahkan dalam proses analisis data. Mengikuti pelatihan excel dapat dikatakan sebagai jembatan untuk memudahkan jalan menuju karir impian. Terdapat beberapa keuntungan mengikuti pelatihan excel yaitu mendapatkan materi yang tersusun dari lembaga pelatihan, dibimbing oleh mentor yang berpengalaman, mendapatkan pengalaman baru, dan dapat membagun portofolio. 


4. Materi Pelatihan Excel

Setiap lembaga pelatihan pada umumnya memiliki kurikulum atau materi yang disusun secara sistematis dan memudahkan peserta untuk memahami materi yang diberikan. Sebagai contoh pada pelatihan excel terdapat beberapa materi yang akan dipelajari seperti memahami tampilan dasar excel, membuat dan menyimpan file excel, menggunakan rumus dan fungsi excel, melakukan pengolahan data dan grafik, menemukan dan memperbaiki error, menggunakan fungsi tanggal dan waktu, sampai melakukan proses data cleaning menggunakan excel.


Baca juga : Bootcamp Data Analyst with Excel


Microsoft excel adalah suatu software pengolah data dalam bentuk spreadsheet yang populer digunakan oleh praktisi data dari berbagai kalangan. Kalian bisa mempelajari dasar microsoft excel di DQLab.


DQLab merupakan suatu platform belajar online yang berfokus pada pengenalan Data Science & Artificial Intelligence (AI) dengan menggunakan berbagai bahasa pemrograman populer. Selain itu DQLab merupakan platform edukasi pertama yang mengintegrasi fitur ChatGPT.


DQLab juga menggunakan metode HERO, yaitu Hands-On, Experiental Learning & Outcome-based, yang dirancang ramah untuk pemula. Untuk bisa merasakan pengalaman belajar yang praktis & aplikatif yuk langsung saja sign up di DQLab.id/signup dan ikuti DQLab LiveClass Bootcamp Data Analyst with Excel sekarang! 


Penulis : Latifah Uswatun Khasanah

Editor : Annissa Widya Davita


Mulai Karier
sebagai Praktisi
Data Bersama
DQLab

Daftar sekarang dan ambil langkah
pertamamu untuk mengenal
Data Science.

Buat Akun


Atau

Sudah punya akun? Login