PROMO 7.7! DISKON 98%
Belajar Data Science Bersertifikat, 12 Bulan hanya 177K!

0 Hari 3 Jam 5 Menit 26 Detik

Mau Jadi Data Analyst? Ini Roadmap Terupdate 2024

Belajar Data Science di Rumah 14-Juni-2024
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/3-longtail-kamis-03-2024-06-16-130125_x_Thumbnail800.jpg

Pada era perkembangan digital seperti ini semakin banyak profesi yang semakin berkembang seiring berjalannya waktu. Pada era digital seperti ini kita bisa mempelajari berbagai profesi yang bisa menyeimbangkannya. Beberapa diantaranya adalah seperti data analyst, data engineer, software engineer, dan masih banyak lainnya. Tidak heran jika banyak yang ingin menjadi data analyst dan mencari tahu bagaimana roadmap jadi data analyst.


Data analyst merupakan profesi yang tugasnya adalah menganalisis data menggunakan data science. Data analyst bisa menangani big data agar bisa menghasilkan keputusan yang baik dan tepat untuk setiap permasalahan. Berkarir menjadi data analyst menjadi impian beberapa orang. bagaimana tidak, jenjang karir yang dijanjikan serta gaji atau pendapat seorang data analyst cukup menggiurkan serta waktu kerjanya bisa dilaksanakan dengan fleksibel.


1. Menguasai Ilmu Dasar

Seorang data engineer memiliki tugas dan tanggung jawab terhadap data perusahaan. Untuk melaksanakannya dengan maksimal, data engineer perlu menguasai beberapa skill seperti menguasai ilmu matematika, statistika, struktur data dan algoritma, bahasa pemrograman, data pipeline, dan lainnya. Selain menguasai skill yang dibutuhkan, data engineer perlu menguasai tools yang dibutuhkan seperti SQL, MySQL. MongoDB, Apache Spark, Python, power BI, dan lain-lain.

Data Analyst



Baca juga : Bootcamp Data Analyst with SQL and Python


2. Menguasai Pengolahan Data

Pengolahan data adalah suatu bagian penting dalam proses analisis data. Seorang data analyst memiliki tugas utama menganalisis data perusahaan yang sebelumnya telah disiapkan oleh data engineer. Proses pengolahan data ini juga memerlukan beberapa hal seperti proses data cleaning, data wrangling, dan lain-lain.


Dengan menguasai dasar- dasar dan tahapan pengolahan data ini tentu bisa memudahkan data analyst dalam menyelesaikan pekerjaannya.


3. Menguasai Bahasa Pemrograman

Bahasa pemrograman atau biasa dikenal dengan bahasa komputer merupakan kumpulan kode atau instruksi yang diberikan kepada komputer untuk melaksanakan perintah tertentu. Salah satu jalan mudah untuk menjadi data engineer adalah dapat menguasai skill bahasa pemrograman. Hal ini dikarenakan data engineer cenderung berurusan dengan database yang dikelola dengan bantuan bahasa pemrograman.

Data Analyst


4. Bisa Menggunakan Tools

Tools analisis data adalah salah satu skill atau bagian penting yang perlu dikuasai oleh seorang praktisi data. Tools analisis data tentu memiliki ciri khas serta kegunaan masing-masing. Di dalam tools analisis data masing-masing memiliki fitur yang bisa digunakan untuk berbagai keperluan. Tools analisis data saat ini bisa dipelajari di mana saja. Kini telah banyak tersedia berbagai macam website yang bisa digunakan untuk belajar tools analisis data dari dasar.

Data Analyst


Baca juga : Data Analyst vs Data Scientist, Yuk Kenali Perbedaannya 


Untuk menjadi seorang data analyst diperlukan berbagai skill seperti bisa menguasai bahasa pemrograman dan bisa menyelesaikan studi kasus di dunia nyata. Kamu bisa mulai belajar data analyst di DQLab.


DQLab menyajikan materi secara teori maupun praktek. Selain itu di DQLab pun menyediakan berbagai modul dan ebook dengan materi yang beragam sesuai kebutuhan.


Cara bergabungnya sangat mudah. Langsung saja sign up di DQLab.id/signup dan nikmati belajar data science DQLab dan ikuti Bootcamp Data Analyst with SQL and Python.


Penulis : Latifah Uswatun Khasanah

Editor : Annissa Widya Davita



Mulai Karier
sebagai Praktisi
Data Bersama
DQLab

Daftar sekarang dan ambil langkah
pertamamu untuk mengenal
Data Science.

Buat Akun


Atau

Sudah punya akun? Login