Buat Akun DQLab & Akses Kelas Data Science Python, R, SQL, Excel GRATIS!

Mau Jadi Data Engineer? Kuasai Skill Berikut Ini!

Belajar Data Science di Rumah 26-Juli-2023
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/kv-2-banner-longtail-selasa-04-2023-07-26-215839_x_Thumbnail800.jpg

Halo teman-teman, seperti yang telah kita ketahui bahwa saat ini kita sedang berada di era kecanggihan teknologi yang semakin berkembang pesat. Hal ini tentunya memberikan dampak kepada berbagai bidang salah satunya dalam hal data. Dengan demikian profesi yang berkaitan dengan data pun banyak dicari oleh para pebisnis maupun pemilik perusahaan, salah satunya adalah data engineer. Macam-macam skill data engineer pun menjadi suatu kebutuhan yang harus dipenuhi bila kamu ingin bergabung dalam profesi ini.


Data engineer adalah profesi yang berkaitan dengan infrastruktur data perusahaan. Walaupun tugas dan tanggung jawab data engineer setiap perusahaan adakalanya memiliki perbedaan, namun secara keseluruhan tugasnya adalah bertanggung jawab terhadap data perusahaan yang nantinya akan dianalisis oleh data scientist maupun data analyst. Pada artikel kali ini kita akan mengenali macam-macam skill data engineer yang perlu diketahui untuk mempersiapkan diri menjadi data engineer profesional. 


1. Matematika dan Statistika

Matematika dan statistika merupakan salah satu skill utama yang perlu dikuasai oleh praktisi data. Penguasaan matematika dan statistika dapat dikatakan menjadi pondasi dasar terutama terhadap pengembangan logika ketika menggunakan bahasa pemrograman. Bahasa pemrograman pun juga tidak kalah penting dipelajari oleh praktisi data. Saat ini pun telah banyak bahasa pemrograman yang dapat digunakan oleh data engineer sesuai dengan kebutuhan.

Data Engineer


Baca juga : Mengenal Data Engineer dan Prospek Karirnya


2. Scripting

Scripting atau bahasa skrip merupakan serangkaian perintah yang digunakan dalam aplikasi analytics. Bahasa skrip ini berisi kumpulan kode program yang berperan sebagai pelengkap suatu program. Salah satu ciri khas dari bahasa skrip adalah programnya dapat berjalan tanpa melalui proses kompilasi. Beberapa jenis scripting yang saat ini sedang naik daun antara lain seperti scripting berbasis server dan scripting berbasis client. Kelebihan menggunakan sistem scripting antara lain cocok untuk pengembangan website, memiliki komunitas programmer yang tersebar luas dan bersifat fleksibel.

Data Engineer

3. Data Pipeline

Data pipeline adalah suatu metode yang mengatur pergerakan maupun perpindahan data dari berbagai sumber. Data pipeline ini digunakan untuk membawa data dari suatu tempat ke tempat lain dengan jarak yang jauh namun lebih efisien. Data pipeline memiliki 6 komponen yaitu source (sumber data), destination (tujuan atau muara data), transformation (proses untuk mengubah data), processing (pemrosesan data), workflow, dan monitoring.


4. Machine Learning

Machine learning atau mesin pe,belajar tentunya bukanlah hal asing di telinga kita. Machine learning ini termasuk salah satu bagian dari artificial intelligence atau kecerdasan buatan yang sedang populer di masa kini. Menguasai machine learning adalah salah satu hal yang tidak boleh terlewati bagi seorang data engineer. Dalam mengerjakan tugas dan tanggung jawabnya, data engineer memerlukan algoritma atau metode machine learning yang sesuai untuk diterapkan dalam pemrosesan persiapan data ataupun membangun infrastruktur data perusahaan yang berkualitas.

Data Engineer


Baca juga : Data Engineer VS Data Scientist


Seorang data engineer memerlukan keterampilan atau skill yang sesuai dengan kebutuhan perusahaan untuk dapat melaksanakan tugas dan tanggung jawabnya. beberapa skill dasar data engineer dapat mulai kamu pelajari di DQLab.


DQLab merupakan suatu platform belajar online yang berfokus pada pengenalan Data Science & Artificial Intelligence (AI) dengan menggunakan berbagai bahasa pemrograman populer. Selain itu DQLab merupakan platform edukasi pertama yang mengintegrasi fitur ChatGPT.


DQLab juga menggunakan metode HERO, yaitu Hands-On, Experiental Learning & Outcome-based, yang dirancang ramah untuk pemula. Untuk bisa merasakan pengalaman belajar yang praktis & aplikatif yuk langsung saja sign up di DQLab.id/signup dan ikuti DQLab LiveClass sekarang! 


Penulis : Latifah Uswatun Khasanah

Editor : Annissa Widya Davita



Mulai Karier
sebagai Praktisi
Data Bersama
DQLab

Daftar sekarang dan ambil langkah
pertamamu untuk mengenal
Data Science.

Buat Akun


Atau

Sudah punya akun? Login