TEBUS HOKI! BELI 1 GRATIS 1
Belajar Data 6 BULAN GRATIS 6 BULAN hanya Rp180K!

0 Hari 2 Jam 0 Menit 8 Detik

Mau Jadi Data Engineer? Yuk, Simak Job Descriptionnya!

Belajar Data Science di Rumah 05-Februari-2024
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/1-longtail-kamis-04-2024-02-03-112159_x_Thumbnail800.jpg

Beberapa tahun belakangan ini banyak profesi yang berkaitan dengan data yang banyak diincar oleh berbagai kalangan dan berbagai latar belakang pendidikan. Profesi yang berkaitan dengan data ini bisa didapatkan dengan mengikuti kursus atau pelatihan yang berkaitan. Kunci utama dalam profesi data adalah menguasai skill yang dibutuhkan praktisi data.


Beberapa profesi yang berkaitan dengan data antara lain data analyst, data scientist, data engineer, dan masih banyak lainnya. Berbicara tentang data engineer, apa saja job description data engineer? 


Data engineer hampir sama dengan profesi data lainnya, memiliki tugas dan tanggung jawab masing-masing. Data engineer memiliki peranan besar dalam menyimpan dan memelihara infrastruktur data bahkan pada data yang berskala besar. Keberadaan data engineer akan sangat membantu data scientist dalam melaksanakan tugasnya. Jenjang karir data engineer juga cukup menarik perhatian, antara lain dimulai dari junior data engineer, senior data engineer, dan manager data engineer.


1. Memelihara Database

Database atau sistem basis data merupakan suatu sistem yang berfungsi sebagai tempat untuk mengumpulkan data. Pada umumnya setiap perusahaan memiliki database yang berisi data perusahaan. Database dapat diisi oleh berbagai jenis data baik itu data terstruktur maupun data tidak terstruktur.


Disinilah tugas seorang data engineer, yaitu memelihara database dan menempatkan data sesuai dengan tempatnya. Salah satu manfaat pemeliharaan database oleh data engineer adalah memudahkan data engineer jika sewaktu-waktu praktisi data 

Data Engineer



Baca juga : Mengenal Data Engineer dan Prospek Karirnya


2. Membangun Sistem Database

Database dapat dikatakan sebagai salah satu nyawa dari perusahaan. Sebuah perusahaan atau seorang pebisnis jika tidak memiliki sistem database yang baik maka akan kebingungan akan mengarahkan tujuan perusahaannya ke arah mana.


Sistem database perlu dibangun dan dipelihara dengan baik terutama pada masa kini database mayoritas masuk dan keluar dengan cara digital. Hal ini tentunya memerlukan tenaga seseorang yang mengerti tentang database dengan baik dan mengetahui cara mengatasi database.

Data Engineer


3. Menyiapkan Tools

Seperti yang telah diketahui bahwa seorang praktisi data bertanggung jawab terhadap sesuatu hal yang berkaitan dengan big data. Dalam mengolah big data, diperlukan bantuan tools yang bisa mempermudah proses pengolahan data.


Saat ini sudah banyak tersedia tools data engineer yang dapat dipilih sesuai dengan kebutuhan. Setiap tools tentunya memiliki karakteristik, fungsi serta kelebihan dan kekurangan masing-masing. Jadi, tools yang sekiranya akan digunakan perlu dipersiapkan dengan benar.

Data Engineer


4. Mengembangkan Data Warehouse

Istilah data warehouse mungkin sudah terdengar tidak asing lagi bagi kalian. Data warehouse ini merupakan suatu sistem yang bisa mengumpulkan data dari berbagai sumber yang berbeda.


Data warehouse memiliki beberapa karakteristik seperti terintegrasi, berorientasi lebih pada subjek, mempunyai dimensi waktu, dan bersifat tetap. Data warehouse perlu dikembangkan agar mampu menghasilkan data yang mendasar dan akurat. sehingga lebih komprehensif dan cepat dalam pengambilan keputusan.

Data Engineer


Baca juga : Data Engineer VS Data Scientist


Untuk menjadi seorang duta engineer yang profesional, tentu perlu memahami job description apa saja yang nantinya akan dilakukan oleh ata engineer. Kamu bisa belajar dasar-dasar data engineer di DQLab.


DQLab menyajikan materi secara teori maupun praktek. Selain itu di DQLab pun menyediakan berbagai modul dan ebook dengan materi yang beragam sesuai kebutuhan.


Cara bergabungnya sangat mudah. Langsung saja sign up di DQLab.id/signup dan nikmati belajar data science DQLab.


Penulis : Latifah Uswatun Khasanah

Editor : Annissa Widya Davita



Mulai Karier
sebagai Praktisi Data
Bersama DQLab

Daftar sekarang dan ambil langkah pertamamu untuk mengenal Data Science.

Buat Akun Gratis Dengan :

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/8be7fae4b69abead22aa9296bcab7b4b.jpg Sign-Up dengan Google

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/d0aa879292fb427c0978d2a12b416e98.jpg Sign-Up dengan Facebook

Atau Buat Dengan :