Buat Akun DQLab & Akses Kelas Data Science Python, R, dan Excel GRATIS
 SIGN UP  

Mau Jadi Data Scientist? Implementasikan 3 Hal Ini Yuk

Belajar Data Science di Rumah 06-Oktober-2021
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/df34047b010bce65c8be80273bd69ac9_x_Thumbnail800.jpg

Mencoba hal yang baru atau keluar dari zona nyaman mungkin saja dapat menakutkan atau bahkan menantang bagi beberapa orang. Namun pada zaman dimana hampir semua kegiatan menjadi digital, mulai dari belanja, sekolah, dan lainnya, kalian diperlukan untuk terus berkembang dan tentunya belajar banyak hal baru.


Saat ini, data menjadi hal penting yang menarik minat banyak orang untuk mempelajarinya, termasuk juga industri serta profesi-profesinya yang sangat menjanjikan. Pada artikel kali ini, DQLab akan memberikan kalian informasi seputar Data Scientist dan cara untuk menjadi salah satunya. Yuk, simak bersama!


1. Alasan Menjadi Data Scientist

Meskipun Data Science dapat mematikan beberapa profesi atau pekerjaan lainnya, namun ilmu ini akan melahirkan kembali profesi dan peluang kerja yang lebih besar lagi untuk masyarakat. Terdapat beberapa alasan mengapa kalian perlu mencoba karir menjadi Data Scientist, pertama-tama karena ketersediaan tenaga kerja dalam bidang data yang sangat kurang dibandingkan dengan kebutuhannya.


Tawaran pekerjaan akan profesi Data Scientist terbilang sangat bagus pada masa kini, simpelnya kalian tidak perlu susah mencari namun tawaran akan datang dengan sendirinya. Profesi Data Scientist juga termasuk ke dalam salah satu profesi penting dalam suatu perusahaan karena mereka dapat membantu mengembangkan perusahaan, baik secara internal maupun eksternal.


Baca juga : Mengenal Profesi Data Scientist


2. Cara Menjadi Data Scientist

Pengetahuan akan teknologi dan data merupakan hal utama yang perlu dimiliki oleh calon Data Scientist. Sebenarnya, cara untuk menjadi Data Scientist terbilang simpel, namun prosesnya yang sedikit rumit. Pertama, tentunya kalian perlu membekali diri kalian dengan skill atau keahlian dasar terkait dengan profesi Data Scientist.


Yang kedua, apabila kalian ingin cepat memasuki dunia kerja, tentunya kalian memerlukan portofolio yang dapat menarik perhatian tim rekrutmen perusahaan. Selain itu, pembaruan CV juga diperlukan agar perusahaan dapat melihat perkembangan atau prestasi kalian dari yang terbaru hingga terlama. Tidak lupa juga kalian dapat memperluas jaringan atau networking kalian dengan banyak orang agar dapat memperbanyak pengetahuan.


3. Skill Dasar Data Scientist

Seperti yang telah disampaikan sebelumnya, menjalani suatu profesi tentunya memerlukan keahlian terkait bidang yang bersangkutan. Data Scientist juga seperti itu, terdapat beberapa skill dasar yang perlu calon Data Scientist ketahui dan pelajari agar dapat kedepannya dapat menjalani pekerjaan tersebut dengan lebih efisien. Berikut skill-skillnya.


  • Pemahaman akan software engineering dan bahasa pemrograman.

  • Menguasai ilmu statistika, kalkulus, dan aljabar.

  • Pemahaman mengenai machine learning.

  • Kemampuan untuk memvisualisasikan dan memetakan data.

  • Memiliki kemampuan untuk memecahkan masalah dan komunikasi yang baik.


4. Tempat Belajar Data Scientist

Belajar untuk mempersiapkan diri menjadi Data Scientist atau sekadar menambah wawasan dapat kalian lakukan dalam berbagai cara. Kalian dapat menggunakan platform Youtube untuk menonton video-video terkait profesi Data Scientist. Platform lainnya juga kalian bisa menggunakan internet untuk mencari website-website yang mengunggah artikel mengenai materi seputar Data Scientist.


Platform lainnya adalah tempat kursus, pada saat ini sudah banyak bermunculan tempat kursus mengenai Data Science yang dapat kalian masuki untuk belajar dan mendapatkan sertifikat. Tempat kursus Data Science sekarang tidak hanya dilakukan secara tatap muka langsung, namun secara daring yang dimana dapat kalian sesuaikan sesuka hati dengan kegiatan kalian sehari-hari.


Baca juga : Yuk Kenal Role Data Scientist, Profesi Menarik Dengan Gaji Besar


5. Jadilah Calon Ahli Data Bersama Dengan DQLab!

DQLab merupakan salah satu tempat kursus online yang bisa kalian masukkan ke dalam daftar tempat untuk belajar Data Science. Banyak keuntungan yang bisa kalian dapatkan terlepas dari sertifikat dan materi pembelajaran, salah satunya adalah dengan sign up di DQLab.id, kalian sudah bisa mengerjakan module ‘Introduction Data Science with Python and R’ secara gratis. Ayo, gabung bersama DQLab.id untuk memulai langkah pertama kalian dalam menjadi calon praktisi data!



Penulis : Callista Eugenia

Editor : Annissa Widya Davita

Postingan Terkait

Sign Up & Mulai Belajar Gratis di DQLab!