GEBYAR DISKON 95%+10%! KEJUTAN SPESIAL KEMERDEKAAN
Belajar Data Science 6 Bulan Bareng Ahli Bersertifikat hanya Rp. 170K 
BURUAN AMBIL
Pendaftaran ditutup dalam 0 Hari 13 Jam 3 Menit 52 Detik 

Mau Jadi Data Scientist? Yuk Berkenalan dengan Tanggung Jawabnya!

Belajar Data Science di Rumah 25-Oktober-2021
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/172bb64d07c12d2a8ce24e927cd30169_x_Thumbnail800.png

Pemahaman akan data menjadi suatu kebutuhan utama individu, perusahaan atau organisasi. Namun, data tidak semudah itu untuk dipelajari, dibutuhkan profesi khusus yang dapat mengolah data sehingga dapat dijadikan bahan informasi atau pengambilan keputusan. Profesi khusus tersebut adalah Data Scientist.


Kebutuhan tenaga kerja akan profesi Data Scientist terus menerus meningkat dari tahun ke tahun, tetapi sangat disayangkan di Indonesia belum terdapat banyak tenaga kerja yang mengimbangi kebutuhan perusahaan atau organisasi. Oleh karena itu, DQLab akan membocorkan informasi seputar Data Scientist agar kalian dapat mengerti dan mempelajarinya. Yuk, simak bersama!



1. Pengertian Data Scientist

Data Scientist merupakan seseorang yang bertugas untuk mengumpulkan, mengolah, dan menganalisa data sehingga dapat digunakan dalam pengambilan keputusan suatu perusahaan atau organisasi. Profesi Data Scientist tidak hanya bisa dijalani oleh latar belakang pendidikan sains, namun semua latar belakang pendidikan dapat menjalaninya.


Karena profesi tersebut yang memegang kendali di balik pengolahan data perusahaan, maka tanggung jawab yang diemban juga sangat besar untuk menganalisa dan pendapatan informasi untuk pengembangan bisnis. Data Scientist juga bertugas untuk mencari informasi yang berguna untuk pengembangan bisnis dengan menggunakan metode statistik.

 

Baca juga : Mengenal Profesi Data Scientist


2. Pekerjaan Data Scientist

Dengan informasi mengenai pengertian profesi Data Scientist, kalian juga perlu mengetahui pekerjaan atau tanggung jawab seperti apa yang akan kalian kerjakan ketika kalian akan menggeluti profesi tersebut. Berikut rincian pekerjaan seorang Data Scientist.


  • Menggelar penelitian terkait data perusahaan yang akan digunakan untuk penentuan keputusan.

  • Membuat tabel pivot dengan software statistik.

  • Memvisualisasikan data dalam bentuk grafik.

  • Menganalisa data dengan bahasa pemrograman.

  • Menyiapkan infrastruktur data.

  • Menganalisis data perusahaan dalam volume yang besar.


3. Skill Dasar Wajib untuk Data Scientist

Dari definisi dan tanggung jawab yang diemban, mungkin kalian merasa penasaran mengenai apa-apa saja yang perlu dipelajari untuk menjadi seorang Data Scientist. Terdapat beberapa skill dasar yang wajib calon Data Scientist miliki sebelum memasuki industri data, berikut skill-skillnya.


  • Kemampuan untuk melaksanakan riset atau penelitian.

  • Kemampuan untuk menganalisis data.

  • Kemampuan manajerial.

  • Kemampuan bahasa pemrograman.

  • Kemampuan untuk berpikir sistematis.

  • Pengetahuan akan ilmu statistika.

  • Pengetahuan seputar bisnis.

  • Kemampuan menguasai bahasa asing.


4. Jenjang Karir Data Scientist

Profesi Data Scientist tidak hanya dibutuhkan oleh perusahaan yang bergerak dalam bidang teknologi, namun hampir semua bidang dapat dimasuki oleh profesi tersebut. Maka dari itu jenjang karir yang dimiliki profesi Data Scientist sangat sedikit, tetapi memerlukan kemampuan atau pengalaman yang sangat banyak. 


Jenjang karir pertama adalah Data Scientist, jenjang karir tersebut akan kalian dapatkan ketika kalian baru memasuki perusahaan dengan sedikit pengalaman. Jenjang karir berikutnya adalah Senior Data Scientist, jenjang karir ini baru bisa kalian dapatkan saat pengalaman dan kemampuan yang kalian miliki sudah cukup mumpuni dan sudah mulai diakui oleh banyak orang. Dan untuk jenjang karir tertinggi dalam profesi Data Scientist adalah Chief Data Scientist.


Baca juga : Yuk Kenal Role Data Scientist, Profesi Menarik Dengan Gaji Besar


5. Belajar Dasar-Dasar Data Scientist Bersama DQLab

Profesi Data Scientist bukanlah suatu profesi yang dapat kalian jalani dengan pembelajaran yang tidak tuntas. Kalian membutuhkan tempat belajar yang bisa memberikan kalian materi belajar yang lengkap disertai dengan pengajar berpengalaman untuk menambah pengetahuan kalian. Kalian dapat gabung bersama DQLab, disini kalian akan disajikan banyak materi yang akan membangun diri kalian agar semakin siap untuk memasuki industri data. Jika kalian tertarik, kalian bisa langsung sign up di DQLab.id, kemudian kalian akan langsung mendapatkan module gratis "Introduction Data Science with Python and R" untuuk kalian kerjakan. Sangat menarik bukan? Ayo, gabung dengan DQLab.id dan jadilah ahli data!



Penulis : Callista Eugenia

Editor : Annissa Widya Davita

Mulai Belajar
Data Science Sekarang
Bersama DQLab

Buat Akun Belajarmu & Mulai Langkah
Kecilmu Mengenal Data Science.

Buat Akun Gratis Dengan :

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/8be7fae4b69abead22aa9296bcab7b4b.jpg Sign-Up dengan Google

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/d0aa879292fb427c0978d2a12b416e98.jpg Sign-Up dengan Facebook

Atau Buat Dengan :