Buat Akun DQLab & Akses Kelas Data Science Python, R, dan Excel GRATIS
 SIGN UP  

Melihat Fungsi Microsoft Excel, Aplikasi Pengolahan Populer

Belajar Data Science di Rumah 25-Juni-2021
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/f7408a8f21c6e0a65829715f4f35586d_x_Thumbnail800.jpg

Microsoft Excel merupakan aplikasi yang wajib dipelajari oleh orang-orang yang ingin bekerja di bidang data, marketing, dan lainnya yang bertanggung jawab mengolah data. Microsoft Excel adalah aplikasi yang tergabung dalam paket Microsoft Office. Hampir semua pekerjaan umumnya memiliki kriteria harus bisa mengoperasikan Microsoft Office seperti Word, Excel, Power Point, dan lainnya sesuai kebutuhan perusahaan. Jadi, sebenarnya tidak hanya orang yang bertugas mengolah data saja yang harus mempelajari Excel, namun bidang pekerjaan lain juga. Karena biasanya Excel digunakan untuk menginput data sederhana misal data transaksi, dan sebagainya. 


Microsoft Excel memiliki tampilan yang profesional dan fungsi-fungsi yang mendukung proses pengolahan data yang mudah dipelajari dan dipahami. Tidak hanya fitur yang digunakan untuk mengolah data angka atau numerik, Excel juga memiliki fitur-fitur menarik lainnya yang dapat digunakan untuk aktivitas tertentu. Misalnya seperti fitur Data Analysis untuk melakukan analisis data di Excel. Nah, artikel ini akan membahas beberapa fungsi Microsoft Excel dan penerapannya dalam dunia kerja. Apa saja ya? Simak pembahasannya dibawah ini, yuk!


1. Mengolah Data 

Fungsi utama dari Microsoft Excel adalah mengolah data angka atau numerik. Perusahaan biasanya menggunakan Excel untuk mengolah data manajemen seperti mencari rata-rata, median, dan nilai maksimum atau minimum dari suatu kumpulan data. Dalam proses administrasi, seorang akuntan biasanya menggunakan Excel untuk menginput data seperti data pemasukan dan pengeluaran perusahaan. Dengan jumlah kolom dan baris yang sangat banyak dalam Excel yaitu 1.048.576 baris dan 16.384 kolom, kita dapat menginput data sebanyak-banyaknya sesuai kebutuhan. 

Baca juga : Rumus Excel yang Paling Sering Digunakan dalam Dunia Kerja


2. Membuat Laporan

Fungsi kedua dari Microsoft Excel adalah untuk membuat laporan seperti laporan keuangan. Perusahaan memanfaatkan fitur-fitur yang disediakan oleh Excel untuk membuat laporan keuangan dalam skala besar. Data dan proses perhitungan dalam laporan keuangan sangat kompleks sehingga perlu ketelitian dan juga tools yang mendukung. Bayangkan jika dilakukan secara manual tentu akan memakan banyak waktu dan tenaga. Sehingga orang yang bekerja di bagian keuangan harus menguasai Excel dengan baik dan memahami fitur-fitur pada Excel yang dapat membantu pembuatan laporan keuangan lebih efektif.


3. Penyajian Data dengan Grafik

Salah satu langkah dalam proses pengolahan data adalah penyajian data. Data umumnya disajikan dalam bentuk grafik atau plot. Excel menyediakan fitur untuk membuat grafik untuk menyajikan data yang sudah diolah. Ada banyak pilihan bentuk grafik seperti pie chart, bar chart, column chart, line chart, scatter chart, bubble chart, radar chart, dan lainnya yang bisa kamu pilih sesuai dengan data yang kamu miliki. Misalnya untuk melihat data trend bisa menggunakan line chart. Selain itu ada juga fitur Power View yang juga digunakan untuk menyajikan data namun dalam bentuk yang  lebih menarik dan interaktif. Hal ini akan mendukung pengambilan keputusan dalam proses bisnis.


4. Perhitungan Statistik dan Analisis Data

Selain dapat melakukan operasi dasar matematika, Excel juga dapat melakukan perhitungan statistik. Kita bisa menemukan fungsi-fungsi statistika yang disediakan Excel di menu Formula > More Function > Statistical. Selain itu kita juga bisa menggunakan Excel untuk keperluan analisis data. Terdapat fitur add-ins di Excel yaitu Analysis Toolpak yang dapat ditambahkan ke dalam Excel. Fitur ini digunakan untuk melakukan analisis data tanpa perlu repot menginstall aplikasi analisis data lainnya. Jika berhasil ditambahkan fitur ini akan terlihat di menu Data dengan nama Data Analysis. Beberapa metode yang terdapat dalam Data Analysis yaitu Descriptive Statistics, Correlation, ANNOVA, Regression, dan sebagainya. 

Baca juga : Kenali Rumus IF pada 3 Kondisi dengan Excel


6. Belajar Fungsi Excel Lainnya Bersama DQLab, Yuk!

Semakin ditelusuri dan dipelajari, fungsi Excel ini cukup banyak dan dapat diterapkan di kehidupan sehari-hari. Contohnya untuk catatan anggaran harian atau bulanan, catatan pemasukan dan pengeluaran rumah tangga, dan lainnya. Jadi semua orang bisa mulai belajar Excel dan menerapkannya untuk pribadi maupun untuk keperluan pekerjaan. Bagi pemula, jangan bingung dimana bisa belajar Excel dengan menyenangkan. DQLab menyediakan modul belajar Excel yang terstruktur sehingga mudah dipahami dan dipelajari. Segera Sign Up di DQLab/SignUp dan jangan lewatkan promo menariknya, ya!


Penulis: Dita Kurniasari

Editor: Annissa Widya

Sign Up & Mulai Belajar Gratis di DQLab!