FLASH PROMO!! BELAJAR DATA SCIENCE ONLINE 6 BULAN 399K
Diskon 89%, Akses 76 Modul Data Science Premium, Metode Praktek Sandbox, Bersertifikat!
SERBU DISINI!
Pendaftaran ditutup dalam 0 Hari 4 Jam 29 Menit 51 Detik 

Melihat Pengaruh Data Science dalam Dunia Marketing

Belajar Data Science di Rumah 26-November-2022
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/e8a5e7625e845f3970e830075d9ca52e_x_Thumbnail800.jpeg

Data Science merupakan salah satu ilmu yang berhubungan dengan data. Ternyata pemanfaatan Data Science ini terbilang cukup luas, loh. Siapa yang pernah mengira bidang marketing dan branding yang dianggap penuh dengan kreativitas juga membutuhkan Data Science? Kita bisa melihat, setiap detik akan selalu ada aktivitas dari sosial media. Hal ini akan sangat bermanfaat untuk memperoleh informasi baru jika dimanfaatkan dengan benar, salah satunya dengan cara diolah menggunakan ilmu Data Science. 


Pekerjaan yang dilakukan oleh orang yang bekerja di industri creative selama ini juga memang bermanfaat untuk melihat tingkah laku customer (customer behavior). Misalnya membuat social media activation plan, menentukan konten apa yang harus dibuat di setiap tanggalnya sesuai dengan momentum, iklan seperti apa yang bisa menarik perhatian customer, dan masih banyak lagi.


Jika dalam skala kecil, kita masih bisa menggunakan cara yang biasa digunakan. Namun jika sudah dalam skala besar, tentu akan lebih efektif jika menggunakan ilmu Data Science. Setidaknya ada beberapa hal dalam dunia marketing yang bisa dipengaruhi oleh Data Science. Yuk, simak pembahasannya!


1.Customer Behavior

Data Science

Customer behavior menjadi hal yang wajib untuk diperhatikan agar kita bisa lebih memahami customer, dengan melihat pola barang yang dibeli dan juga ketertarikan mereka. Customer behavior ini tentu tidak akan sama dari masa ke masa, setiap saat pasti akan mengalami perubahan tergantung keadaan yang sedang dialami. Dengan memanfaatkan ilmu Data Science, kita bisa melihat seberapa besar customer akan melakukan pembelian terhadap barang yang “tidak begitu penting” ketika mengalami krisis. 


Misalnya saja dengan adanya prediksi resesi yang mungkin akan terjadi di tahun 2023, data science bisa memprediksi kecenderungan customer untuk membeli hal yang bermanfaat, multifungsi, serta bertahan lama. Sehingga brand sudah harus memikirkan hal peluncuran yang sesuai dengan minat customer.


Baca juga : Tools Data Science untuk Analisis Data yang Efisien


2.Prediksi Target Pasar Baru

Data Science


Selain memperhatikan customer yang sudah ada, tentu nya agar bisnis bisa semakin berkembang kita perlu melakukan ekspansi bisnis. Salah satunya dengan cara memperluas target pasar. Penentuan target baru bukanlah hal yang bisa dilakukan begitu saja, kita bisa memanfaatkan ilmu Data science agar lebih mempermudah kita dalam membuat keputusan yang tepat. 


Brand bisa memulai dengan mengajukan beberapa pertanyaan sederhana seperti siapa saja yang bisa menjadi target baru, produk apa yang mereka butuhkan, apakah harus ada produk alternatif, dll. Kita bisa memanfaatkan data-data yang didapatkan melalui riset atau history yang telah ada sebelumnya untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan tersebut.


3.Branding Strategy

Setelah mengetahui tentang customer behavior dan juga target pasar baru, hal yang sangat penting untuk dilakukan adalah menentukan strategi yang akan digunakan untuk branding. Salah satu data science framework yang bisa dimanfaatkan sebagai dasar dari strategi branding untuk bisnis mu adalah CUBES yang merupakan singkatan dari Customer-Based-Execution and Strategy (Fisher & Mittal, n.d). Berikut adalah contohnya.


Data Science


Misalkan saja ada sebuah bisnis yang terus mengalami penurunan jumlah penjualan namun langsung menyimpulkan bahwa kurangnya promosi. Padahal jika dianalisis lagi, permasalahannya bukan pada promosi, namun pada masalah teknis. Dengan begitu, mereka bisa menentukan strategi yang tepat agar tetap mendapatkan keuntungan.


4.Social Media Activation

Data Science


Dalam perkembangan teknologi, social media sudah menjadi salah satu platform untuk membuat branding dan mempromosikan produk. Setiap detik akan terus ada data yang bertambah. Kita bisa melihat apa yang diinginkan oleh customer dari sosial media. Sehingga social media activation menjadi hal yang sangat wajib untuk diperhatikan agar brand dapat bersentuhan langsung dengan para pelanggannya. Tentunya hal ini juga akan berkaitan erat dengan bantuan data science untuk melihat insight dan pengaruh terhadap customer.


Baca juga : 3 Contoh Penerapan Data Science yang Sangat Berguna di Dunia Perindustrian


Data Science ternyata merupakan ilmu yang bisa menempatkan diri dimana saja. Bahkan di dunia marketing dan branding yang penuh dengan kreativitas. Perkembangan Data Science di berbagai sektor membuat kita harus mulai membuka mata untuk melihat peluang besar ini. Jika tidak ingin ketinggalan zaman, maka kita harus mengupgrade diri. Salah satu caranya, kamu bisa mempelajari Data Science bersama DQLab. Di sana kamu akan mendapatkan module lengkap, sertifikat sebagai bukti telah menyelesaikan modul pembelajaran dan juga bisa langsung menerapkan pembelajarannya melalui fitur project yang tersedia. 


Tunggu apalagi? Yuk langsung bergabung dengan cara signup di DQLab kemudian nikmati pembelajaran modul gratis “Introduction to Data Science with Python” atau “Introduction to Data Science with R”. Dengan memulai pembelajarannya dari sekarang, kamu siap menghadapi tantangan di era digital dan mewujudkan karirmu sebagai Data Scientist di tahun 2022.


Penulis : Gifa Delyani Nursyafitri

Mulai Belajar
Data Science Sekarang
Bersama DQLab

Buat Akun Belajarmu & Mulai Langkah
Kecilmu Mengenal Data Science.

Buat Akun Gratis Dengan :

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/8be7fae4b69abead22aa9296bcab7b4b.jpg Sign-Up dengan Google

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/d0aa879292fb427c0978d2a12b416e98.jpg Sign-Up dengan Facebook

Atau Buat Dengan :