BELAJAR DATA SERU, AKSES PAKET DATA SCIENCE 6 BULAN 180K!
Diskon Spesial 90% + 50% Belajar Data Science Bersertifikat
DAFTARKAN DIRIMU
Pendaftaran ditutup dalam 0 Hari 11 Jam 7 Menit 48 Detik 

Memahami Pengertian Analisis Data dan Efisiensinya dalam Dunia Bisnis

Belajar Data Science di Rumah 22-Oktober-2021
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/d28668c1fb675ce6cca3794061ef0c58_x_Thumbnail800.png

Di era teknologi ini, analisis data menjadi hal yang paling dibutuhkan dalam berbisnis. Para ahli percaya bahwa analisis data akan menjadi tren yang semakin berkembang cepat. Berdasarkan sebuah studi yang dilakukan, bahwa bisnis menggunakan data sebagai alat untuk meningkatkan efisiensi proses dan biaya, mendorong strategi dan perubahan, serta sebagai tools dalam meningkatkan kinerja perusahaan. Namun, apakah yang dimaksud dengan analisis data? 


Analisis data merupakan suatu upaya untuk mengolah data menjadi sebuah informasi sehingga nantinya data tersebut dapat dipahami dan bermanfaat bagi Data Analyst untuk digunakan sebagai solusi dalam permasalahan maupun sebagai alat dalam membuat keputusan. Ada berbagai contoh penerapan analisis data yang digunakan oleh Data Analyst mulai dari transportasi, pendeteksi risk dan fraud, interaksi dengan pelanggan, pencarian web, iklan digital, dan masih banyak lagi.


Dalam menganalisis data pun terdapat berbagai teknik untuk melakukan analisis data tergantung pada tujuan penelitian, jenis data, dan jumlah data yang dikumpulkan. Masing-masing berfokus pada strategi pengambilan data, hasil analisis, dan menelusuri data untuk mengubah angka menjadi parameter dalam mengambil keputusan. Sebelum mengenal jenis-jenis dari teknik analisis data itu sendiri, sangat penting untuk memahami bagaimana peran analisis data dalam meningkatkan efisiensi sebuah perusahaan? Pada artikel kali ini, DQLab akan membahas secara lengkap peran analisis data tersebut, untuk itu simak pembahasan berikut ini!


1. Analisis Data Memudahkan dalam Pengambilan Keputusan

Dalam sebuah bisnis, sebagian perusahaan masih saja mengesampingkan fungsi krusial data dalam proses pengambilan keputusan. Mereka kurang memahami bahwa data menyimpan banyak informasi yang berharga bagi kelangsungan hidup perusahaan. Untuk menghasilkan informasi yang berguna, tidak bisa diperoleh secara instan. Perlu adanya beberapa proses untuk mengekstrak data yang tidak dapat dibaca menjadi kumpulan informasi yang bermanfaat. Salah satu peran penting adanya data dalam perusahaan adalah untuk mengambil keputusan yang lebih baik. Data perlu diproses dan dianalisis sehingga dapat dibaca oleh para stakeholder perusahaan. Singkatnya, perusahaan maupun organisasi membutuhkan analisis data yang baik agar bisa menghasilkan informasi yang insightful dan bisa memudahkan dalam pengambilan keputusan dan perusahaan dapat terus menganalisa serta mengotomatisasi keputusan rutin tanpa adanya penundaan karena penilaian manusia. 


Baca juga : Analisis Data Adalah: Mengenal Pengertian, Jenis, Dan Prosedur Analisis Data


2. Analisis Data Membuat Prediksi untuk Perencanaan

Tanpa analisis data yang akurat, pengambilan keputusan yang tepat tidak dapat dilakukan. Selanjutnya, peran kedua dari analisis data adalah untuk membantu dalam membuat prediksi yang akurat untuk proses perencanaan. Analisis data membantu tahapan perencanaan dan memberikan informasi yang tepat untuk membuat prediksi berdasarkan tren masa lalu dan kondisi saat ini. Hal-hal yang telah terjadi di masa lalu jika tersimpan dengan rapi di dalam database dapat dijadikan sebagai sumber data untuk dianalisis. Pembelajaran dari masa lampau tentu dapat membantu untuk mempermudah perencanaan yang akan dijalankan di masa sekarang maupun di masa depan. Karena sejatinya hal-hal tersebut pasti akan memiliki polanya tersendiri dan akan terus berulang.


3. Analisis Data dalam Meningkatkan Penjualan

Jika analisis data dapat menghasilkan prediksi yang akurat dan hasil analisis dapat meningkatkan efisiensi proses, maka secara tak langsung analisis data pun dapat meningkatkan penjualan. Data yang ada digunakan untuk membuat strategi terbaik untuk up-sell dan cross-sell, meningkatkan loyalitas konsumen hingga mengoptimalkan conversion rate dari setiap kanal promosi yang digunakan. Kebijakan yang dibuat dengan akurasi yang tepat kemudian dapat berpengaruh pada keuntungan yang diperoleh suatu bisnis dan alokasi dana lebih efisien karena otomatisasi pengambilan keputusan dapat mengurangi biaya.


4. Analisis Data Mengetahui Karakteristik Pelanggan 

Analisis data juga dapat membantu sebuah bisnis untuk memahami dan menambah wawasan tentang pelanggan secara rinci. Setelah data dianalisis, akan muncul hasil berupa informasi penting yang bisa dipelajari untuk memahami pola pelanggan. Sehingga perusahaan dapat mengetahui karakteristik antara pelanggan sehingga dapat merancang strategi yang dapat meningkatkan pengalaman pelanggan dengan tepat dan tujuan marketing dapat dicapai sesuai target.


Baca juga : Big Data Analytics dan Kegunaanya untuk Perkembangan Bisnismu


5. Belajar Analisis Data bersama DQLab, Yuk!

Dalam melakukan proses analisis data, banyak contoh yang dapat kamu pelajari berdasarkan metode, jenis data, dan lainnya. Contohnya, melakukan analisis pada aktivitas perbankan atau nasabah yang melakukan kredit untuk menghindari kerugian dengan menerapkan fraud detection. Contoh lainnya, dalam melakukan analisis data penjualan, kita dapat mengetahui mana barang yang sering dibeli atau tren mode apa yang paling disukai bisa berdasarkan pelanggan, wilayah promosi, dan lainnya. Dari data tersebut akan menghasilkan informasi yang dapat membantu pelaku bisnis dalam menerapkan strategi promosi baru agar penjualan meningkat sehingga perusahaan terhindar dari kerugian.

Tertarik untuk belajar analisis data namun tidak berasal dari background STEM (Science Technology Engineer Math)? Tenang saja, DQLab menjadi tempat kursus yang sangat cocok karena di DQLab siapapun bisa belajar Data Science. Modul yang ada sangat friendly untuk para pemula karena ditulis dengan bahasa yang ringan dan mudah dimengerti. Segera daftar jadi member DQLab hanya di DQLab.id dan mulai proses belajarmu!



Penulis : Salsabila Miftah Rezkia

Editor : Annissa Widya Davita

Mulai Belajar
Data Science Sekarang
Bersama DQLab

Buat Akun Belajarmu & Mulai Langkah
Kecilmu Mengenal Data Science.

Buat Akun Gratis Dengan :

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/8be7fae4b69abead22aa9296bcab7b4b.jpg Sign-Up dengan Google

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/d0aa879292fb427c0978d2a12b416e98.jpg Sign-Up dengan Facebook

Atau Buat Dengan :