GEBYAR DISKON 95%+10%! KEJUTAN SPESIAL KEMERDEKAAN
Belajar Data Science 6 Bulan Bareng Ahli Bersertifikat hanya Rp. 170K 
BURUAN AMBIL
Pendaftaran ditutup dalam 2 Hari 7 Jam 3 Menit 33 Detik 

Memanfaatkan Concat di SQL dengan Penggabungan Data

Belajar Data Science di Rumah 02-Juni-2022
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/d63d5b5a5f87a08a8c378988b0f28edd_x_Thumbnail800.jpg

SQL merupakan salah satu bahasa  pemrograman yang digunakan untuk mengakses data yang ada di database. Meskipun telah berusia puluhan tahun, SQL tetap menjadi pilihan para praktisi data. SQL dapat digunakan untuk pembuatan serta modifikasi data yang ada di dalam database. Sehingga tidak heran jika SQL dilengkapi dengan banyak sekali fungsi yang ada, mulai dari fungsi untuk numerik, teks, hingga agregasi juga tersedia di SQL. 


Salah satunya adalah fungsi Concat yang merupakan salah satu fungsi yang tersedia di SQL Server. Fungsi Concat ini akan banyak digunakan untuk menggabungkan data yang berbentuk teks. Selain menggabungkan menggabungkan data dengan menggunakan Concat, kita juga bisa menggabungkannya dengan cara lainnya loh. Dalam artikel ini akan dibahas cara penggabungan data yang bisa dimanfaatkan dengan menggunakan SQL. Gimana sih caranya? Yuk, simak pembahasannya!


1. Menggabungkan Data dengan Tanda Tambah

Cara yang pertama, kamu bisa memanfaatkan tanda tambah (+) untuk menggabungkan dua atau lebih data string yang kamu miliki. Hal ini hampir sama hal nya dengan penggabungan yang ada di Excel dengan memanfaatkan tanda tambah. Kita hanya perlu menambahkan tanda tambah di antara hal yang ingin digabungkan. Misalnya:

SELECT 'SQL' + ' is' + ' fun!';

Kamu bisa menambahkan spasi setelah kata œis dan œfun, namun kamu juga bisa menggunakan query yang mendefinisikan spasi secara terpisah.

SELECT 'SQL' + ' ' + 'is' + ' ' + 'fun!';

Hasilnya akan sama seperti gambar berikut:

SQL

Cara ini juga bisa kamu gunakan untuk memanggil data yang ada di database, tinggal disesuaikan saja untuk field yang akan diambil dan digabungkan.


Baca juga : Saatnya Belajar SQL, Kenali Rekomendasi Query SQL Bagi Pemula


2. Menggunakan Concat() Function

Cara kedua yang bisa kamu manfaatkan adalah dengan menggunakan fungsi Concat yang tersedia di SQL Server. Jika kamu sudah menggunakan Concat function, maka tidak perlu lagi menambahkan tanda tambah di antara string. Contohnya:

SELECT CONCAT('Aku', ' ', 'senang', ' ', 'belajar', ' ', 'SQL');

Hasilnya adalah:

sql

Jangan lupa tambahkan spasi, kamu bisa mendefinisikannya sebagai karakter yang tidak digabungkan dengan kata yang ada seperti yang digunakan pada query di atas, atau bisa digabungkan langsung dengan kata yang ada seperti contoh pada point pertama. Jika tidak menggunakan spasi, maka hasilnya akan berupa:

SQL

Cara ini juga bisa kamu manfaatkan untuk menggabungkan data dari table yang ada di database, dengan cara menyesuaikan field mana yang akan digabungkan.


3. Menggabungkan String dan Separator dengan CONCAT_WS

Selain menggabungkan data string dengan menggunakan spasi, terkadang kita juga akan dihadapkan dimana kita harus menggabungkan data menggunakan separator. Kamu bisa saja memanfaatkan fungsi concat atau dengan operator tanda tambah, namun tentu akan memakan waktu yang cukup lama jika data yang kamu miliki lumayan banyak. Inilah mengapa kita membutuhkan function CONCAT_WS. Coba bandingkan hal berikut:

SELECT CONCAT('Aku', '-', 'senang', '-', 'belajar', '-', 'SQL');

Dengan query berikut:

SELECT CONCAT_WS('-', 'Aku', 'senang', 'belajar','SQL'); 

Hasilnya akan sama, yaitu:

SQL

Penggunaan function CONCAT_WS dapat membuat query yang ditulis menjadi lebih ringkas karena kita cukup satu kali menuliskan separator yang ingin digunakan dan akan langsung diaplikasikan secara langsung. Tentunya hal ini hanya berlaku jika kamu ingin menggunakan separator ya.


4. Mengatasi Data NULL jika menggunakan Operator Tambah

Misalkan kita memiliki table students yang berisi nama awal, nama tengah, dan nama akhir, lalu kita ingin menggabungkan semua nya untuk mendapatkan full name.

SQL

SELECT TOP 10 first_name,
              middle_name,
              last_name,
          first_name + ' ' + middle_name + ' ' + last_name AS FullName
FROM students;

Kamu bisa menggabungkannya dengan query di atas. Sayangnya, dari penggabungan tersebut, untuk data yang memuat nilai NULL akan menghasilkan full name yang null juga.

SQL


Nah, kalau seperti ini, gimana ya cara mengatasinya?

Salah satu caranya adalah dengan menggunakan function ISNULL untuk mengganti data yang bernilai NULL dengan data yang lain.

SELECT TOP 10 first_name,
              middle_name,
              last_name,
          ISNULL(first_name, '')+ ' ' + ISNULL(middle_name,'') + ' ' + ISNULL(last_name,'') AS FullName
FROM students;

Maka untuk nilai NULL akan diganti dengan nilai kosong atau diabaikan, sehingga hasilnya adalah:

SQL

Setelah memanfaatkan function ISNULL, sekarang untuk data yang bernilai NULL bisa diabaikan sehingga di full name nya hanya akan mengambil data yang tidak NULL saja.


Baca juga : Catat! Ini 3 Keuntungan Belajar SQL dalam Mengolah Data


Gimana, seru kan belajarnya? Kali ini kamu telah belajar cara menggabungkan data baik dengan operator tambah, function CONCAT, function CONCAT_WS, serta mengatasi data NULL jika menggabungkan data menggunakan operator tambah. Jangan cepat berpuas hati ya, karena masih banyak lagi hal fundamental SQL lainnya yang harus dipelajari.


Eits, kamu gak perlu bingung harus belajar SQL dimana karena DQLab juga menyediakan modul SQL yang sangat cocok bagi pemula karena membahas hal-hal yang bersifat fundamental. Agar bisa mengaksesnya, kamu cukup berlangganan untuk menjadi member premium di DQLab

Yuk, tunggu apa lagi? Sekarang giliran mu!


Penulis: Gifa Delyani Nursyafitri


Mulai Belajar
Data Science Sekarang
Bersama DQLab

Buat Akun Belajarmu & Mulai Langkah
Kecilmu Mengenal Data Science.

Buat Akun Gratis Dengan :

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/8be7fae4b69abead22aa9296bcab7b4b.jpg Sign-Up dengan Google

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/d0aa879292fb427c0978d2a12b416e98.jpg Sign-Up dengan Facebook

Atau Buat Dengan :