Buat Akun DQLab & Akses kelas Data Science R, Python, SQL, Excel GRATIS
 SIGNUP GRATIS

Belajar Data Science, Jihar Lulusan Ekonomi Banting Stir Berkarir di Dunia Data

Belajar Data Science di Rumah 01-Desember-2020
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/5d6e11ca2a8f5e327d71a5d424bc4183_x_Thumbnail800.jpg

Belajar Data Science, resolusi Jihar Gifari keluar dari zona nyaman dan mencari tantangan baru. Meskipun bergelar sarjana ekonomi, Jihar berhasil mulai berkarir sebagai Data Tech Officer. 

Dalam perjalanan karir seseorang, tidak sedikit dari mereka yang pada akhirnya memutuskan untuk banting stir memilih profesi di luar lingkup latar pendidikannya. Keluar dari zona nyaman dan mencari tantangan baru bisa jadi alasan terkuat mereka. Seperti yang dilakukan oleh Jihar Gifari, meskipun Jihar bergelar sarjana ekonomi, ia justru memilih berkecimpung di dunia Data Science berprofesi sebagai Data Tech Officer di PeopleShift. 


Menurutnya, hal yang ia lakukan tersebut demi mengedukasikan Data Science. "Akan lebih menyesal tidak melakukan sesuatu, daripada menyesal karena telah melakukan sesuatu." Kata Jihar. Kini DQLab akan mencoba untuk mencari tahu bagaimana pandangan Jihar tentang dunia Data Science. Yuk, kita baca artikelnya sampai habis ya!


1. Melek Data untuk Investasi Masa Depan

Selain ingin mengedukasikan Data Science, Jihar juga punya alasan lain ketika ia hendak untuk banting stir. Baginya jika melihat jauh ke depan, orang-orang yang mampu survive adalah talent-talent yang menguasai data dan digital. Bukan tanpa sebab, karena data dan digital kini mulai menjadi prioritas di perusahaan-perusaahan. "Tingkatkan terus awareness terkait data science, karena data dapat diimplementasikan di semua bidang." Tuturnya.


Baca juga : 3 Bulan Belajar Data Science Otodidak, Imam Aris Munandar Berhasil Alih Profesi Sebagai Data Engineer.


2. Kenali Data Science untuk Implementasikan ke Ranah Ekonomi

Sebagai sarjana ekonomi di Universitas Brawijaya (UNBRAW), tentu Jihar masih memiliki concern pada bidang ekonomi. Oleh sebab itu, ia selalu berusaha untuk mengimplementasikan ilmu Data Science yang telah dimilikinya ke dalam ranah ekonomi, begitu pun sebaliknya. 


Jihar mengatakan, diharapkan ke depannya semua generai muda perlu memiliki pemahaman coding yang mendasar. Kemudian dalam analisa data melalui bahasa pemrograman, dunia ekonomi akan menghasilkan prediksi lebih cepat dalam proses pengolahan data. Jihar mengatakan, "dengan mengimplementasikan Python atau bahasa perogramann lainnya, seseorang yang memiliki background ekonomi dapat membuat model deployment."


3. Memiliki Cita-cita Baru, Resolusi 2021

Semenjak melakoni perannya di dunia Data Science, Jihar merasa lebih mengenali dunia barunya tersebut. Ia merasa punya minat yang tinggi untuk terus mengembangkan karirnya. "Karena semakin mengenal dunia data, kedepannya saya memiliki cita-cita untuk berkarir sebagai Data Analyst atau Data Scientist." Pungkasnya.


Baca juga : Dongkrak Karir di Era Pandemi, Rizky Halawi Selalu Meningkatkan Kompetensi Data Science-nya!


4. Bukan Cuma Jihar yang Bisa, Kamu juga Bisa Belajar dan Kuasai Data Science di DQLab Lho!

Terbukti bukan, belajar Data Science tidak perlu dengan background pendidikan tertentu? Jihar sudah membuktikan, sekarang waktunya kamu untuk mulai belajar Data Science bersama DQLab. Kamu bisa menguasai Ilmu Data Science untuk siap berkarir di revolusi industri 4.0. Bangun proyek dan portofolio datamu bersama DQLab untuk mulai berkarir di industi data yang sebenarnya! Sign up sekarang untuk #MulaiBelajarData di DQLab!

Simak informasi di bawah ini untuk mengakses gratis module "Introduction to Data Science":

  1. Buat Akun Gratis dengan Signup di DQLab.id/signup

  2. Akses module Introduction to Data Science

  3. Selesaikan modulenya, dapatkan sertifikat & reward menarik dari DQLab

  4. Subscribe DQLab.id untuk Akses Semua Module Premium!

Penulis : Sandi Sabar Rahman

Editor : Annissa Widya Davita

Sign Up & Mulai Belajar Gratis di DQLab!