GIMANA MEMULAI KARIER JADI DATA ANALYST?
Simak caranya di webinar GRATIS dan raih DOORPRIZE menarik!
DAFTAR SEKARANG!
Pendaftaran ditutup dalam 1 Hari 17 Jam 22 Menit 33 Detik 

Membuat Aplikasi Menggunakan Python yang Dapar Kamu Implementasikan

Belajar Data Science di Rumah 22-September-2021
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/f40c380f115e69ee1260957009cc89dc_x_Thumbnail800.png

Python merupakan salah satu bahasa pemrograman yang cukup populer dan sering digunakan pada masa kini. Python bisa digunakan untuk berbagai macam kegunaan. Bisa untuk pengembangan games, pengembangan situs website, dan bahkan saat ini banyak perusahaan membuat aplikasi dengan python. Python dipilih menjadi salah satu bahasa pemrograman yang digunakan dikarenakan beberapa kelebihannya seperti bersifat open source, mudah dipahami, mudah diaplikasikan dll. Jadi secara umum bahasa pemrograman python tidak hanya digunakan oleh praktisi data saja, akan tetapi penggunaannya sangat luas.


Penggunaan aplikasi python sangatlah luas. Tidak hanya sebatas sebagai bahasa pemrograman untuk para praktisi data, akan tetapi digunakan pula untuk berbagai macam pemecahan masalah yang lebih kompleks, seperti membuat aplikasi. Pada artikel kali ini kita akan mengenali beberapa aplikasi yang dapat dibuat dengan bahasa pemrograman python, tentunya dengan memaksimalkan library-library yang tersedia dalam python. Yuk, simak artikel berikut ini!


1. Aplikasi Berbasis Web

Penggunaan bahasa pemrograman python dapat digunakan untuk aplikasi berbasis web. Aplikasi-aplikasi ini beberapa diantaranya sudah sering kita jumpai dalam keseharian kita, antara lain:

  1. Instagram, aplikasi untuk berbagi foto menggunakan python dengan framework Django

  2. Spotify, aplikasi untuk mendengarkan, berbagi dan membeli musik. Aplikasi ini juga menggunakan Django beserta fitur python yang lain

  3. YouTube, awalnya menggunakan PHP, namun saat ini menggunakan framework Django juga

  4. Dropbox, layanan file hosting gratis yang dapat digunakan untuk menyimpan dan membagikan file

  5. Mozilla, situs web yang awalnya menggunakan PHP+CakePHP lalu beralih ke Python+Django


Baca juga : Yuk Cari Tahu Perbedaan Python R dan SQL


2. Video Game

Beberapa diantara kita pasti pernah memainkan video game baik dari smartphone maupun dari laptop atau PC. Video game merupakan permainan yang dimainkan secara online dengan tujuan mengalahkan pemain lawan. Saat ini sudah banyak video game yang dapat dimainkan. Beberapa bido game juga memanfaatkan bahasa python di dalamnya, diantaranya seperti Battlefield2, Bridge Commander, Civillization IV, Disneytown Online, The Sims 4, Mount & Blade, Pirates of Caribbean Online dan World of Tanks.


3. Aplikasi Desktop

Aplikasi desktop merupakan aplikasi yang mampu bekerja secara offline namun sebelumnya kita harus menginstalnya di pc atau laptop. Beberapa aplikasi desktop pun menafaatkan bahasa python dalam perakitannya, baik di kalangan pengguna windows atau linux. Beberapa contoh aplikasi desktop tersebut antara lain Bazaar, Dropbox Client, Cinema 4D, BitTorrent, Deluge, Gunicorn, OpenShot Video Editor, OpenStack, Blender, Quod Libet, Ubuntu Software Center, Wicd, dan masih banyak lainnya.


4. Library yang Digunakan

Seperti yang telah kita ketahui bahwa Python memiliki sangat banyak library yang dapat digunakan untuk membantu pekerjaan kita. Masing-masing library memiliki fungsi yang berbeda-beda. Sama halnya seperti library pandas, matplotlib, numpy dll yag dapat digunakan untuk analisis data. Beberapa library ini digunakan untuk membuat aplikasi, antara lain wxPython, Tkinter, Toga, PySciter, PySide, PyGame, Pillow, PyQt 4, dan beberapa library yang lainnya.


Baca juga : Mengenal Perbedaan R Python dan SQL


5. Yuk, Kejar Mimpi Menjadi Data Scientist!

Data scientist masa kini merupakan salah satu profesi yang sedang naik daun. Berbagai latar belakang pendidikan tertarik untuk menjadi data scientist lohh. Apakah kamu salah satunya? Untuk mengetahui lebih lanjut terkait data scientist kita dapat mempelajarinya di DQLab lohh. Caranya sangat mudah, yaitu cukup signup di DQLab.id/signup dan nikmati momen belajar gratis bersama DQLab dengan mengakses module gratis dari R, Python atau SQL!



Penulis : Latifah Uswatun Khasanah

Editor : Annissa Widya Davita




Sign Up & Mulai Belajar Gratis di DQLab!