Memilih Kursus Data Scientist yang Tepat untuk Menjadi Talenta Data yang Hebat

Memilih Kursus Data Scientist yang Tepat untuk Menjadi Talenta Data yang Hebat

Yovita 20-November-2020
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/62509d298b909219636a62b93cf7fbd1_100_persen.jpg

Profesi Data Scientist kini menjadi profesi yang sangat berpotensi khususnya pada industri teknologi. Namun, kebutuhan yang besar akan potensi talenta data menjadi seorang data scientist tidak diimbangi dengan jumlah ketersediaan pekerja yang ada. Bagi kamu yang sedang mempersiapkan untuk berkarir di industri data, kalian bisa dengan mudah untuk mengikuti kursus online. Saat ini, banyak sekali bertebaran kursus online tentang data scientist. Dengan tren perkembangan teknologi informasi yang menjadi pendorong utama Revolusi Industri 4.0, maka pekerjaan dan profesi di masa depan dijamin akan terus berubah. Namun, pemanfaatan data akan selalu ada di berbagai aspek bisnis dan kehidupan. Dengan mempelajari data science, kamu akan mempersiapkan diri terhadap tren teknologi di masa depan, karena data science menuntut kamu untuk mau tidak mau memiliki keterampilan problem-solving, melihat analisis data di manapun berada, dan berbagai pengetahuan dan kemampuan di beberapa bidang lainnya.


Sejalan dengan masa pandemi COVID-19, kursus online sedang menjadi incaran untuk mengisi waktu luang. Alih-alih untuk menambah skill dan penguasaan pengetahuan tentunya sembari beraktivitas di rumah saja. Kabar baiknya, dengan hadirnya kursus online dapat menjadi “jembatan” untuk mempelajari ilmu baru bagi kamu yang ingin menjadi talenta data hebat. Tetapi, sebelum jauh pastikan kamu perlu mempertimbangkan hal-hal berikut sebelum kalian memilih kursus online yang tepat. Terutama data science, karena disiplin ilmu baru dan variatif. Jangan salah kaprah dan jangan sampai uang yang sudah kita keluarkan menjadi percuma. Berikut ini DQLab akan memberikan beberapa pertimbangan ketika kamu ingin memilih kursus online sebagai langkah untuk menjadi talenta data yang ingin berkarir menjadi data scientist


1.Fitur Pembelajaran Menarik dan Materinya Mudah Dipahami

Kenapa ini menjadi pertimbangan? Memang nyatanya terlihat simple dan tidak diperhatikan bagi sebagian orang. Namun, ini bisa menjadi pertimbangan bagi kamu yang sama sekali bukan background STEM atau bagi pemula yang ingin memulai belajar data scientist. Bahasa yang mudah dipahami, adanya visualisasi dan ilustrasi memungkinkan kamu untuk dapat memahami materi yang diajarkan dalam kursus. Salah satunya yang menyediakan fitur pembelajaran menarik dalam kursus online data scientist adalah DQLab. Disini kalian bisa mempelajarinya mulai dari dasar hingga aplikasi studi kasus di berbagai perusahaan yang diselesaikan menggunakan aplikasi. Aplikasi yang tersedia untuk pembelajaran adalah R, Python, SQL dan Excel. Selain itu, disediakan pula career track untuk belajar coding terkait materi yang diajarkan. Kabar baik bagi kalian yang tidak memiliki background STEM, pembelajaran di DQLab sangat menyenangkan karena tersedia live code editor dan bisa belajar langsung dengan data mentor. Terlebih bahasa yang disampaikan juga mudah dipahami. Jadi, tidak perlu takut dan khawatir ya! Manfaatkan kesempatan tersebut sudah merupakan langkah awal untuk kalian memulai berkarir di dunia data.


Baca juga : Mengenal Profesi Data Scientist



2.Mengasah Kemampuan Data Scientist dengan Challenge dari Praktisi Data

Setelah kamu mempelajari materinya, saatnya kamu menerapkan prinsip “learning by doing”. Asah kemampuan kalian dengan mengerjakan proyek-proyek dari praktisi data. Banyak sekali kasus-kasus yang sering ditemukan dalam industri data. Mulai dari unstructured data hingga studi kasus dari berbagai industri seringkali ditemui sejalan dengan perkembangan data yang terus selalu ada. Sebagai seorang talenta data, tentu harus memiliki prinsip “understanding the data” dalam pekerjaannya sebagai data scientist. Selain mengasah kemampuan, kamu juga nantinya akan mendapatkan review dari ahli data terkait apa yang telah kamu kerjakan. Berbekal rajin mengikuti challenge dari praktisi data, tidak akan kesulitan jika nantinya akan melamar kerja di industri data. Karena kamu sudah memiliki pengalaman dalam mempelajari, mengerjakan dan mengemukakan gagasannya melalui tantangan yang telah kamu kerjakan. Selain itu, bisa digunakan untuk keperluan data portofolio sebagai lampiran dalam melamar pekerjaan. Salah satunya adalah DQLab, penyedia kursus online yang setiap weekend selalu mengadakan DQLab Weekend Challenge untuk mengasah kemampuannya dalam menyelesaikan kasus-kasus real industri. 


Baca juga : Yuk Kenal Role Data Scientist, Profesi Menarik Dengan Gaji Besar


3.Meraih Pekerjaan Idaman di Industri Data dengan Tawaran Job Connector

Siapa yang menyangka kalau di pandemi saat ini susah untuk mendapatkan pekerjaan? Tentu kalian pasti menyangka demikian. Permintaan akan kebutuhan posisi di industri data semakin besar. Namun, sukar juga untuk mendapatkan pekerjaan di saat ini. Tetapi dengan ada job connector, dapat menjadi salah satu alternatif dalam mendapatkan pekerjaan idaman kamu untuk berkarir di industri data. Fitur job connector sangat penting untuk mendapatkan pekerjaanmu. Sehingga, kamu akan lebih percaya diri agar CV mu dilirik oleh HR recuiter yang ada di perusahaan kerjasama penyedia kursus online. Salah satunya DQLab sebagai penyedia kursus online data scientist selalu menawarkan job connector. Tentunya bagi kamu para talenta data yang passionate bidang data ingin berkarir di industri data.


4.Yuk Mulai Belajar Data Science Sekarang!

Tidak memiliki background IT? Jangan khawatir, kamu tetap bisa menguasai Ilmu Data Science untuk siap berkarir di revolusi industri 4.0. Bangun proyek dan portofolio datamu bersama DQLab untuk mulai berkarir di industri data yang sebenarnya! Sign up sekarang untuk #MulaiBelajarData di DQLab!

Simak informasi di bawah ini untuk mengakses gratis module ‘Introduction to Data Science’:

1.Buat Akun Gratis dengan Signup di DQLab.id/signup

2.Akses module Introduction to Data Science

3.Selesaikan modulenya, dapatkan sertifikat & reward menarik dari DQLab

4.Subscribe DQLab.id untuk Akses Semua Module Premium!


Penulis: Reyvan Maulid Pradistya

Editor : Annissa Widya Davita


Share

Mulai Bangun Karirmu Bersama DQLab!