TEBUS HOKI! BELI 1 GRATIS 1
Belajar Data 6 BULAN GRATIS 6 BULAN hanya Rp180K!

0 Hari 1 Jam 58 Menit 21 Detik

Memulai Pelatihan Employee dengan MySQL

Belajar Data Science di Rumah 07-September-2023
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/2-longtail-kamis-06-2023-09-08-110317_x_Thumbnail800.jpg

Seiring dengan berkembangnya teknologi, meningkat juga data yang dihasilkan. Dengan meningkatnya data ini, permintaan akan pekerjaan di bidang data menjadi naik dan membuat banyak orang tertarik untuk mempelajari kemampuan-kemampuan yang dibutuhkan dalam pekerjaan tersebut.


Salah satu kemampuan yang diperlukan adalah bahasa database seperti SQL. Bahasa SQL adalah bahasa pemrograman yang cukup sering digunakan oleh programmer untuk mengolah data hingga menemukan insight dari setiap data yang sedang diolah.


Pastinya banyak perusahan besar dan juga website memiliki database yang digunakan untuk menghasilkan informasi dalam membuat sebuah keputusan. Secara sederhana, transformasi digital yang sedang terjadi pastinya mengandung informasi yang cukup penting untuk bisa dimanfaatkan oleh perusahaan dalam mengambil suatu keputusan.


Jika karyawan tidak ikut serta beradaptasi dan juga mempelajari SQL, perusahaan akan sulit berkembang. Nah, salah satu caranya adalah dengan mengikuti pelatihan employee. Bagaimana cara memulainya? DQLab akan membahasnya pada artikel di bawah ini, jadi simak terus ya!


1. Pahami Bahasa SQL

SQL (Structured Query Language) adalah bahasa pemrograman yang digunakan untuk mengakses. Memodifikasi dan mengelola data dari database. Para karyawan nantinya akan bisa menyimpan masing-masing data dalam bentuk tabel sama seperti excel.


SQL ini juga digunakan untuk perusahaan yang memiliki banyak aplikasi dengan banyak relasi antar satu data dengan data lainnya. Ada beberapa database SQL yang cukup sering digunakan adalah MySQL, PostgreSQL, dan juga SQLite. 

Data Engineer

Credit by Wikimedia Commons


Baca juga : Bootcamp Data Analyst with SQL and Python


2. Memahami Apa itu MySQL

MySQL adalah suatu sistem manajemen database relasional yang menggunakan bahasa SQL di dalamnya dan bersifat open source. MySQL ini memiliki fungsi untuk memproses data warehousing, yaitu untuk mengumpulkan data yang berasal dari berbagai macam sumber.


MySQL ini juga salah satu database yang cukup populer. Kelebihan dari MySQL ini adalah memiliki performa yang baik. Aman, dan juga sudah memiliki standar industri yang ditandai oleh banyak sekali perusahaan yang menggunakannya.

Data Engineer

Credit by Wikipedia


3. Pentingnya Belajar MySQL

Pemahaman akan database sudah menjadi keharusan bagi para praktisi data. Salah satunya adalah MySQL. Sistem ini harus dipahami oleh para karyawan yang bekerja di bidang data karena database ini cukup sering digunakan dalam suatu perusahaan untuk mengatur database perusahaan.


Ada beberapa alasan mengapa penting sekali belajar MySQL ini yaitu seperti mendukung keamanan data, mendukung untuk proses transaksional dan juga bersifat open source sehingga dapat diakses kapan saja.

SQL

Credit by ITBOX


Baca juga : Catat! Ini 3 Keuntungan Belajar SQL dalam Mengolah Data


4. Cara Terbaik Untuk Mulai Belajar MySQL

Jika kalian sudah memahami apa itu SQL dan juga MySQL, maka kalian dapat memulai mencari cara yang terbaik untuk memulai mempelajari MySQL ini. Salah satunya adalah dengan mengikuti pelatihan employee yang tersedia di berbagai platform digital.


Dengan kalian mengikuti pelatihan employee ini, diharapkan kalian menjadi karyawan yang memiliki pengetahuan akan data dan juga tools yang digunakan untuk mengolah data tersebut. 


Jangan lewatkan trilogi modul Fundamental SQL menarik bersama DQLab. Belum pernah ngoding? Tidak perlu khawatir, dengan belajar SQL kamu tetap bisa belajar ngoding meskipun belum familiar dengan bahasa pemrograman sekalipun.


Belajar SQL adalah langkah yang tepat untuk membangun pembiasaan kamu untuk ngoding dan semakin memperkaya skill data science kamu. Yuk, Sign up sekarang untuk #MulaiBelajarData di DQLab! Caranya dengan Sign Up sekarang untuk #MulaiBelajarData di DQLab:

  • Buat Akun Gratis dengan Signup di DQLab.id/signup

  • Selesaikan modulenya, dapatkan sertifikat & reward menarik dari DQLab

  • Subscribe DQLab.id untuk Akses Semua Module Premium



Mulai Karier
sebagai Praktisi Data
Bersama DQLab

Daftar sekarang dan ambil langkah pertamamu untuk mengenal Data Science.

Buat Akun Gratis Dengan :

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/8be7fae4b69abead22aa9296bcab7b4b.jpg Sign-Up dengan Google

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/d0aa879292fb427c0978d2a12b416e98.jpg Sign-Up dengan Facebook

Atau Buat Dengan :