PROMO 7.7! DISKON 98%
Belajar Data Science Bersertifikat, 12 Bulan hanya 177K!

0 Hari 3 Jam 4 Menit 17 Detik

Mengapa Harus Menguasai Tools Data Science?

Belajar Data Science di Rumah 27-Maret-2023
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/791e1e1b1fcda875e8e8558e69f646a0_x_Thumbnail800.jpeg

Data Science masih menjadi salah satu ilmu yang banyak dibutuhkan oleh perusahaan. Ilmu ini berkaitan erat dengan cara mengolah data, baik yang berukuran kecil maupun yang berukuran besar (big data) untuk bisa mendapatkan insight yang menarik dari data. Tentunya insight dari data akan sangat bermanfaat sebagai bahan pertimbangan dalam pengambilan keputusan. Karena keputusan yang dibuat dengan melibatkan data yang telah terjadi sebelumnya ternyata lebih relevan dengan kebutuhan customer. Dan banyak perusahaan yang mulai menyadari hal itu.


Ilmu Data Science merupakan kombinasi dari beberapa ilmu yang telah ada sebelumnya, misalnya saja Statistika/Matematika, Pemrograman, serta domain bisnis. Ketiganya sama-sama penting dan harus bisa berjalan beriringan. Sehingga untuk bisa menguasai Data Science, mau tidak mau kita harus menguasai ketiganya. Tidak perlu expert, namun setidaknya kita memiliki basic dari apa yang kita kerjakan. Termasuk juga dengan menguasai tools yang digunakan oleh Data Scientist atau praktisi data lainnya. Dalam artikel ini kita akan membahas alasan mengapa kita harus bisa menguasai tools Data Science jika ingin menjadi praktisi data? Yuk, kita bahas bareng!


1. Data Science merupakan Ilmu yang Bersifat Teknis

Data Science

Data Science merupakan kombinasi dari ilmu yang bersifat teoritis dan teknis, namun dalam penggunaan sehari-hari, tentu akan lebih banyak secara teknis. Dengan begitu, tentu kita akan banyak praktek dalam proses pengolahan data dibandingkan hanya berdasarkan teori saja. Penggunaan tools Data Science akan sangat membantu kita dalam menyelesaikan pekerjaan, mengingat setiap case juga pasti akan memiliki hasil yang berbeda-beda pula. Tools yang umum digunakan misalnya seperti Python, R, SQL, Tableau, dan lainnya.


Baca juga : Kenapa Data Science Penting? Ini Dia Manfaatnya di Era Digital


2. Mempermudah Pengolahan Data

Data Science

Seperti yang kita ketahui, perkembangan teknologi digital banyak mengubah kehidupan manusia. Namun selain hal tersebut, teknologi digital juga menghasilkan data yang sangat banyak dengan berbagai jenisnya. Jika dulu kita hanya mengenal data yang berupa angka saja, maka saat ini kita harus bisa mengolah data yang berupa gambar, teks, video, bahkan audio. Bayangkan saja jika kita harus mengolah data gambar secara manual tanpa bantuan tools Data Science? Betapa susah dan rumitnya, serta sudah pasti akan memakan banyak waktu. Itulah mengapa kita akan sangat membutuhkan keberadaan tools Data Science untuk mempermudah kita mengolah data yang berukuran besar dengan berbagai tipe nya.


3. Mengefisienkan Waktu

Data Science

Setiap detik yang kita miliki tentu menjadi sesuatu yang sangat berharga dalam kehidupan bisnis. Semakin cepat bisa membuat keputusan tentu saja akan lebih baik bagi sebuah bisnis. Mengolah data secara manual tentu akan membutuhkan waktu yang lebih lama jika dibandingkan dengan pengolahan data yang menggunakan tools Data Science. Bayangkan jika sedang genting untuk membuat keputusan namun proses pengolahan data nya harus memakan waktu yang lama? Hal itu akan membuat banyak kesempatan yang terlewatkan karena tidak bisa mengambil keputusan dengan cepat. Sehingga kita membutuhkan tools Data Science untuk mengefisienkan waktu pengolahan data.


4. Membuat Model ML dengan Mudah

Data Science

Machine Learning dan Data Science adalah dua hal yang tidak bisa kita pisahkan. Machine Learning merupakan salah satu teknologi yang memungkinkan mesin untuk bisa membuat keputusan secara otomatis dengan meniru pola pikir manusia. Dalam Data Science, Machine Learning akan sangat bermanfaat untuk proses klasifikasi, prediksi, sera clustering. Dengan menggunakan data histori yang telah ada sebelumnya, kita bisa menggunakannya untuk membuat model. Pembuatan model yang dilakukan secara manual akan memakan waktu yang sangat lama dan dengan proses perhitungan yang rumit, sehingga kita akan lebih mudah jika menggunakan tools yang ada.


Baca juga : 3 Contoh Penerapan Data Science yang Sangat Berguna di Dunia Perindustrian


Data Science ternyata merupakan ilmu yang bisa menempatkan diri dimana saja. Bahkan di dunia marketing dan branding yang penuh dengan kreativitas. Perkembangan Data Science di berbagai sektor membuat kita harus mulai membuka mata untuk melihat peluang besar ini. Jika tidak ingin ketinggalan zaman, maka kita harus mengupgrade diri. Salah satu caranya, kamu bisa mempelajari Data Science bersama DQLab. Di sana kamu akan mendapatkan module lengkap, sertifikat sebagai bukti telah menyelesaikan modul pembelajaran dan juga bisa langsung menerapkan pembelajarannya melalui fitur project yang tersedia. 


Tunggu apalagi? Yuk langsung bergabung dengan cara signup di DQLab kemudian nikmati pembelajaran modul gratis “Introduction to Data Science with Python” atau “Introduction to Data Science with R”. Dengan memulai pembelajarannya dari sekarang, kamu siap menghadapi tantangan di era digital dan mewujudkan karirmu sebagai Data Scientist di tahun 2023.


Penulis : Gifa Delyani Nursyafitri 


Mulai Karier
sebagai Praktisi
Data Bersama
DQLab

Daftar sekarang dan ambil langkah
pertamamu untuk mengenal
Data Science.

Buat Akun


Atau

Sudah punya akun? Login