Buat Akun DQLab & Akses Kelas Data Science Python, R, SQL, Excel GRATIS

Mengapa Pelatihan Employee dengan MySQL Penting?

Belajar Data Science di Rumah 13-Maret-2024
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/3-longtail-kamis-06-2024-03-15-120219_x_Thumbnail800.jpg

Manajemen data menggunakan SQL bukan hal rahasia lagi untuk efektivitas sistem dalam perusahaan. Bahkan dengan meningkatnya transformasi digital, menjadi hal wajib untuk memiliki kemampuan manajemen data. Salah satu aplikasi sederhana yang bisa mulai diperkenalkan pada karyawan agar paham database adalah MySQL. Tentu, dibutuhkan pelatihan yang terstruktur untuk memudahkan transfer ilmu tersebut.


Kenapa mempelajari SQL sangat penting? Secara sederhana, dengan adanya transformasi digital maka setiap aktivitas digital mengandung informasi penting yang bisa dimanfaatkan oleh perusahaan untuk mengambil keputusan. Jika karyawan tidak turut serta beradaptasi dan mempelajari SQL atau database, perusahaan juga akan sulit berkembang. Di sini akan dijelaskan lebih dalam pentingnya pengolahan database bagi perkembangan bisnis dan pihak mana yang cocok untuk mengajarkan hal tersebut. Yuk segera simak!


1. Perkembangan Data di Era Transformasi Digital

Semakin berkembangnya era transformasi digital, membuat kehadiran data menjadi aset yang sangat penting terutama bagi perusahaan. Data yang dihasilkan dari aktivitas digital seperti penggunaan media sosial, transaksi jual beli online, bahkan sensor dapat digunakan sebagai informasi untuk pengambilan keputusan. Perkembangan ini tentunya telah membawa dampak positif bagi berbagai sektor baik pemerintah, pendidikan, bahkan bisnis.


Salah satu dampak yang bisa dirasakan adalah efektivitas dan efisiensi dalam menetapkan keputusan. Sebagai contoh, dengan data kalian dapat menganalisis perilaku konsumen dan tren pasar. Hasil analisis ini akan berdampak pada beberapa hal di antaranya keputusan strategi pemasaran, pengembangan produk, dan evaluasi sistem layanan. Dalam lingkup pemerintah, data juga dapat dimanfaatkan untuk memonitor dan mengevaluasi program kerja atau kebijakan publik yang sedang berlangsung.


Dengan ini pemerintah dapat mengambil langkah tepat agar lebih efektif dan efisien dalam pengelolaan sumber daya publik. Bisa disimpulkan, adanya data akan membuat keputusan menjadi lebih tepat sasaran dan output yang dihasilkan lebih sesuai dengan keinginan. 


Baca juga : Bootcamp Data Analyst with SQL and Python


2. Pentingnya Bisnis dengan Berbasis Data

Telah dibahas sebelumnya kalau salah satu peran data dalam bisnis adalah pengambilan keputusan dan strategi pemasaran yang lebih berorientasi pada pelanggan. Tidak hanya itu, sebenarnya secara operasional, bisnis dengan berbasis data juga sangat membantu pertumbuhan perusahaan. Dengan data yang dimiliki, perusahaan dapat mengidentifikasi aspek atau area yang bisa dikembangan, proses bisnis yang kurang efektif dan perlu dievaluasi, atau bahkan biaya operasional yang tidak terlalu memberi dampak sehingga sebaiknya dihentikan. 


Dari segi peningkatan keuangan, tentu data akan membantu perusahaan mengenali produk yang sebaiknya menjadi produk unggulan sehingga persediaannya dapat dioptimalkan sesuai permintaan. Meski demikian, perusahaan juga perlu waspada terhadap adanya kejahatan keamanan data. Jika tidak memiliki kebijakan keamanan data, hal ini akan menimbulkan resiko pencurian data. Dampaknya justru akan merugikan perusahaan. Sehingga penting untuk mengimbanginya dengan penerapan keamanan data yang ketat.


3. Mengapa Karyawan Perlu Mengenal Database?

Dampak dari era transformasi digital menuntut karyawan untuk juga mampu beradaptasi. Hal ini karena nantinya yang dikerjakan akan berkaitan dengan data perusahaan. Sehingga penting bagi karyawan untuk mulai mengenal database. Database menjadi pondasi dasar perusahaan untuk mengorganisir dan manajemen data dengan jumlah yang besar. Karyawan perlu tahu cara kerja untuk mengakses, menyimpan, mengedit data agar tetap sesuai dengan kebutuhan perusahaan. 


Tidak hanya membantu karyawan mengelola data perusahaan, namun ini juga bisa membantu mereka untuk menghasilkan ide inovatif, informasi terkini, dan perkembangan bisnis ke stakeholder berdasarkan analisis data di database. Dengan demikian, karyawan dapat memberikan kontribusi yang lebih besar terhadap kemajuan bisnis perusahaan. Dampak kemajuan bisnis perusahaan juga pastinya akan mempengaruhi kesejahteraan karyawan karena bisnis berjalan dengan optimal. 


Baca juga : Catat! Ini 3 Keuntungan Belajar SQL dalam Mengolah Data


4. Pelajari MySQL sebagai Manajamen Data di DQLab!

Setelah memahami penjelasan tersebut, tentu kalian semakin yakin bahwa pelatihan karyawan terhadap manajemen data sangat penting, kan? Baik untuk menambah soft skill SDM perusahaan, juga untuk efektivitas bisnis. Lantas bagaimana cara yang tepat untuk memulai memperkenalkan ini kepada karyawan? DQLab hadir memberi solusi bagi bisnis kalian. DQLab memiliki program Corporate Service yang akan membantu perusahaan meningkatkan kemampuan digital. 


SQL


Tidak hanya belajar manajemen data menggunakan aplikasi seperti MySQL atau SQL Server, tetapi kalian akan mendapatkan berbagai layanan seperti:

  • Konsultasi gratis untuk service yang tepat sesuai kondisi perusahaan

  • Pengembangan Action Plans yang sesuai dengan output yang diinginkan perusahaan

  • Solusi pelatihan atau layanan yang membantu pengembangan kemampuan karyawan


DQLab menjadi pihak yang dapat dipercaya karena telah berpengalaman menjadi partner di perusahaan-perusahaan besar dan membantu mereka berkembang di era digital. Menariknya lagi, DQLab juga menggandeng pihak ternama untuk meningkatkan potensi karyawan di bidang teknologi. Yuk, segera konsultasikan layanan yang kalian butuhkan dengan corporate training DQLab atau ikuti Bootcamp Data Analyst with SQL and Python!


Penulis: Dita Feby

Editor: Annisa Widya



Mulai Karier
sebagai Praktisi
Data Bersama
DQLab

Daftar sekarang dan ambil langkah
pertamamu untuk mengenal
Data Science.

Buat Akun


Atau

Sudah punya akun? Login