PROMO PAYDAY! SERBU PAKET DATA SCIENCE 3 BULAN CUMA 100K!
Diskon Spesial 95% Belajar Data Science Bersertifikat
SERBU DISINI!
Pendaftaran ditutup dalam 1 Hari 5 Jam 16 Menit 37 Detik 

Mengaplikasikan Big Data Analytics, Intip Kelebihannya bagi Customer Yuk!

Belajar Data Science di Rumah 08-Desember-2021
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/0f22a71ac09d608a2dd4635193b75b0d_x_Thumbnail800.png

Big Data merupakan sebuah konsep yang sangat besar dan kompleks, sehingga membutuhkan waktu untuk mendefinisikannya. Big Data Analytics bukanlah sebuah konsep yang baru melainkan sudah lama ada tetapi prosesnya sendiri masih menggunakan cara yang manual dan prosesnya lama dibandingkan dengan Big Data Analytics era modern ini yang terbantu oleh teknologi canggih. Manfaat pada Big Data Analytics bagi perusahaan diantaranya seperti memberikan sejumlah besar kecerdasan terkait informasi pelanggan mulai dari riwayat pembelian, kebiasaan, interaksi yang dilakukan di media sosial, hingga preferensi mereka dalam memenuhi kebutuhan mereka di situs web.


Namun, apakah dengan Big Data Analytics benar bisa memahami pelanggan dengan baik? Pada artikel DQLab kali ini, akan membahas lebih dalam pada pengaplikasian Big Data Analytics yang signifikan dampaknya dan membantu memahami pelanggan secara langsung. Penasaran? Yuk, langsung saja simak artikel berikut ini!


1. "Dapatkan Diskon dan Kupon Gratis"

Pastinya sahabat data DQLab pernah mendapatkan sebuah email berupa potongan harga pada ulang tahun bukan? Atau mungkin pernah mendapatkan kupon gratis ketika berbelanja di e-Commerce? Hal tersebut merupakan salah satu keberuntungan yang kamu dapatkan berdasarkan Big Data. Dimana Big Data akan menghubungkan data kamu dengan perusahaan untuk memberikan layanan atau produk yang tersedia sesuai dengan kebutuhanmu. Big Data Analytics sangatlah membantu pekerjaan analisis menjadi lebih canggih dan tepat pada target yang dituju. Analisis ini biasanya mencakup mulai dari pemantauan menjelajahi situs web online hingga sampai pada pengamatan transaksi yang dilakukan.


Dengan wawasan data tersebut kemudian dapat memungkinkan perusahaan untuk membuat sebuah kegiatan campaign pemasaran yang terfokus dan sesuai dengan target, sehingga memungkinkan perusahaan bisa melampaui harapan pelanggan serta membangun loyalitas merek lebih besar.


Baca juga : Belajar Big Data: Karakteristik, Fungsi, Kelebihan dan Kekurangan Big Data


2. Meningkatkan Pengalaman Pelanggan

Pengalaman pelanggan sangatlah berdampak besar dan mempengaruhi perusahaan. Jika pengalaman yang dimiliki pelanggan buruk maka kemungkinan yang terjadi pelanggan tidak akan merekomendasikan pelayanan atau produk tersebut kepada orang lain. Big Data pada penerapannya akan membantu layanan pelanggan menjadi baik. Tidak hanya itu, akan mengetahui juga preferensi yang disukai mereka dengan tepat. Dengan demikian, Big Data juga bisa membantu membuka peluang inovasi yang bisa meningkatkan pengalaman mereka. Memasuki era digital, setiap perusahaan dalam berkompetisi tidak bisa mengandalkan insting mereka sehingga dengan penggunaan data bisa melacak feedback pelanggan, produk unggul hingga mengetahui apa yang dilakukan pesaing dalam meningkatkan pengalaman pelanggan.


3. Perlindungan Informasi Pribadi

Big Data Analytics akan melibatkan serangkaian pengelolaan dengan benar agar meminimalkan risiko dan melindungi data sensitif yaitu informasi data pelanggan. Karena big data terdiri dari sekumpulan data yang kompleks dan jumlahnya banyak, maka diperlukan tools yang dapat memastikan data bisa terlindungi dan juga bisa digunakan untuk pengerjaan analisis. Big Data Analytics membantu mengetahui perilaku pelanggan secara mendalam dan menghubungkan titik-titik (connect the dots) agar bisa menarik kesimpulan perilaku mereka, dengan demikian jika di masa depan terjadi penggunaan yang tidak sesuai dengan perilaku pelanggan maka akan melindungi privasi pelanggan, salah satu contoh kasusnya seperti di industri finance yaitu penipuan pada kartu kredit yaitu transaksi dengan jumlah besar.




Baca juga : Big Data Analytics dan Kegunaanya untuk Perkembangan Bisnis


4. Ambil Langkah yang Tepat pada Big Data Analytics bersama DQLab!

Memanfaatkan Big Data Analytics di era digital merupakan pilihan yang sangat tepat, tidak hanya menguntungkan bagi perusahaan atau pebisnis melainkan juga pelanggan. Yuk, mulai belajar implementasikan Big Data dan ilmu Data Science secara otodidak bersama DQLab! Caranya mudah lho, sahabat data DQLab tinggal signup di DQLab.id kemudian tekan "Memulai Belajar Gratis" dan nikmati pembelajaran GRATIS dengan module œIntroduction to Data Science with R atau œIntroduction to Data Science with Python untuk memulainya.


Selamat mencoba sahabat Data DQLab!

Mulai Belajar
Data Science Sekarang
Bersama DQLab

Buat Akun Belajarmu & Mulai Langkah
Kecilmu Mengenal Data Science.

Buat Akun Gratis Dengan :

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/8be7fae4b69abead22aa9296bcab7b4b.jpg Sign-Up dengan Google

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/d0aa879292fb427c0978d2a12b416e98.jpg Sign-Up dengan Facebook

Atau Buat Dengan :