DQLab Super Giveaway! Belajar Data Science 6 Bulan hanya Rp.99.000! DAFTAR

Pakai Kode: KUPON99K. Berakhir 0 Days 22 Jam : 46 Menit : 52 Detik

Mengenal Data Engineer, Salah Satu Pekerjaan yang Paling “Seksi” Saat Ini

Belajar Data Science di Rumah 24-September-2020
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/da2b9d35a313b7de6fc90bd2e6295e68_x_Thumbnail800.jpg

Lahirnya industri 4.0 membuat data menjadi sesuatu yang sangat dibutuhkan. Bahkan ada yang mengibaratkan data sebagai sumber daya yang sama berharga nya dengan minyak. Hal ini disebabkan karena pertumbuhan perusahaan berbasis teknologi semakin tinggi setiap tahunnya. Sehingga peran seorang Data Engineer sangat dibutuhkan untuk mengatasi berbagai permasalahan baru yang muncul.

Data Engineer ini menjadi salah satu pekerjaan yang paling “seksi” saat ini. Kira-kira kenapa ya profesi ini dikatakan “seksi”? Ternyata dikatakan “seksi” karena profesi ini merupakan salah satu profesi yang paling banyak dicari namun tidak semua orang dapat mendalaminya. Hal ini menyebabkan banyaknya permintaan akan profesi ini, namun talenta yang tersedia sangat minim. Itulah mengapa pekerjaan ini juga dikatakan sebagai pekerjaan mahal loh.

Penasaran dengan Data Engineer? Yuk, simak ulasan di bawah ini!

1. Apa itu Data Engineer?

Pada umumnya, Data Engineer merupakan orang yang bertanggung jawab terhadap proses pembangunan dan pemeliharaan infrastruktur data di dalam suatu perusaahan. Nah, infrastruktur ini biasanya berupa data warehouse, pipeline, database, ataupun sistem lainnya yang dirancang untuk memproses data dengan volume besar.

Biasanya, Data Engineer akan bekerja sama dengan Data Analyst dan Data Scientist. Ketiga profesi ini terlihat mirip namun sebenarnya berbeda. Kemudian muncul pertanyaan, “Profesi mana yang terbaik di antara ketiganya?”. Jawabannya adalah tergantung kemampuan kita, lebih ke arah Data Engineer, Data Analyts, ataupun Data Scientist. Tidak ada yang menjadi superior di antara ketiga profesi ini, dan dalam perjalanannya ketiga profesi ini membutuhkan satu sama lainnya.

Baca Juga Data Enginer VS Data Scientist: Sama Namun Berbeda, Yuk Intip Apa Saja Perbedaannya!

2. Pengetahuan yang harus dimiliki oleh Data Engineer

Untuk menjadi seorang Data Engineer tentunya harus memiliki pengetahuan yang baik akan matematika, statistika, dan juga programming. Selain itu kemampuan dalam menggunakan beberapa tools yang dibutuhkan, seperti MySQL, Hadoop, Cassandra, dan tools lainnya tentunya juga tidak kalah penting. Pengetahuan akan algoritma dan struktur data, kemampuan menggunakan cloud platform, data pipelines, serta kemampuan akan Big Data Tools ternyata juga menjadi sesuatu yang harus diperhatikan jika ingin menjadi seorang Data Engineer.

3. Prospek Kerja Data Engineer

Ngomongin prospek kerja, ternyata profesi yang satu ini semakin banyak dicari oleh perusahaan. Tidak hanya dicari oleh perusahaan yang bergelut di bidang IT, ternyata profesi sudah mulai dibutuhkan oleh industri teknologi digital dan juga perbankan. Semakin banyak perusahaan yang mulai melirik teknologi digital sebagai salah satu produknya, maka disitulah Data Engineer mulai dibutuhkan.

Disebutkan di Noodle.com, profesi tertinggi yang bisa dicapai oleh seorang Data Engineer adalah Chief Data Officer, yaitu posisi yang akan membawahi Data Engineer, Data Analyst, dan Data Scientist. Wah, keren banget kan? Semakin banyak ilmu dan jam terbang, maka nilai jual dari seorang Data Engineer akan meningkat.

Baca Juga : Tugas Data Engineer yang Sering digunakan, Yuk Kenalan Lebih Lanjut!

4. Tertarik? Yuk, Belajar Data Science Gratis sekarang!!

Terapkan ilmunya sekarang dengan bergabung bersama platform belajar online DQLab! Selain bisa meningkatkan ilmu data yang dimiliki, kamu juga bisa membangun portofolio datamu di DQLab guna mempersiapkan dirimu berkarir di industri data. 

Sign Up untuk nikmati module GRATIS “Introduction to Data Science” dengan pengalaman belajar yang seru menyenangkan serta aplikatif pada industri nyata! Untuk kamu yang ingin mulai belajar Data Science atau siap berkarir jadi Data Analyst, Data Scientist, dan Data Engineer, persiapkan diri kamu dengan tepat sekarang. Tidak ada kata terlambat untuk belajar. Yuk #MulaiBelajarData di DQLab.

Dengan belajar di DQLab, kamu bisa:

  • Menerapkan teknik mengolah data kotor, hasilkan visualisasi data dan model prediksi dengan studi kasus Retail dan Finansial

  • Dapatkan sesi konsultasi langsung dengan praktisi data lewat data mentoring

  • Bangun portofolio data langsung dari praktisi data Industri

  • Akses Forum DQLab untuk berdiskusi.

Simak informasi di bawah ini untuk mengakses gratis module ‘Introduction to Data Science’:

  1. Buat Akun Gratis dengan Signup di DQLab.id/signup

  2. Akses module Introduction to Data Science

  3. Selesaikan modulenya, dapatkan sertifikat & reward menarik dari DQLab.

Penulis : Gifa Delyani

Editor : Annissa Widya Davita


Share

Postingan Terkait

Mulai Bangun Karirmu Bersama DQLab!