Buat Akun DQLab & Akses Kelas Data Science Python, R, dan Excel GRATIS
 SIGN UP  

Mengenal 4 Manfaat Big Data yang Paling Sering Ditemukan di Era Digital

Belajar Data Science di Rumah 16-Desember-2021
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/24a311de75f2d4abfaa62f64c44f8ae4_x_Thumbnail800.png

Di era digital seperti sekarang, segala aktivitas yang muncul dengan menggunakan perangkat teknologi dan fasilitas komputerisasi akan menghasilkan data. Data bisa berbentuk teks, video, gambar ataupun foto bertambah setiap tahunnya dan berjumlah sangat besar. Kebutuhan berbagai perangkat maupun software dalam menampung berbagai jenis data bisa mengakibatkan proses penanganan data menjadi lebih lambat dan efektivitas yang menurun. Langkah terbaik yang menjadi solusi dari permasalahan tersebut adalah menggunakan big data. Manfaat big data sangatlah beragam hingga ke berbagai lini industri.


Kali ini, DQLab akan mengajak sahabat data untuk mengenal manfaat big data yang paling sering ditemui, di era digital yang sering diterapkan dalam aktivitas kita sehari-hari. Penasaran? Yuk, langsung simak penjelasan dibawah ini!


1. Media Digital dan Fiturnya

Apakah kamu pernah mendengarkan lagu melalui aplikasi streaming seperti Spotify? Atau nonton film terbaru menggunakan aplikasi seperti Netflix dan Disney +?


Manfaat big data lainnya ternyata juga terlihat pada sisi penggunaan media digital seperti fitur website dan aplikasi streaming. Dengan menggunakan big data, aplikasi tersebut mampu mencatat data musik maupun film yang telah kamu tonton sebelumnya dan memberikan rekomendasi untukmu. Selain itu, fitur yang terdapat di e-commerce, seperti Shopee, Tokopedia dan sebagainya juga menggunakan big data pada AI mereka untuk memudahkan pengguna memberikan rekomendasi produk.


2. Penggunaan Perangkat Mobile dan Media Sosial

Perkembangan teknologi yang kian melesat menyebabkan penggunaan perangkat mobile seperti smartphone, tablet, I-Pad dan sebagainya juga semakin meningkat. Selain memudahkan dan mendukung berbagai aktivitas kita, faktor user friendly juga menjadi kelebihan utama dari perangkat mobile tersebut. Aplikasi GPS seperti Google Maps yang sering ditemui pada perangkat mobile menjadi contoh penggunaan big data dalam memproses berbagai bentuk data.Sistem database yang besar menjadi alasan penggunaan big data. Tentu saja, google maps bisa memberikan gambar serta pemetaan lokasi di berbagai penjuru daerah hingga dunia.


Bukan hanya perangkat mobile, media sosial juga menggunakan big data sebagai solusi terbaik untuk menampung semua informasi aktivitas penggunanya. Mulai dari foto, video hingga teks yang diunggah pada aplikasi media sosial seperti Facebook, Instagram, Twitter dan sebagainya terekam serta tersimpan dalam big data setiap harinya.


Baca juga : Belajar Big Data: Karakteristik, Fungsi, Kelebihan dan Kekurangan Big Data


3. Penggunaan Aplikasi

Aplikasi yang kerap kita gunakan dalam kegiatan sehari-hari menyebabkan kebutuhan akan perangkat mobile terus meningkat. Hal ini tentu berdampak pada sisi software dan hardware aplikasi tersebut. Optimasi perlu dilakukan, khususnya pada penyimpanan data. Dengan menggunakan big data, proses manajemen dan transfer data akan berjalan lebih cepat serta akurat.


4. Bisnis dan CRM

Manfaat big data lainnya dapat kamu temukan dalam mengatasi permasalahan data dengan kebutuhan yang besar untuk melakukan operasional bisnis. Produktivitas dan efektivitas suatu bisnis tentu perlu ditingkatkan dengan sumber daya yang memadai, termasuk kebutuhan akan data yang terus meningkat.


Pernah mendengar istilah Customer Relationship Management atau CRM? Hal ini kerap digunakan untuk menjaga serta meningkatkan hubungan positif dengan pelanggan. Big data juga diperlukan untuk membantu melakukan monitoring kegiatan penjualan, melakukan konversi hingga menghitung rata-ratanya.


Baca juga : Big Data Analytics dan Kegunaanya untuk Perkembangan Bisnis


5. Tertarik Memulai Karir Jadi Data Scientist? Yuk, Siapkan Diri Kamu Bersama DQLab!

Memiliki berbagai tugas penting bagi perusahaan menyebabkan profesi Data Scientist semakin meningkat. Kamu tertarik untuk mempelajari tugas dan tanggung jawab Data Scientist lebih dalam lagi? Bisa banget loh sahabat data DQLab!


Kamu bisa mulai belajar Data Science sebagai ilmu yang akan membawa dirimu menjadi seorang Data Scientist. Caranya gampang, tinggal sign up di DQLab.id dan kamu bisa langsung belajar secara gratis! Tunggu apa lagi? Siapkan diri kamu menjadi Data Scientist dengan belajar Data Science secara gratis, praktis dan aplikatif bersama DQLab


Sign Up & Mulai Belajar Gratis di DQLab!