MAU PUNYA SKILL DATA SCIENCE YANG AMAYZING?
Belajar Data Science 6 Bulan hanya 150K  | Pakai Kode: AMAYZING
BURUAN SERBU!
Pendaftaran ditutup dalam 0 Hari 3 Jam 11 Menit 18 Detik 

Data Scientist vs Data Engineer Apa Perbedaannya

Belajar Data Science di Rumah 28-Maret-2021
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/0cf94e586eabc7df33aa8a1d6d7e614c_x_Thumbnail800.jpeg

Saat ini Artificial Intelligence (AI) sudah banyak diterapkan di berbagai bidang kehidupan. Bahkan kamu bisa menjumpainya dalam kehidupan sehari-hari, seperti asisten virtual di Google maupun Siri. Dalam perkembangannya, AI selain perannya yang sangat membantu kebutuhan manusia, saat ini AI banyak menambah ketertarikan orang-orang lewat film-film fiksi ilmiah. AI atau kecerdasan buatan menjadi terobosan baru dalam dunia IT untuk mengembangkan produk dan perangkat lunak yang mampu untuk mengatasi masalah secara lebih cerdas tanpa harus menunggu perintah atau instruksi dari manusia.

Pada artikel kali ini, DQLab khususnya akan mengenalkan apa itu Artificial Intelligence, peran AI dalam kehidupan manusia, dan contoh-contoh penerapan dari AI tersebut agar kamu lebih mengenal lebih dekat dengan teknologi ini. Tanpa berlama-lama lagi, simak pembahasan berikut ini ya!

 

1. Pengertian Artificial Intelligence

Artificial Intelligence adalah suatu konsep yang sebenarnya sudah muncul sejak zaman dahulu tepatnya di zaman Yunani Kuno. Konsep AI sudah muncul sejak jaman dahulu tapi istilah ini baru muncul di pertengahan abad 20 tepatnya di tahun 1950. Pada zaman Yunani Kuno sudah ada Talos, raksasa dari perunggu dan Galatea, patung buatan Pygmalion yang dibuat dengan konsep kecerdasan buatan. Ide tentang teknologi dengan kecerdasan buatan pun terus dikembangkan dan diteliti sehingga bisa dimanfaatkan sepenuhnya oleh manusia.

Artificial Intelligence (AI) atau kecerdasan buatan adalah sebuah sistem komputer yang mampu melakukan tugas-tugas yang pada umumnya membutuhkan kecerdasan manusia. Teknologi ini dapat membuat keputusan dengan cara menganalisis dan menggunakan data yang tersedia di dalam sistem. Proses yang terjadi dalam Artificial Intelligence mencakup learning, reasoning, dan self-correction. Proses ini serupa dengan manusia yang melakukan analisis sebelum memberikan keputusan.


Baca juga : 3 Jenis Algoritma Machine Learning yang Dapat Digunakan di Dunia Perbankan



 

2. Pentingnya Artificial Intelligence

Tujuan utama dikembangkannya Artificial Intelligence adalah untuk membuat suatu teknologi atau sistem menjadi lebih pintar sehingga akan memudahkan pekerjaan manusia. Contoh sederhana seperti di komputer. Selain untuk mengetik, komputer sekarang dikembangkan menjadi lebih pintar sehingga bisa untuk bermain game, mengedit video dan foto, serta bisa digunakan untuk banyak kegiatan bermanfaat lainnya. Tujuan lain dibentuknya teknologi AI ini adalah untuk membuat suatu mesin yang mampu memahami kecerdasan dan memudahkan manusia seperti bisa memecahkan masalah dengan lebih cepat, lebih teliti, lebih efektif, dan efisien.

Jika dilihat dari segi bisnis, AI mampu membuat suatu sistem usaha yang dapat menghasilkan sesuatu lebih maksimal. Suatu pekerjaan akan terasa lebih ringan dan bisa selesai dalam waktu yang efisien. AI juga mampu mengumpulkan dan menganalisis suatu data sehingga kamu bisa mengetahui peluang terbaru untuk bisnismu.


 

3. Penerapan Artificial Intelligence

a.    Asisten virtual

Terdapat banyak sekali contoh platform yang menyediakan teknologi berbasis asisten virtual ini, contohnya seperti Google Assistant, Amazon Alexa, Siri, dan sejenisnya Tugas dari asisten virtual ini adalah mampu untuk mencatat setiap informasi yang dibutuhkan, memberikan informasi berkaitan dengan waktu acaramu, memutar musik, mengirim pesan, membuka aplikasi, dan fitur advanced yang lainnya.

b.    Bisnis manufaktur dan retail

Contoh penerapan pada bisnis manufaktur lebih banyak berkaitan dengan penggunaan Internet of Things (IoT), yang mana dapat menganalisis data secara lebih cepat. Untuk penerapan bisnis retail, AI telah menyediakan kemampuan dalam belanja secara virtual yang menawarkan hasil rekomendasi yang dipersonalisasi. Selain itu aktivitas lainnya seperti mendiskusikan opsi pembelian dengan konsumen, pengelolaan stok dan tata letak situs yang lebih optimal.


Baca juga : Belajar Data Science: Pahami Penggunaan Machine Learning pada Python


 

4. Yuk, BELAJAR MACHINE LEARNING GRATIS DI DQLAB SELAMA 1 BULAN!

                                             

Gunakan Kode Voucher "DQTRIAL", dan simak informasi di bawah ini mendapatkan 30 Hari FREE TRIAL:

1. Buat Akun Gratis dengan Signup di DQLab.id/signup

2. Buka academy.dqlab.id dan pilih menu redeem voucher 

3. Redeem voucher "DQTRIAL" dan check menu my profile untuk melihat masa subscription yang sudah terakumulasi. 

4. Selamat, akun kamu sudah terupgrade, dan kamu bisa mulai Belajar Data Science GRATIS 1 bulan.

 

Penulis : Salsabila Miftah Rezkia

Editor : Annissa Widya Davita


Postingan Terkait

Sign Up & Mulai Belajar Gratis di DQLab!