MIDYEAR PROMO! Segera Beli Paket Premium Belajar Data Science 6 Bulan hanya Rp. 99.000. DAFTAR

Pakai Kode: DQMIDYEAR. Berakhir 0 Days 7 Jam : 4 Menit : 13 Detik

Mengenal Algoritma Machine Learning Serta Manfaatnya Dalam Dunia Industri

Belajar Data Science di Rumah 27-Januari-2021
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/eb4dacf4d769ab05952d7e2bba6896b7_x_Thumbnail800.jpg

Algoritma machine learning sudah banyak diterapkan di berbagai industri. Pertumbuhan data yang sangat cepat dalam waktu yang singkat didukung oleh teknologi yang semakin maju. Machine learning merupakan cabang dari ilmu Artificial Intelligence (AI) yang berfokus pada pembuatan sistem yang belajar sendiri tentang data dengan akurat tanpa pemrograman tertentu. 


Machine learning ibaratnya seperti manusia yang jika terus belajar maka akan semakin pintar, semakin banyak data yang dikelola maka semakin akurat output yang dihasilkan. Bagi kamu yang ingin belajar data, penting untuk memahami apa itu machine learning, cara kerja, dan algoritma yang digunakannya. Yuk simak pembahasannya dibawah ini.


1. Bagaimana Cara Kerja Machine Learning?

Sebagaimana yang sudah diketahui, machine learning merupakan sistem yang mempelajari data dengan sendirinya. Tahapan yang dilakukan dalam machine learning meliputi pengumpulan data, memilih data dengan membaginya menjadi training test, validasi data, dan test data, melakukan model data untuk membuat fitur-fitur sesuai tujuan, validasi model, serta test model. Baru kemudian model digunakan dan disesuaikan dengan memperbaiki kinerjanya. Mesin-mesin dapat belajar dan membentuk suatu machine learning dengan programming, penggunaan metode statistik, membuat komputer mampu mempelajari data yang sudah dilatih, atau membangun aplikasi untuk meningkatkan akurasi AI. 

Baca juga : 3 Jenis Algoritma Machine Learning yang Dapat Digunakan di Dunia Perbankan


2. Perbedaan Algoritma Pada Machine Learning

Dalam machine learning terdapat beberapa algoritma yang digunakan yaitu unsupervised learning, supervised learning, dan reinforcement learning. Unsupervised learning merupakan algoritma yang bekerja dengan menemukan pola tersembunyi pada data tidak berlabel. Kebalikan dari unsupervised learning, supervised learning adalah algoritma machine learning yang menggunakan data berlabel dimana input dan outputnya dapat diketahui. Sedangkan reinforcement learning adalah algoritma yang mampu menemukan tindakan yang menghasilkan output terbaik dengan uji coba berkali-kali atau trial dan error, contohnya pada pembuatan game.


3. Manfaat Machine Learning Bagi Perusahaan

Ada banyak manfaat yang bisa diperoleh ketika perusahaan menerapkan machine learning. Dengan kemampuan yang dimiliki machine learning dalam mempelajari data dapat meningkatkan perkembangan perusahaan dengan lebih efisien. Masalah yang ada pada perusahaan dapat diidentifikasi lebih dulu tanpa harus melakukan proses yang panjang. Penggunaan machine learning juga dapat diterapkan di berbagai sektor industri. Machine learning dapat membantu dalam memprediksi tren di masa mendatang sehingga mendorong perusahaan melakukan inovasi terhadap produknya.

Baca juga : Belajar Data Science: Pahami Penggunaan Machine Learning pada Python

4. Yuk Mulai Belajar Data Science Sekarang!

Tidak memiliki background IT? Jangan khawatir, kamu tetap bisa menguasai Ilmu Data Science untuk siap berkarir di revolusi industri 4.0. Bangun proyek dan portofolio datamu bersama DQLab untuk mulai berkarir di industri data yang sebenarnya! Sign up sekarang untuk #MulaiBelajarData di DQLab!



Penulis: Dita Kurniasari

Editor: Annissa Widya

Share

Postingan Terkait

Mulai Bangun Karirmu Bersama DQLab!