PROMO PAYDAY! SERBU PAKET DATA SCIENCE 3 BULAN CUMA 100K!
Diskon Spesial 95% Belajar Data Science Bersertifikat
SERBU DISINI!
Pendaftaran ditutup dalam 0 Hari 13 Jam 51 Menit 14 Detik 

Mengenal Apa Itu Teknik Analisis Data & Langkah Analisisnya

Belajar Data Science di Rumah 16-Oktober-2022
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/9d59477783af5126a9c98aa0a32b3c30_x_Thumbnail800.jpeg

Pada saat ini seringkali kita jumpai banyak informasi yang berkaitan dengan data. Apalagi kita hidup di zaman kecanggihan teknologi yang membuat informasi bisa diperoleh dengan mudah dan cepat. Keberadaan data yang sangat banyak ini memerlukan tindakan berupa pengolahan data atau analisis data. Analisis data pun harus sesuai dan tepat sasaran. salah satu hal yang perlu diperhatikan dalam analisis data adalah memperhatikan teknik analisis data. Kira-kira apa itu teknik analisis data?


Teknik analisis data merupakan suatu metode yang digunakan dalam proses analisis data. Penggunaan teknik analisis data ini merupakan bagian penting, terutama di era big data ini. Pada era big data ini dimana data yang terkumpul sangat banyak dan cepat, sangat kecil kemungkinannya untuk dilakukan proses analisis data secara manual dengan waktu yang cepat. Dengan memilih teknik analisis data yang sesuai, akan dapat memudahkan pengguna dalam mendapatkan hasil keputusan.


1. Pengertian Teknik Analisis Data

Teknik analisis data merupakan suatu proses mengolah data menjadi informasi baru. Data yang dikumpulkan dalam proses pengumpulan data biasanya memiliki berbagai bentuk yang berbeda-beda. Ada kalanya pula data itu tidak dapat disimpulkan sebelum diolah terlebih dahulu. Oleh karena itu perlu diterapkannya teknik analisis data agar dapat menemukan solusi dari permasalahan data yang ada. Teknik analisis data ini sudah sering digunakan oleh berbagai industri untuk kepentingan-kepentingan tertentu.

Teknik Analisis Data


Baca juga : Langkah-Langkah Menggunakan Teknik Analisis Data Kualitatif


2. Langkah analisis data

Ketika melakukan suatu kegiatan tertentu, sebaiknya kita mengikuti langkah atau prosedur yang ada. Pada proses analisis data, terdapat beberapa langkah yang digunakan, yaitu:

  1. Mengumpulkan data, proses mengumpulkan data yang diperlukan dalam penelitian baik itu berupa data primer maupun data sekunder.

  2. Membersihkan data, data yang telah dikumpulkan tidak bisa langsung diolah melainkan harus dibersihkan atau disiapkan untuk menghasilkan data yang siap diolah.

  3. Menganalisis data, proses pengolahan data sehingga menjadi informasi yang dapat menjadi bahan pertimbangan untuk menentukan keputusan.

  4. Menyajikan data, penyampaian hasil analisis data dengan tampilan yang menarik dan isi yang singkat, jelas dan tepat sasaran.

Teknik Analisis Data


3. Jenis Teknik Analisis Data

Teknik analisis data digunakan sesuai dengan kebutuhan, jenis data yang digunakan, serta permasalahan yang ingin diselesaikan. Terdapat dua jenis teknik analisis data, yaitu teknik analisis data kuantitatif dan teknik analisis data kualitatif. teknik analisis data kuantitatif. Teknik analisis data kuantitatif diterapkan pada jenis data kuantitatif, yaitu data yang berupa angka dan proses penghitungannya menggunakan rumus statistik. Adapun teknik analisis data kualitatif diterapkan pada jenis data kualitatif yang membahas suatu konsep permasalahan dan datanya tidak melibatkan angka.

Teknik Analisis Data


4. Contoh Penerapan teknik Analisis Data

Teknik analisis data bukanlah hal yang asing lagi. Walaupun tidak semua orang tahu mengenai proses analisis data, tapi mayoritas telah merasakan hasil analisis data. Beberapa contoh penerapan hasil analisis data adalah dapat memprediksi prakiraan cuaca, mengetahui laporan keuangan perusahaan secara real time, mengetahui tingkat kepuasan konsumen dalam bidang pelayanan, mengetahui  update stok barang dengan cepat dan dapat menentukan jumlah pengisian barang, mendapatkan rekomendasi belanja produk dalam online shop, dan masih banyak lainnya.

Teknik Analisis Data


Baca juga : Contoh Teknik Analisis Data Dalam Penelitian Kuantitatif


Teknik analisis data sata ini menjadi solusi utama dalam permasalahan data. Dengan menerapkan teknik analisis data yang sesuai dengan jenis data dan rumusan masalah, maka akan lebih memudahkan para pemilik industri untuk membuat keputusan. Yuk, mulai coba praktek teknik analisis data di DQLab!


DQLab menyajikan materi secara teori maupun praktek. Selain itu di DQLab pun menyediakan berbagai modul dan ebook dengan materi yang beragam sesuai kebutuhan.

Cara bergabungnya sangat mudah. Langsung saja sign up di DQLab.id/signup dan nikmati belajar data science DQLab


Penulis : Latifah Uswatun Khasanah

Editor : Annissa Widya Davita




Mulai Belajar
Data Science Sekarang
Bersama DQLab

Buat Akun Belajarmu & Mulai Langkah
Kecilmu Mengenal Data Science.

Buat Akun Gratis Dengan :

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/8be7fae4b69abead22aa9296bcab7b4b.jpg Sign-Up dengan Google

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/d0aa879292fb427c0978d2a12b416e98.jpg Sign-Up dengan Facebook

Atau Buat Dengan :