PROMO BACK TO SCHOOL, HEMATNYA SERU! DISKON 95% + Cashback*
Cuma Rp 159K bisa belajar data science 6 bulan
BURUAN SERBU!
Pendaftaran ditutup dalam 1 Hari 18 Jam 18 Menit 11 Detik 

Mengenal dan Memahami Fungsi Data Science dalam Bisnis di Era Digital

Belajar Data Science di Rumah 07-September-2021
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/751b02446ff82985f23d20d1e8bc3967_x_Thumbnail800.jpg

Data Science menjadi salah satu ilmu yang melonjak dan makin banyak dipelajari karena kebutuhan tenaga kerja serta praktisi data yang semakin meningkat. Peluang kerja yang besar menjadikan penerapan ilmu ini semakin dibutuhkan oleh praktisi data. Sebagai primadona ilmu yang tengah bersinar, ilmu Data Science juga melatarbelakangi profesi yang beragam seperti Data Scientist, Data Engineer, Data Analyst dan Database Administrator.


Perkembangan teknologi yang pesat menjadi sarana pertumbuhan bisnis bagi perusahaan maupun startup di berbagai belahan dunia, termasuk Indonesia. Beberapa teknologi yang sedang meramaikan dunia IT adalah Machine Learning dan Artificial Intelligence (AI). Penerapan Data Science memiliki peran penting dalam berbagai kebutuhan bisnis 


Kali ini, DQLab telah merangkum 4 fungsi Data Science dalam Bisnis yang pastinya tidak boleh kamu lewatkan! Yuk, langsung simak penjelasan dibawah ini!


1. Menghasilkan dan Mengembangkan Produk yang Relevan

Fungsi Data Science yang pertama dalam bisnis adalah menghasilkan dan mengembangkan produk yang relevan. Hasil dari data perusahaan atau start up dengan menerapkan Data Science, juga membantu dalam mendapatkan insight mengenai waktu, tempat hingga pasar yang tepat dalam menjual produk mereka. Selain itu, Data Science juga berfungsi untuk membantu perusahaan dalam mengembangkan produk agar sesuai dan dapat memenuhi kebutuhan pelanggan.


Contohnya, kondisi pandemi seperti sekarang menyebabkan banyak orang yang menggunakan hand sanitizer sebagai salah satu cara praktis dalam membersihkan tangan. Dengan bantuan Big Data yang menerapkan Data Science, produsen/perusahaan yang menjual produk kesehatan dapat menganalisis jenis hand sanitizer yang sering digunakan oleh konsumen ataupun kekurangan dari produk pesaing. Hal ini akan membantu perusahaan untuk mengembangkan produk yang sesuai dengan keinginan pasar.


Baca juga : Belajar Data Science Secara Otodidak? Berikut langkah-langkahnya!


2. Membantu dalam Mengurangi Resiko Penipuan

Data Science juga berfungsi dalam mengurangi resiko penipuan bagi bisnis. Dengan menggunakan ilmu tersebut, Data Scientist akan memiliki kemampuan dalam melakukan identifikasi data yang menonjol dengan cara membuat statistik, jaringan, metodologi hingga jalur Big Data. Tujuannya, untuk memprediksi jika ada kecurangan dan membuat peringatan secara cepat. Di era digital seperti sekarang, bisnis sering dilakukan secara online dan tentunya memanfaatkan internet dalam pelaksanaannya. Hal tersebut menyebabkan persebaran data yang meningkat dan banyak setiap harinya. Meskipun mempermudah dalam melakukan akses data, bisnis dan transaksi online seringkali justru menjadi sumber kejahatan karena lemahnya privasi yang diberlakukan. 


3. Melakukan Prediksi terhadap Bisnis

Di era digital seperti sekarang, bisnis kecil maupun besar bergantung pada data karena hasil pengelolaannya dapat memberikan prediksi, kredibilitas maupun keuntungan bagi sebuah bisnis. Fungsi Data Science dalam bisnis ini juga terlihat dengan melakukan prediksi terhadap bisnis. Hasil data perusahaan atau startup yang diolah dengan menerapkan Data Science seperti hasil penjualan, jumlah pelanggan dan sebagainya dapat menjadi insight bagi tim perusahaan untuk melakukan prediksi mengenai masa depan bisnis seperti produk, customer, peningkatan pelayanan dan sebagainya. Hal ini sangat penting dan berpengaruh dalam bisnis karena berperan dalam pengambilan keputusan untuk masa depan bisnis itu sendiri.


Baca juga : Mulai Belajar Data Science GRATIS bersama DQLab selama 1 Bulan Sekarang!


4. Membantu Tim Marketing Memahami Customer Secara Rinci

Bagi siapa saja yang menjalankan sebuah bisnis, tentu harus memahami customer mereka secara rinci agar produk atau layanan yang dihasilkan dapat bersifat relevan. Penerapan Data Science juga berfungsi dalam membantu tim Sales & Marketing untuk mengetahui informasi mengenai customer. Hasil yang diperoleh seperti data demografis, SES, data geografis dan data psikografis dapat menjadi insight bagi tim dalam bisnis untuk menghasilkan produk dan layanan yang memenuhi kebutuhan customer serta insight mengenai bagaimana melakukan pendekatan kepada customer melalui berbagai media komunikasi. Memahami customer secara rinci dan baik tentu sangat berpengaruh bagi sebuah bisnis untuk lebih maju daripada pesaingnya.


5. Tertarik Belajar Data Science untuk Memulai Karir di Bidang Bisnis? Yuk, Mulai  Belajar Bersama DQLab!

Di era digital seperti sekarang, industri bisnis mengalami pertumbuhan yang sangat pesat. Dengan memanfaatkan internet, media sosial dan transaksi online, sebuah bisnis perlu menerapkan Data Science agar data yang diperoleh dapat berfungsi serta dimanfaatkan dengan baik. Gimana? Tertarik untuk menerapkan Data Science saat memulai karirmu di bidang bisnis?


Yuk, belajar Data Science bersama  DQLab dengan cara sign up di DQLab.id. Kamu bisa langsung nikmati pengalaman belajar Data Science dengan modul gratis secara praktis dan fleksibel. Tunggu apa lagi? Persiapkan diri kamu menjadi praktisi data yang handal memulai dengan DQLab!



Sign Up & Mulai Belajar Gratis di DQLab!