PROMO BACK TO SCHOOL, HEMATNYA SERU! DISKON 95% + Cashback*
Cuma Rp 159K bisa belajar data science 6 bulan
BURUAN SERBU!
Pendaftaran ditutup dalam 1 Hari 17 Jam 47 Menit 35 Detik 

Mengenal Data Analyst & Skill Penting untuk Menjadi Andal

Belajar Data Science di Rumah 07-Juni-2022
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/75482e9d3493ba16eb50a79786ab8225_x_Thumbnail800.jpg

Kompetensi Data Analyst sangat menjadi penentu untuk keberlangsungan karir bagi seorang Data Analyst di era Big Data seperti ini. Profesi seorang Data Analyst adalah menggunakan dan mengolah kumpulan data untuk membantu perusahaan dalam membuat suatu keputusan bisnis yang lebih baik. Untuk itu, tentu seorang Data Analyst harus membutuhkan berbagai kompetensi yang sesuai. Banyaknya peminat dan perusahaan yang membutuhkan, mengharuskan setiap orang yang ingin menjadi Data Analyst harus memenuhi syarat yang telah ditentukan.


Tidak jarang perusahaan yang baru awal membuka lowongan pekerjaan di seputar Data Scientist, Data Analyst, Data Engineer dan kawan-kawannya. Namun belum benar-benar memahami perbedaan antar masing-masing role tersebut. Tidak jarang pula job-seeker yang masih bingung mengenai perbedaan diantaranya. Apa sebenarnya role Data Analyst? Apa yang membedakannya dengan Data Scientist atau Data Engineer? Apabila kamu ingin memulai karir di bidang data, maka kamu harus benar-benar memahami peran serta tanggung jawab pekerjaan mu tersebut.


Melalui artikel kali ini, DQLab akan berbagi pengetahuan mengenai tanggung jawab, skill dan role dari seorang Data Analyst. Penasaran seperti apa? Yuk kita simak bersama!


1. Apa Itu Data Analyst?

Data Analyst adalah pekerjaan yang berhubungan dengan segala jenis data dan bertanggung jawab untuk menerjemahkan data tersebut, sehingga dapat diolah dan dijadikan laporan untuk membantu proses manajemen dan pengolahan data perusahaan. Data Analyst juga dapat dikatakan sebagai orang yang bertugas untuk menganalisis data untuk meningkatkan keuntungan, dan kredibilitas suatu perusahaan.


Karena profesi ini bekerja dengan data berupa angka, umumnya Data Analyst memiliki background pendidikan yang berasal dari ilmu yang berkaitan dengan IT, Statistika/Matematika dan Bisnis. Akan tetapi, ini tidak menutup kemungkinan bagi siapa saja yang ingin berkarir di bidang ini namun bukan berasal dari background pendidikan seperti di atas.


Ada banyak jalan menuju Roma! Kamu bisa jago Data Science dengan belajar dan mengembangkan skill dengan mengikuti kelas khusus atau bergabung di komunitas Data Science.


Skill seperti apa sih yang wajib dikuasai jika ingin menjadi seorang Data Analyst?


Baca juga : Kenali Perbedaan Data Scientist, Data Analyst dan Data Engineer


2. Skill Data Mining

data analyst

(source: netsuite.com)


Mengoperasikan data mining adalah proses menemukan sebuah pengetahuan yang berharga dan tersembunyi dengan menganalisis sejumlah data yang disimpan dalam gudang data. Kemampuan ini merupakan salah satu skill yang diperlukan oleh Data Analyst karena data mining merupakan aplikasi utama dalam inisiatif Business Intelligence dan dapat membantu dalam menemukan wawasan dari sejumlah data. Hal ini dilakukan dengan menggunakan berbagai teknik data mining seperti AI (Artificial Intelligence), Machine Learning, dan statistik.


3. Presentation Skills

data analyst

Presentation skills adalah skill yang sangat dibutuhkan oleh seorang Data Analyst. Keterampilan visualisasi dan presentasi data merupakan salah satu bagian dari public speaking atau kemampuan berbicara di depan publik yang sangat dibutuhkan untuk menjadi seorang Data Analyst, terutama bagi mereka yang pekerjaannya selalu berhubungan dengan orang atau pihak dari luar perusahaan.


4. Data Warehousing Skills

data analyst

(source: corporatefinanceinstitute.com)


Saat kamu belajar menganalisis data, pasti akan menemukan istilah Data Warehouse. Seperti yang kita ketahui, tugas dari seorang Data Analyst adalah mengelola, mengatur, dan menganalisis data. Dengan begitu salah satu hard skill yang dibutuhkan adalah Data Warehousing, yaitu proses pembuatan sistem penyimpanan dan organisasi virtual bagi perusahaan. Nantinya data yang sudah tersimpan selanjutnya dikelola, diatur, dan dianalisis.


Data Warehouse berorientasikan tema memiliki keunggulan dalam integrasi, stabilitas dan berkualitas tinggi. Oleh karena itu, menganalisis data berdasarkan Data Warehouse dapat memastikan kualitas dan integritas data. Inilah yang menjadi alasan mengapa seorang Data Analyst perlu memiliki skill Data Warehousing.


Baca juga : Data Analyst vs Data Scientist, Yuk Kenali Perbedaannya 


Kabar gembira buat kalian-kalian semua yang ingin belajar skill-skill untuk menjadi Data Analyst! Kalian bisa cobain beberapa rekomendasi toolsnya nih. Ada SQL, Python, dan tools dalam menunjang visualisasi data seperti Tableau dan Power BI.


Kini sahabat data DQLab sudah tidak perlu khawatir lagi. Karena sekarang telah tersedia roadmap pembelajaran berupa Data Analyst Career Track DQLab! Dengan roadmap yang telah dirancang khusus untuk instruktur dan modul-modul lengkap, kamu bisa menjadi lebih siap dengan perbekalannya menjadi seorang Data Analyst. 


Dengan belajar Data Science di DQLab sekarang tidak perlu install software lagi. Kamu bisa langsung belajar dari sekarang karena dataset yang telah disediakan sudah sudah terintegrasi dengan live code editor. So, tunggu apalagi, buruan Sign Up sekarang di DQLab.id ya!




Postingan Terkait

Sign Up & Mulai Belajar Gratis di DQLab!