FLASH PROMO!! AKSES PAKET DATA SCIENCE 6 BULAN 180K!
Diskon Spesial 90% + 50% Belajar Data Science Bersertifikat
SERBU DISINI!
Pendaftaran ditutup dalam 0 Hari 4 Jam 21 Menit 13 Detik 

Mengenal Data Analyst dari Peran Hingga Tanggung Jawab

Belajar Data Science di Rumah 05-Juli-2022
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/40941a2f2df30882f9b41e374d27e15b_x_Thumbnail800.jpg

Sahabat DQ pasti merasakan bahwa sekarang, hampir semua hal dilakukan dengan menggunakan pendekatan digital, khususnya dalam hal bisnis. Banyak pebisnis melakukan riset pasar guna mengoptimasi bisnis mereka. Nah, untuk mengoptimalkan bisnis kamu ngga cuma perlu menggunakan pendekatan behavior target pasar tapi, kamu juga harus dituntut untuk memnfaatkan data dari target pasar berdasarkan pencarian dan pembahasan yang sering mereka lakukan di internet. Oleh karena itu, sekarang profesi data analyst semakin dilirik oleh perusahaan baik dilevel company hingga start up.


Tahukah kamu? berdasarkan hasil laporan World Economic Forum tahun 2020 yang dilansir dalam careerfoundry.com, data analyst menjadi salah satu dari tujuh profesi yang paling menantang sekaligus banyak dicari oleh perusahaan untuk kepentingan bisnis dan keamanan siber (cyber security).  Lantas, sebenarnya data analyst itu apa sih? Apa saja peran dan tanggung jawabnya? Background pendidikan apa saja sih yang seharusnya dimiliki untuk berkarir di bidang data analyst? Dan bagaimana tentang jenjang karir seorang data analyst? Semua akan DQLab bahas dalam artikel dibawah ini. Jadi, simak terus artikel ini ya!


1. Mengenal Profesi Data Analyst Lebih Dekat

data analyst

Data analyst merupakan salah satu profesi primadona saat ini, yang memiliki tanggung jawab, untuk memahami sumber data lalu menerjemahkan data agar dapat diolah dan dijadikan laporan dalam bentuk grafik/gambar yang hasilnya akan disampaikan pada pihak terkait sebagai suatu pendukung keputusan guna membantu proses peningkatan bisnis, manajemen dan pengolahan data di suatu perusahaan.


Tak heran jika, profesi ini dibutuhkan hampir di semua industri sehingga peluang kerja kamu akan semakin besar. Kamu bisa bekerja di industri transportasi, perbankan, kesehatanm, asuransi, dan banyak lainnya, ngga hanya di sekitaran industri teknologi saja. Jika kamu suka bermain dengan angka, fungsi aljabaw dan senang bekerja dalam tim nampaknya profesi sebagai data analyst sangat cocok untukmu.


2. Peran dan Tanggung Jawabnya

data analyst


Adapun peran dan tanggung jawab seorang data analyst adalah untuk merancang dan memelihara sistem data dan database, memperoleh data baik itu dari sumber data primer atau sekunder atau keduanya kemudian mengatur ulang data tersebut dalam format yang dapat dengan mudah dibaca,  menggunakan alat statistik untuk menafsirkan kumpulan data, menyiapkan laporan untuk atasan perusahaan yang secara efektif mengkomunikasikan tren, pola dan prediksi menggunakan data yang relevan, berkolaborasi dengan programmer, engineer dan pemimpin organisasi, serta membuat dokumentasi yang sesuai untuk pemimpin perusahaan dalam memahami langkah-langkah proses analisis data untuk kepentingan perusahaan di masa depan.


3. Jenjang Karir

data analyst

Jika kamu masih pemula dan tidak memiliki pengalaman sebagai seorang data analyst, kamu bisa memulai karir sebagai data analyst entry level dimana masih memiliki tugas yang masih sangat sederhana. Tapi, jika kamu yang sudah memiliki pengalaman yang cukup di bidang data analyst, mampu manganalilsis data dengan baik dan bertanggung jawab kepada data analyst senior kamu bisa memulai karir sebagai seorang data analyst junior. 


Sementara buat kamu yang sudah memiliki pengalaman yang baik di bidang data analyst kamu bisa naik level menjadai data analyst senior, mereka yang sudah memiliki jam terbang tinggi dalam profesi data analyst, biasanya bertanggung jawab atas berbagai tugas dalam perusahaan. Data analyst senior langsung bertanggung jawab terhadap pimpinan perusahaan dan menjembatani antara pihak manajemen perusahaan dengan tim data analyst di perusahaan tersebut.


4. Background Pendidikan yang Harus Dimiliki

data analyst

Untuk menunjang pengetahuan kamu sekaligus mengantarkan kamu menjadi seoranga data analyst, setidaknya ada 2 jalur. Yang pertama, kamu bisa berangkat dari beberapa jurusan yang dapat mengantarkan kamu menjadi seorang data analyst antara lain, ilmu ekonomi, matematika, statistika, dan ilmu komputer. Yang kedua kamu bisa berangkat dengan mengikuti bootcamp atau kursus data science seperti lembaga kursus DQLab.


Tidak hanya modul dan materi-materi yang disusun oleh para praktisi data yang berpengalaman, belajar DQLab juga membiasakan kita untuk belajar lebih atraktif dengan berbasiskan learning by doing melalui live code yang interktif. Selain itu, DQLab juga memberikan beberapa modul atau kelas gratis yang bisa kamu nikmati cukup dengan sign up ke website resmi DQLab.

data analystdata analyst

Dengan modul dan materi yang update, belajar data analyst menjadi lebih mudah dan terstruktur dan menyenangkan bersama DQLab. Karena terdiri dari modul-modul up-to-date dan sesuai dengan penerapan industri yang disusun oleh mentor-mentor professional. Yuk, belajar terstruktur dan lebih interaktif caranya dengan Sign Up sekarang untuk #MulaiBelajarData di DQLab:


  • Buat Akun Gratis dengan Signup di DQLab.id/signup atau isi form dibawah ini ya!

  • Selesaikan modulenya, dapatkan sertifikat & reward menarik dari DQLab

Subscribe DQLab.id untuk Akses Semua Module Premium! cukup dengan Sign up sekarang di DQLab.id untuk nikmati pengalaman belajar yang seru dan menyenangkan!

 

 


Mulai Belajar
Data Science Sekarang
Bersama DQLab

Buat Akun Belajarmu & Mulai Langkah
Kecilmu Mengenal Data Science.

Buat Akun Gratis Dengan :

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/8be7fae4b69abead22aa9296bcab7b4b.jpg Sign-Up dengan Google

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/d0aa879292fb427c0978d2a12b416e98.jpg Sign-Up dengan Facebook

Atau Buat Dengan :