DQLab Super Giveaway! Belajar Data Science 6 Bulan hanya Rp.99.000! DAFTAR

Pakai Kode: KUPON99K. Berakhir 0 Days 21 Jam : 32 Menit : 47 Detik

Mengenal Data Analytics, Yuk Persiapkan Dirimu untuk Berkarir di Industri Data yang Sebenarnya!

Belajar Data Science di Rumah 25-Agustus-2020
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/366218f6a92ba4863280528f0d745a12_x_Thumbnail800.jpg

Tren Data Analytics sejak 2018 hingga saat ini mulai masif terdengar di telinga masyarakat Indonesia. Hal ini tentunya mempengaruhi banyak sekali perusahaan di dunia untuk sesegera mungkin menerapkannya di era industri 4.0. Data analytics banyak digunakan pada industri komersil karena sangat memudahkan proses pengolahan data untuk menghasilkan informasi yang akurat demi pertimbangan keberlanjutan bisnis.

Data Analytics dapat memberikanmu kemudahan dalam dunia bisnis. Beberapa hal yang akan kamu dapatkan jika menggunakan data analytics adalah optimalisasi proses pemasaran produk, peningkatan efisiensi kinerja operasional, hingga untuk meningkatkan pendapatan perusahaan. 

Yuk simak bersama, mengapa data analytics saling berhubungan dalam dunia industri bersama DQLab!

1. Apa itu Data Analytics?

Data Analytics adalah proses penemuan tren melalui pengelolaan data mentah dengan menggunakan berbagai teknik untuk menjawab pertanyaan baik dalam bidang bisnis ataupun bidang lainnya sehingga dapat mendukung pengambilan keputusan. Data analytics digunakan karena proses manual atau tradisional yang sering dilakukan sudah tidak dapat menampung banyaknya data yang juga variatif. Sehingga, data analytics sangat berperan dalam dunia bisnis dan menghasilkan keputusan yang ilmiah untuk keberlanjutan operasional bisnis lebih efektif. 

2. Tipe Data Analytics yang Wajib Kamu Ketahui

Karena data analytics adalah bidang yang cukup luas, yukk kenali empat jenis utama Data Analytics yang perlu kamu tahu dimana setiap jenisnya memiliki tujuan yang berbeda dan juga tempat yang berbeda dalam data analytics.

Descriptive Analytics

Descriptive analytics membantu kamu untuk mendapatkan jawaban atas pertanyaan “apa yang terjadi” di dalam industri yang sedang kamu tangani. Proses ini membutuhkan tahapan seperti pengumpulan data yang relevan, pengolahan data, analisis data hingga visualisasi data serta memberikan wawasan penting tentang kinerja masa lalu. 

Diagnostic Analytics

Diagnostic analytics membantu kamu untuk mendapatkan jawaban atas pertanyaan “mengapa bisa terjadi”. Tipe ini merupakan keberlanjutan dari hasil descriptive analytics yang telah kamu buat lho. 

Predictive Analytics

Predictive analytics menjawab pertanyaan kamu tentang “apa yang akan terjadi di masa depan”. Jika kamu melakukan predictive analytics ini, kamu juga akan menerapkan berbagai teknik statistik dan machine learning.

Prescriptive Analytics

Tipe perspective analytics akan memberikanmu informasi tentang “apa yang harus dilakukan”. Nah, dengan tipe yang ini kamu sudah dapat membuat kebijakan berdasarkan data untuk bisnis yang sedang kamu jalani. 

3. Mengapa Data Analytics Digunakan untuk Berbisnis?

Esensi data analytics yang mempercepat pemrosesan data menjadi informasi yang berguna untuk bisnis yang tentunya sangat dibutuhkan dalam meningkatkan revenue perusahaan. Karena data analytics dapat mengoptimalisasi efisiensi diberbagai bidang industri. Selain itu, Data analytics akan menghasilkan beberapa output untuk memudahkan indutri bisnis kamu, diantaranya sebagai berikut.

Optimalisasi proses pemasaran produk

Salah satu keuntungan penggunaan Data Analytics adalah untuk mengoptimalisasi proses pemasaran produk. Hal ini akan mempercepat penjualan stock barang yang tersisa, misalnya dengan membuat paket produk terbaru berdasarkan analisis penjualan yang sudah dilakukan.

Peningkatan efisiensi kinerja operasional

Peningkatan kinerja operasional akan menjadi dampak selanjutnya dalam penggunaan data analytics pada bisnis kamu. Kinerja operasional yang efisien akan mereduce pembiayaan operasional yang kadang tidak telalu penting untuk bisnismu.

Meningkatkan pendapatan perusahaan

Dampak lainnya adalah peningkatan pendapatan perusahaan yang akan menambah revenue bisnismu, dan dapat digunakan untuk hal hal lainnya.

4. Tertarik Memperdalam Kompetensi Data Analytics? Yuk, Mulai Belajar Data Science Gratis sekarang!

Terapkan ilmunya sekarang dengan bergabung bersama platform belajar online DQLab! Selain bisa meningkatkan ilmu data yang dimiliki, kamu juga bisa membangun portofolio datamu di DQLab guna mempersiapkan dirimu berkarir di industri data. 

Sign Up untuk nikmati module GRATIS “Introduction to Data Science” dengan pengalaman belajar yang seru menyenangkan serta aplikatif pada industri nyata! Untuk kamu yang ingin mulai belajar Data Science atau siap berkarir jadi Data Analyst, Data Scientist, dan Data Engineer, persiapkan diri kamu dengan tepat sekarang. Tidak ada kata terlambat untuk belajar. Yuk #MulaiBelajarData di DQLab.

Dengan belajar di DQLab, kamu bisa:

  • Menerapkan teknik mengolah data kotor, hasilkan visualisasi data dan model prediksi dengan studi kasus Retail dan Finansial

  • Dapatkan sesi konsultasi langsung dengan praktisi data lewat data mentoring

  • Bangun portofolio data langsung dari praktisi data Industri

  • Akses Forum DQLab untuk berdiskusi.

Simak informasi di bawah ini untuk mengakses gratis module ‘Introduction to Data Science’:

  1. Buat Akun Gratis dengan Signup di DQLab.id/signup

  2. Akses module Introduction to Data Science

  3. Selesaikan modulenya, dapatkan sertifikat & reward menarik dari DQLab


Penulis : Tantut Wahyu

Editor : Annissa Widya Davita


Share

Postingan Terkait

Mulai Bangun Karirmu Bersama DQLab!