[LAST DAY] PAYDAY SURPRISE SALE!
Belajar Data 6 Bulan Hanya Rp. 99K
0 Hari 16 Jam 58 Menit 34 Detik

Mengenal Data Engineer & Daily Toolsnya

Belajar Data Science di Rumah 28-Maret-2023
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/f5dcac4f2a6e698e555372ec7a16046e_x_Thumbnail800.jpeg

Data Engineer adalah salah satu profesi yang cukup dibutuhkan keberadaannya, terutama dalam proses pengolahan big data. Big data tidak hanya sekadar data yang memiliki volume besar, namun juga ada beberapa kriteria lainnya. Misalkan dari segi jenis yang semakin beragam. Kita bisa mengelompokkannya menjadi tiga kelas, yaitu data terstruktur, semi terstruktur, dan data yang tidak terstruktur. Selain itu big data juga merupakan data yang bertambah dengan sangat cepat, setiap detik nya akan terus memproduksi data baru.


Data menjadi hal yang sangat berharga karena bisa menunjang para stakeholder dalam mengambil keputusan yang tepat sehingga bisa meminimalisir kerugian serta memaksimalkan keuntungan. Sayangnya, data yang berukuran besar dengan jenis yang beragam dan penambahan yang sangat cepat juga menjadi masalah baru. Kita tidak bisa lagi mengolah data menggunakan cara lama. Hal ini yang kemudian membuat kita mulai membutuhkan ilmu Data Science untuk memproses data.


Data Engineer adalah salah satu profesi yang harus menguasai ilmu Data Science. Dalam artikel ini kita akan banyak membahas mengenai Data Engineer dan tools yang akan digunakan dalam pengolahan data. Yuk, simak pembahasannya!


1.Mengenal Data Engineer

Data Engineer

Data Engineer merupakan profesi praktisi data yang bertugas untuk membangun, memelihara, serta mengoptimalkan infrastruktur data yang nantinya akan digunakan untuk menyimpan, memproses, serta mengakses data. Singkatnya, Data Engineer akan membersihkan data mentah dan melakukan data warehouse sehingga data tersebut siap diolah oleh praktisi data lainnya seperti Data Analyst dan Data Scientist. 


Data Engineer termasuk salah satu profesi dengan permintaan tertinggi di dunia menurut laporan dari Dice Tech Jobs di tahun 2020. IDC (International Data Corporation) bahkan memperkirakan tingkat pertumbuhan tahunan secara keseluruhan mencapai 23% generasi data baru selama tahun 2020-2025, yaitu sekitar 175 ZB data di tahun 2025. Sehingga akan sangat wajar jika kebutuhan akan praktisi data khusus nya Data Engineer akan terus bertambah.


Baca juga : Mengenal Data Engineer dan Prospek Karirnya


2. Alasan Membutuhkan Data Engineering Tools

Data Engineer

Data Engineering tools merupakan aplikasi khusus yang berguna untuk membangun data pipeline serta merancang algoritma menjadi lebih mudah dan lebih efisien.Tools ini akan mempermudah pekerjaan Data Engineer. Alasan lain Data Engineer membutuhkan data engineering tools adalah karena alat tersebut dapat mendukung proses transformasi data. Seperti yang sudah dijabarkan sebelumnya, tipe data dari big data sangat beragam. Bisa berupa data terstruktur, semi terstruktur, tidak terstruktur, atau format lainnya. Oleh karena itu, para Data Engineer membutuhkan alat transformasi data untuk mengubah dan mengolah data besar menjadi format yang diinginkan.


3. Apa Saja Data Engineer Tools

Data Engineer

Data Engineer tools sangat beragam jenisnya. Beberapa tools yang umum digunakan adalah:

  • Python: Data Engineer akan menggunakan Python untuk membuat coding ETL (Extract, Transform, Load) framework, interaksi API (Application Programming Interface), otomatisasi, dan tugas penyimpanan data seperti membentuk data, agregasi, menggabungkan data dari beberapa sumber yang berbeda, dan masih banyak lagi.

  • Sistem penyerapan data seperti Kafka, misalnya, menawarkan proses penyerapan data yang mulus dan cepat serta memungkinkan para Data Engineer untuk menemukan sumber data yang sesuai, menganalisisnya, dan mencerna data untuk diproses lebih lanjut.

  • Database tools seperti SQL, NoSQL, dll., yang memungkinkan Data Engineer memperoleh, menganalisis, memproses, dan mengelola data dengan volume yang sangat besar secara sederhana dan efisien.

  • Visualisasi tools seperti Tableau dan Power BI memungkinkan Data Engineer menghasilkan insight berharga dan membuat dashboard interaktif.


4.Tools Terbaik untuk Data Engineer

Data Engineer

Diantara banyaknya tools yang bisa digunakan oleh Data Engineer, kita pasti akan bertanya tanya, kira-kira tools mana sih yang paling terbaik untuk digunakan oleh Data Engineer. Jawabannya adalah tergantung kebutuhan masing-masing. Jika ingin mengakses database, sudah pasti tools terbaiknya adalah database tools seperti SQL, NoSQL, dll. Sementara jika ingin membuat visualisasi, maka sudah pasti tools terbaiknya adalah visualisasi tools seperti Tableau, Power BI, dll.


Namun disebutkan dari berbagai sumber, hingga saat ini Python masih menjadi bahasa pemrograman favorit para Data Engineer. Hal ini disebabkan karena Python yang fleksibel untuk menyelesaikan banyak pekerjaan. Hal itu juga didukung dengan banyaknya library yang tersedia.


Baca juga : Data Enginer VS Data Scientist


Pekerjaan Data Engineer memang cukup berbeda dengan Data Analyst dan Data Scientist. Jika pada Data Analyst dan Data Scientist akan mengolah data yang sudah siap, maka Data Engineer lah orang yang bertugas untuk mempersiapkan data yang akan diolah oleh Data Analyst dan Data Scientist. Adanya tools dan bahasa pemrograman tentu bertujuan untuk mempermudah pekerjaan Data Engineer, mengingat seorang Data Engineer akan akrab dengan data yang berukuran besar.


Data Engineer bisa kamu jadikan sebagai salah satu tujuan karir mu mengingat kebutuhan akan profesi ini disebutkan akan terus mengalami kenaikan. Untuk bisa menjadi Data Engineer, kamu bisa mulai dengan mempelajari modul-modul Python, R, dan Tableau yang disediakan oleh DQLab. Jika masih belum yakin untuk bergabung menjadi member premium, kamu juga bisa memanfaatkan free modul yang ada, yaitu modul “Introduction to Data Science with R” dan modul “Introduction to Data Science with Python”. Yuk, tunggu apa lagi, buruan daftar dan kejar impianmu untuk menjadi Data Engineer!


Penulis : Gifa Delyani Nursyafitri

Berikan Penilaian Kamu

Mulai Karier
sebagai Praktisi Data
Bersama DQLab

Daftar sekarang dan ambil langkah pertamamu untuk mengenal Data Science.

Buat Akun Gratis Dengan :

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/8be7fae4b69abead22aa9296bcab7b4b.jpg Sign-Up dengan Google

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/d0aa879292fb427c0978d2a12b416e98.jpg Sign-Up dengan Facebook

Atau Buat Dengan :