DQLab Super Giveaway! Belajar Data Science 6 Bulan hanya Rp.99.000! DAFTAR

Pakai Kode: KUPON99K. Berakhir 2 Days 16 Jam : 24 Menit : 24 Detik

Mengenal Data Science: 3 Pertanyaan Interview Ini Harus Kamu Ketahui

Belajar Data Science di Rumah 08-Desember-2020
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/ce38d73aae71b3901c11671c9c2f2552_x_Thumbnail800.jpg

Mengenal Data Science akan membantumu berkarir di bidang IT, salah satunya adalah Data Scientist. Jika kamu ingin berkarir di bidang ini, persiapkan diri untuk menghadapi pertanyaan interview Data Scientist. Sangat penting untuk memahami lebih dalam disiplin ilmu yang berkaitan dengan Data Science. Untuk itu, DQLab akan memberikan beberapa referensi daftar pertanyaan yang sering muncul saat interview Data Scientist.

Jika kamu adalah pemula di dunia Data Science, tenang saja karena setiap orang memiliki kesempatan yang sama untuk mempelajarinya dengan mengikuti kursus Data Science. Karena pada dasarnya ilmu Data Science tidak hanya terbatas di background pendidikan tertentu, mengingat pada era digital transformation saat ini, ilmu ini dapat digunakan di semua lini bisnis. Agar proses interview berjalan lancar, kamu perlu tahu apa saja pertanyaan interview untuk Data Scientist di bawah ini. Yuk langsung saja kita simak!

 

1. Pengertian Data Science dan Tanggung Jawab Data Scientist

Pertanyaan utama yang akan muncul saat interview pastinya mengenai pemahaman kamu tentang Data Science dan juga apa saja tanggung jawab seorang Data Scientist. Data science adalah kombinasi dari berbagai algoritma, alat, dan pembelajaran mesin dengan tujuan menemukan pola tersembunyi pada suatu data mentah. Yang membedakannya dengan yang para ahli statistik terletak pada kata “menjelaskan” dan “memprediksi”.

Tugas dan tanggung jawab Data Scientist terdiri dari 4 hal yaitu, melakukan analisis data perusahaan, menjamin kualitas dan keamanan data perusahaan, melakukan penelitian data, dan riset terhadap big data. Seorang Data Scientist akan mengolah dan mengerjakan Exploratory Data Analysis, Machine Learning & Advanced Algorithms, dan Data Product Engineering.

Baca juga : Ini yang Akan Kamu Pelajari di Kelas Data Science DQLab!

 

2. Keterampilan Apa Saja yang Perlu Dimiliki Seorang Data Scientist

Skill utama data scientist di antaranya adalah kalkulus dan aljabar linear, pemrograman dasar, statistika dasar, machine learning, software engineering. Ada juga beberapa keterampilan yang setidaknya perlu dimiliki dan akan berguna ketika melakukan analisis data menggunakan Python, berikut adalah:

  • Menguasai NumPy Arrays

  • Menguasai Pandas dataframes

  • Paham dengan baik tentang tipe data bawaan

  • Mengetahui kapan harus menggunakan Anaconda distribution dan the conda package manager

  • Familiar dengan Scikit-learn

  • Mengetahui cara membuat profil kinerja skrip Python dan cara mengoptimalkan bottlenecks

  • Dan lain-lain.

 

3. Bagaimana cara kamu menjelaskan regresi linier kepada Business Executive Dan Apa Saja Model Alternatifnya

Regresi linear merupakan pendekatan untuk memodelkan hubungan antara variabel X (bebas) dan variabel Y (terikat). Pertanyaan interview ini tujuannya selain untuk mengetahui apakah kamu memiliki pengetahuan yang baik tentang regresi linier tapi juga untuk menguji apakah kamu dapat menjelaskannya kepada mereka yang non-teknis. Kamu cukup menjelaskan garis besarnya tentang apa itu regresi linear dan bagaimana pengaplikasiannya dalam pengolahan data secara singkat.

Untuk model alternatif yang dapat digunakan selain regresi linier, jika pewawancara cukup memahami ilmu data, kamu dapat menjelaskan model lain seperti model Random Forest, SVM, dan Neural Nets. 

Baca juga : 3 Contoh Penerapan Data Science yang Sangat Berguna di Dunia Perindustrian

 

4. Tertarik? Yuk, Belajar Data Science Gratis sekarang!!

Tidak memiliki background IT? Jangan khawatir, kamu tetap bisa menguasai Ilmu Data Science untuk siap berkarir di revolusi industri 4.0. Bangun proyek dan portofolio datamu bersama DQLab untuk mulai berkarir di industri! Sign up sekarang untuk #MulaiBelajarData di DQLab!

Simak informasi di bawah ini untuk mengakses gratis module ‘Introduction to Data Science’:

1. Buat Akun Gratis dengan Signup di DQLab.id/signup

2. Akses module Introduction to Data Science

3. Selesaikan modulenya, dapatkan sertifikat & reward menarik dari DQLab

4. Subscribe DQLab.id untuk Akses Semua Module Premium!

 

Penulis : Salsabila Miftah Rezkia

Editor : Annissa Widya Davita

Share

Postingan Terkait

Mulai Bangun Karirmu Bersama DQLab!