MIDYEAR PROMO! Segera Beli Paket Premium Belajar Data Science 6 Bulan hanya Rp. 99.000. DAFTAR

Pakai Kode: DQMIDYEAR. Berakhir 0 Days 8 Jam : 14 Menit : 31 Detik

Apa itu Big Data? Mengenal Definisi, Peluang Baru yang Lahir, dan Tantangan Big Data

Belajar Data Science di Rumah 28-September-2020
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/517dc75a4e16cf9e5a52ce383a8a6375_x_Thumbnail800.jpg

Data menjadi sesuatu yang sangat penting dalam peradaban manusia di era digital ini. Bahkan data diibaratkan sebagai minyak bumi, sumber daya yang sangat mahal dan berharga. Faktanya, data memang digunakan sebagai “alat” untuk mendapatkan keuntungan oleh para pelaku bisnis. Di era ini, data-data akan terus dihasilkan oleh setiap orang di setiap hari, jam, menit bahkan detik. Sehingga hal ini kemudian melahirkan istilah big data.

Pentingnya big data, tidak hanya berdasarkan jumlah data yang dimiliki, namun hal apa yang bisa kita lakukan dengan data yang terstruktur maupun tidak terstruktur dalam jumlah besar tersebut. Nah, sebelum mulai menganalisa hal apa yang dapat dilakukan dengan “data besar” tersebut, ada beberapa hal-hal dasar dari big data yang harus dipahami. Apa saja hal-hal tersebut? Yuk simak penjelasan di bawah ini!

1. Apasih Definisi Big Data itu?

Big Data merupakan suatu trend di area yang luas dalam bidang bisnis dan teknologi. Pada dasarnya, big data mengarah ke arah teknologi dan inisiatif yang melibatkan data yang berukuran sangat besar, cepat berubah, serta sangat beragam sehingga akan sulit bagi teknologi yang konvensional untuk dapat menanganinya secara efektif. Atau dengan kata lain, big data merupakan data yang memiliki ukuran (volume), kepecatan (velocity), serta ragam (variety) yang sangat ekstrim untuk dikelola dengan menggunakan teknik konvensional.

Baca Juga : Belajar Big Data, Yuk Kenali 4 Hal tentang Big Data yang Perlu Kamu Ketahui!

2. Big Data, Big Opportunities

Tahu gak sih? Ternyata lahirnya big data membuka peluang baru yang sangat luas, loh. Ada banyak hal-hal baru yang bisa dijadikan “bantuan” untuk mendapatkan insight yang tepat. Teman-teman pasti mengenal Twitter kan? Nah, satu tweet yang ditulis oleh “mutual” kalian mungkin hanya sebuah lelucon, tapi ternyata dari berjuta-juta tweet bisa menggambarkan trend yang sedang terjadi. Contoh lainnya adalah di dalam dunia kesehatan. Satu diagnosis terhadap pasien mungkin hanya sebuah kasus khusus, namun ternyata berjuta-juta informasi medis bisa mengarah ke arah penyembuhan, loh!

3. Tantangan Big Data

Tentunya dengan lahirnya big data, membawa banyak tantangan serta masalah baru dalam kehidupan, khususnya di dunia industri. Tantangan yang pertama adalah bagaimana kita dapat mengelola volume, velocity, dan variety dari data secara efektif, baik itu dari segi waktu maupun dari segi keuangan. Tantangan lainnya adalah bagaimana caranya agar kita bisa mendapatkan insight dengan tepat dari begitu banyak data yang terstruktur maupun yang tidak terstruktur. 

Baca Juga : Big Data : Yuk, Kenali Konsep Big Data dan Hadapi Revolusi Industri 4.0 Bersama DQLab!

4. Tertarik? Yuk, Belajar Data Science Gratis sekarang!!

Terapkan ilmunya sekarang dengan bergabung bersama platform belajar online DQLab! Selain bisa meningkatkan ilmu data yang dimiliki, kamu juga bisa membangun portofolio datamu di DQLab guna mempersiapkan dirimu berkarir di industri data. 

Sign Up untuk nikmati module GRATIS “Introduction to Data Science” dengan pengalaman belajar yang seru menyenangkan serta aplikatif pada industri nyata! Untuk kamu yang ingin mulai belajar Data Science atau siap berkarir jadi Data Analyst, Data Scientist, dan Data Engineer, persiapkan diri kamu dengan tepat sekarang. Tidak ada kata terlambat untuk belajar. Yuk #MulaiBelajarData di DQLab.

Dengan belajar di DQLab, kamu bisa:

  • Menerapkan teknik mengolah data kotor, hasilkan visualisasi data dan model prediksi dengan studi kasus Retail dan Finansial

  • Dapatkan sesi konsultasi langsung dengan praktisi data lewat data mentoring

  • Bangun portofolio data langsung dari praktisi data Industri

  • Akses Forum DQLab untuk berdiskusi.

Simak informasi di bawah ini untuk mengakses gratis module ‘Introduction to Data Science’:

  1. Buat Akun Gratis dengan Signup di DQLab.id/signup

  2. Akses module Introduction to Data Science

  3. Selesaikan modulenya, dapatkan sertifikat & reward menarik dari DQLab.

Penulis : Gifa Delyani 

Editor : Annissa Widya Davita

Share

Postingan Terkait

Mulai Bangun Karirmu Bersama DQLab!