PROMO 12.12 YES! BELAJAR DATA SCIENCE 6 BULAN CUMA 122K!
Diskon Spesial 97% Belajar Data Science Bersertifikat!
SERBU DISINI!
Pendaftaran ditutup dalam 0 Hari 12 Jam 29 Menit 20 Detik 

Mengenal Excel untuk Membuat Grafik, Intip Cara Mudah bagi Pemula Sekalipun

Belajar Data Science di Rumah 10-September-2021
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/d365d14f336be86812ead3d5121f1164_x_Thumbnail800.jpg

Microsoft Excel merupakan sebuah aplikasi yang populer dalam melakukan pengolahan data dan umum digunakan oleh orang banyak, baik untuk melakukan kepentingan bekerja dalam perusahaan maupun bagi praktisi data dalam mengolah data agar menjadi lebih rapi dan terstruktur. Fitur-fitur dalam Excel pun juga lengkap, salah satunya adalah kamu bisa melakukan pengolahan data dan memvisualkan data tersebut sekaligus hanya dengan Excel. Visualisasi data merupakan salah satu keterampilan yang perlu dimiliki praktisi data karena dengan membuat bagan dan grafik menjadi salah satu cara terbaik agar data yang sudah diolah dapat dipahami bagi semua orang.


Perlu diketahui, pembelajaran menggunakan Excel pun tidak harus kamu memiliki latar belakang tertentu atau hanya untuk memenuhi job description pada lowongan kerja. Jika kamu menyukai atau ingin tahu cara bagaimana mengolah data agar bisa dipahami menggunakan grafik maka pada artikel DQLab ini sangatlah tepat untuk kamu! Penasaran caranya seperti apa? Yuk langsung saja simak pembahasan lengkap dengan contohnya!


1. Memasukkan Data ke dalam Excel

Pertama-tama, pastikan kamu sudah menyediakan data yang ingin diolah baik menggunakan PC maupun laptop. Jika sudah, masukkan data-data tersebut kedalam Excel baik data tersebut sudah kamu ekspor dari tempat lain seperti menggunakan alat sruvei atau kamu memasukkan datanya secara manual. Pada contoh kasus dibawah adalah pendataan pada survey yang telah diisi oleh pelanggan yang datang ke Toko "Mulia" di bulan September 2020.



Baca juga : Rumus Excel yang Paling Sering Digunakan dalam Dunia Kerja


2. Pilihlah Opsi Grafik yang Sesuai Dengan Keinginanmu

Di dalam fitur Excel kamu dapat memilih opsi yang sudah tersedia untuk memilih opsi membuat grafik. Adapun beberapa jenis grafik yang perlu kamu ketahui dan kegunaannya dalam mengolah data:

  • Column chart

    Grafik ini sering disebut dengan diagram batang yang digunakan untuk membandingkan nilai secara merata. Penggunaan ini biasanya untuk memperlihatkan data berkelanjutan sepanjang waktu, atau bisa digunakan untuk skala seperti "Sangat Setuju", "Setuju", "Netral", "Tidak Setuju", "Sangat Tidak Setuju" dan juga bisa dalam penggunaan semua lokasi, nama item, dan lainnya

  • Pie chart

    Grafik jenis ini berbentuk diagram lingkaran atau seperti donat. Biasanya grafik berbentuk lingkaran digunakan untuk mengetahui jumlah data yang dimasukkan dalam berbentuk persentase (%). Biasanya diagram atau pie chart ditemukan saat melakukan survey, hasil data yang sudah mengisi survey bisa menggunakan grafik lingkaran atau pie.

  • Line chart

    Adapun penggunaan grafik line atau garis yang paling sering digunakan dan cocok untuk data berkelanjutan dari waktu ke waktu, misalnya seperti mengidentifikasi trend atau pola, idealnya seperti bulan, tahun, kuartal, dan jangka waktu lainnya.

  • Bar chart

    Bentuk grafik ini menampilkan sebuah perbandingan antara beberapa item dengan lainnya dalam bentuk batang secara vertikal dan nilai sumbu secara horizontal. 

  • Scatterplot

    Salah satu jenis grafik yang sering digunakan oleh praktisi data dan jika kamu ingin mencobanya yaitu scatterplot. Jenis ini untuk menunjukkan hubungan antara dua seri data dan menentukan korelasinya. Scatterplot sangatlah bagus jika kamu ingin lebih lanjut melihat dan analisis pada data yang lebih maju atau advance.

Untuk mencari dan memilih opsi yang ada di Excel kamu cukup mencarinya di bagian "Insert"




3. Blok Cell dan Memasukan Grafik ke dalam Grafik

Dalam contoh kasus dibawah ini adalah menggunakan grafik batang dalam menyajikan data secara visual. Untuk membuat grafik batang sendiri yaitu:

  • Blok cell yang dipilih dan pastikan kamu sertakan judul untuk sumbu X dan sumbu Y


  • Jika sudah, pilih pada "Insert" kemudian kamu klik atau pilih "Column" icon.

  • Kemudian, kamu bisa pilih sesuai grafik yang kamu inginkan seperti 2-D atau 3-D dalam diagram batang yang ingin divisualisasikan dan hasilnya nanti akan seperti dibawah ini:


Adapun cara jika kamu ingin berlatih untuk mengingatnya, dengan melakukan "Reorder Data" atau melakukan pergantian pada data. Terdapat 3 langkah yang bisa kamu lakukan:

  • Klik kanan pada grafik batang dan pilih "Select Data", nanti akan muncul seperti dibawah ini

  • Kemudian kalian klik icon berbentuk panah atas/panah bawah untuk melakukan "Reorder Data"

  • Lalu lakukan "Reorder Data" dan tekan "OK" untuk melihat hasilnya

  • Jika kamu memiliki lebih dari dua data dalam cell, maka kamu bisa mengatur urutannya. Dengan melakukan blok Cell


  • Kemudian Klik "Data" bagian atas di Excel dan pilih "Sort". Kamu bisa mengurutkan berdasarkan terkecil ke terbesar atau sebaliknya


  • Lalu tekan "OK" dan hasilnya akan seperti dibawah ini


4. Beri Judul dan Export Grafik

Pada poin ini, merupakan poin yang paling mudah dan menyenangkan karena kamu hanya memberikan judul pada grafik yang telah kamu buat. Setelah kamu sudah membuat bagan atau grafik kemungkinan akan muncul pada grafik yaitu "Chart Title" atau "Judul Bagan" tergantung pada versi Excel yang kamu gunakan. Untuk mengubahnya kamu hanya menekan atau klik pada "Judul Bagan" kemudian kamu bebas menentukan judul sesuai keinginanmu!



Baca juga : Kenali Rumus IF pada 3 Kondisi dengan Excel


5. Yuk, Mulai Terapkan Ilmunya Bersama DQLab untuk Menghadapi Revolusi Industri 4.0!

Mudah bukan pengerjaannya? Jika kamu sudah melewati step atau poin-poin, kamu akan bisa membuat grafik atau bagan dengan cepat. Kegunaannya grafik dan Excel sangatlah bermanfaat, karena dengan memiliki keterampilan Excel dan bisa melakukan visualisasi data maka kamu selangkah lebih maju untuk bisa menjadi praktisi data yang handal. Praktisi data di era serba digital ini sudah banyak dicari oleh berbagai instansi atau perusahaan baik nasional maupun internasional. Jadi tunggu apa lagi? Kamu bisa bergabung dengan DQLab untuk menerapkan ilmu Data Science yang pastinya seru dan implikatif di dunia kerja nyata. Signup sekarang juga di DQLab dan nikmati FREE module œIntroduction to Data Science with Python atau œIntroduction to Data Science with R, selamat mencoba Sahabat data DQLab!



Penulis: Agnes Nurlisa

Mulai Belajar
Data Science Sekarang
Bersama DQLab

Buat Akun Belajarmu & Mulai Langkah
Kecilmu Mengenal Data Science.

Buat Akun Gratis Dengan :

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/8be7fae4b69abead22aa9296bcab7b4b.jpg Sign-Up dengan Google

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/d0aa879292fb427c0978d2a12b416e98.jpg Sign-Up dengan Facebook

Atau Buat Dengan :