MIDYEAR PROMO! Segera Beli Paket Premium Belajar Data Science 6 Bulan hanya Rp. 99.000. DAFTAR

Pakai Kode: DQMIDYEAR. Berakhir 0 Days 8 Jam : 19 Menit : 17 Detik

Belajar Excel : Yuk Intip Alasan Kamu Harus Belajar Microsoft Excel untuk Analisis Data!

Belajar Data Science di Rumah 19-Oktober-2020
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/9a4c31c1316257454ba3193093544367_x_Thumbnail800.jpg

Microsoft Excel merupakan salah satu software dalam paket Microsoft Office. Software ini tidak hanya digunakan untuk komputasi data dasar saja, tetapi Kamu juga bisa melakukan analisis data menggunakan Microsoft Excel. Microsoft Excel dapat digunakan untuk banyak tujuan termasuk pemodelan keuangan dan perencanaan bisnis. Jadi, jika kamu belum menguasai bahasa pemrograman, software ini bisa menjadi “batu loncatan” untuk kamu yang baru mengenal dunia analisis bisnis.


Sebelum Kamu mempelajari R atau Python, Kamu disarankan untuk memiliki pengetahuan tentang Microsoft Excel. Microsoft Excel dengan berbagai fungsi visualisasi dapat membantumu untuk menghasilkan informasi dengan cepat dari data mentah yang Kamu punya. Pada artikel ini, DQLab akan memberikan beberapa tips and tricks belajar Microsoft Excel untuk meningkatkan kemampuan analisis datamu. Baca artikelnya sampai selesai ya!


1. Lebih Mudah Mengolah Data Menggunakan Fungsi

Beberapa fungsi Microsoft Excel yang dapat Kamu gunakan untuk analisis data adalah Vlookup dan IF. Vlookup adalah fungsi yang dapat Kamu gunakan untuk mencari nilai dalam tabel dan mengembalikan nilai yang sesuai. Saat menggunakan fungsi ini, jangan lupa mengunci rentang tabel menggunakan tanda "$". Kesalahan umum saat menyalin rumus ini ke bawah adalah tidak mengunci baris atau kolom sehingga nilai yang dihasilkan tidak sesuai atau error. Fungsi lain yang sering digunakan untuk analisis data adalah fungsi IF. Fungsi ini merupakan fungsi logis yang dapat membantumu membuat perbandingan logis antara nilai dan perkiraan. Fungsi IF memiliki dua pernyataan yaitu benar dan salah.


Baca Juga: Belajar Excel, Yuk Kenali 3 Jenis Penggunaan Rumus IF Pada Excel


2. Membuat Kesimpulan Berdasarkan Data

Selain mengolah data, Kamu dapat menggunakan fungsi pivot dan grafik pada Microsoft Excel untuk membuat kesimpulan dari data yang Kamu punya. Dengan tabel pivot Kamu dapat membuat tabel ringkasan mengenai rata-rata, total, atau perhitungan lain sesuai fitur referensi yang telah Kamu pilih dengan mengubah tabel data menjadi tabel inferensi yang dapat membantumu membuat keputusan. Untuk membuat grafik di Microsoft Excel tidaklah sulit. Kamu cukup memilih rentang data yang ingin dibuat grafik lalu tekan F11. Cara ini akan secara otomatis membuat grafik dengan style default. Tapi tenang, Kamu dapat style grafik tersebut dengan memilih beberapa style yang telah disediakan. Namun, jika Kamu mau grafik yang akan Kamu buat berada di lembar kerja yang sama dengan datanya, kamu dapat menekan ALT + F1.


3. Cleaning Data Menjadi Lebih Mudah

Microsoft Excel memiliki fitur untuk menghapus nilai duplikat. Microsoft Excel memiliki fitur bawaan untuk menghapus nilai duplikat dari tabel. Fitur ini menghapus nilai duplikat dari tabel berdasarkan kolom yang dipilih. Cara untuk menghapus nilai duplikat yaitu pertama Kamu harus memilih minimal dua kolom sebagai acuan kemudian pilih menu Select data, Go to Data ribbon, dan Remove Duplicates. Microsoft Excel akan secara otomatis menghapus data pada dua kolom yang memiliki kombinasi yang sama. 


Baca Juga: Belajar Excel : Cara Cepat dalam Membuat Tabel di Excel

4. Tertarik? Yuk, Belajar Data Science Gratis sekarang!!

Terapkan ilmunya sekarang dengan bergabung bersama platform belajar online DQLab! Selain bisa meningkatkan ilmu data yang dimiliki, kamu juga bisa membangun portofolio datamu di DQLab guna mempersiapkan dirimu berkarir di industri data. 

Sign Up untuk menikmati module GRATIS “Introduction to Data Science” dengan pengalaman belajar yang seru menyenangkan serta aplikatif pada industri nyata! Untuk kamu yang ingin mulai belajar Data Science atau siap berkarir jadi Data Analyst, Data Scientist, dan Data Engineer, persiapkan diri kamu dengan tepat sekarang. Tidak ada kata terlambat untuk belajar. Yuk #MulaiBelajarData di DQLab.

Dengan belajar di DQLab, kamu bisa:

  • Menerapkan teknik mengolah data kotor, hasilkan visualisasi data dan model prediksi dengan studi kasus Retail dan Finansial

  • Dapatkan sesi konsultasi langsung dengan praktisi data lewat data mentoring

  • Bangun portofolio data langsung dari praktisi data Industri

  • Akses Forum DQLab untuk berdiskusi.

Simak informasi di bawah ini untuk mengakses gratis module ‘Introduction to Data Science’:

  1. Buat Akun Gratis dengan Signup di DQLab.id/signup

  2. Akses module Introduction to Data Science

  3. Selesaikan modulenya, dapatkan sertifikat & reward menarik dari DQLab


Penulis: Galuh Nurvinda Kurniawati

Editor: Annissa Widya Davita

Share

Postingan Terkait

Mulai Bangun Karirmu Bersama DQLab!