BELAJAR DATA SERU, AKSES PAKET DATA SCIENCE 6 BULAN 180K!
Diskon Spesial 90% + 50% Belajar Data Science Bersertifikat
DAFTARKAN DIRIMU
Pendaftaran ditutup dalam 0 Hari 6 Jam 30 Menit 25 Detik 

Mengenal Fungsi MySQL, Kelebihan Serta Kekurangannya!

Belajar Data Science di Rumah 03-November-2021
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/577fcc502def4d57b47ae6a9f28f3453_x_Thumbnail800.png

MySQL merupakan salah satu database open source yang paling populer digunakan oleh para developer website hingga seorang Data Scientist dan praktisi data. Penggunaan MySQL sebagai database server oleh para developer dilatarbelakangi oleh manfaat serta fleksibilitas yang diberikan sebagai pengembang aplikasi seperti Java, PHP, C++ dan sebagainya.


MySQL juga dapat digunakan oleh berbagai sistem operasi mulai dari windows, linux hingga unix. Kali ini, DQLab ingin mengajak sahabat data untuk mengetahui lebih dalam mengenai fungsi, kelebihan serta kekurangan MySQL. Yuk, langsung simak artikel dibawah ini!


1. Berkenalan dengan MySQL

MySQL merupakan salah satu bentuk Database Management System (DBMS) yang menggunakan perintah Structured Query Language atau yang kerap disebut SQL. Saat ini, MySQL menjadi salah satu banyak digunakan dalam pembuatan aplikasi berbasis website. Termasuk ke dalam Relational Database Management System (RDBMS) membuat MySQL menggunakan tabel, kolom serta baris di dalam struktur database-nya. Metode relational database MySQL juga menjadi penghubung perangkat lunak dan database server. SQL dengan Kesederhanaan sintaks yang pendek dan mudah dipahami menjadi bahasa terbaik untuk memulai belajar bahasa pemrograman.


Belajar Query MySQL Dasar yang Wajib Kamu Tahu Khususnya Untuk Pemula 


2. Fungsi MySQL

Fungsi utama MySQL adalah membuat dan mengelola database dari sisi server yang memuat berbagai informasi menggunakan bahasa SQL. Selain itu dalam data science MySQL juga digunakan untuk melakukan kueri dataset dalam jumlah besar agar dapat memudahkan pengguna dalam mengakses dataset tersebut dalam bentuk string atau teks secara personal maupun publik. Mayoritas penyedia server web menyediakan fasilitas untuk MySQL untuk pengembangan aplikasi berbasis website.


3. Kelebihan

Memiliki berbagai fungsi dalam penggunaannya, berikut adalah beberapa kelebihan MySQL dari segi fitur dan penggunaan yang dimiliki :

  • Tingkat fleksibilitas terhadap teknologi yang akan digunakan sebagai pengembang aplikasi baik itu PHP, Java, C++ 

  • Bersifat cross platform sehingga ketika melakukan migrasi data antar sistem menjadi sangat mudah

  • Dapat diakses kapan saja dan oleh siapa saja (open source) karena memiliki 2 lisensi, yaitu free software dan shareware. MySQL mendukung penggunaan untuk multi user yang dapat digunakan dalam satu waktu yang bersamaan

  • Struktur tabel MySQL juga cenderung lebih fleksibel dan mudah digunakan dibandingkan dengan struktur tabel database yang lain seperti oracle dan postgre

  • Tidak membutuhkan RAM yang besar dan support untuk spesifikasi hardware yang rendah

 

4. Kekurangan

Meskipun memiliki berbagai kelebihan dari segi fitur hingga penggunaannya, MySQL juga memiliki beberapa kekurangan. Berikut adalah kekurangan dari MySQL :

  • Kurang cocok untuk pengembangan aplikasi berbasis mobile

  • Technical support yang kurang mendukung sehingga user mengalami kesulitan saat menghubungi technical support

  • Kurang mendukung untuk pemakaian database dengan kapasitas yang besar 

Meski begitu, MySQL sangat cocok untuk dipelajari oleh pemula sebelum mempelajari query lain yang menampung data lebih besar.


Saatnya Belajar SQL, Kenali Rekomendasi Query SQL Bagi Pemula


5. Yuk, Belajar Fundamental SQL, R dan Python Bersama DQLab!

Bahasa pemrograman menjadi hard skill yang bisa membuat kamu lebih dilirik recruiter saat memulai karir di industri data, lho! Yuk, belajar fundamental SQL, R dan Python bareng DQLab. Dapatkan juga sertifikat gratis setelah menyelesaikan modulnya!


Selamat memulai karir di industri data!


Mulai Belajar
Data Science Sekarang
Bersama DQLab

Buat Akun Belajarmu & Mulai Langkah
Kecilmu Mengenal Data Science.

Buat Akun Gratis Dengan :

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/8be7fae4b69abead22aa9296bcab7b4b.jpg Sign-Up dengan Google

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/d0aa879292fb427c0978d2a12b416e98.jpg Sign-Up dengan Facebook

Atau Buat Dengan :