FLASH PROMO!! AKSES PAKET DATA SCIENCE 6 BULAN 180K!
Diskon Spesial 90% + 50% Belajar Data Science Bersertifikat
SERBU DISINI!
Pendaftaran ditutup dalam 0 Hari 4 Jam 31 Menit 40 Detik 

Mengenal Ilmu Statistik dari Pengertian Hingga Contoh Penerapan

Belajar Data Science di Rumah 05-April-2022
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/6c3b3e316e77fdd7d0f5540a31460eb6_x_Thumbnail800.jpg

Sahabat DQ yang lagi belajar data, tentu tidak asing dengan istilah statistik. Ketika sedang melakukan penelitian, kita tidak akan terlepas dengan pengelolaan data, termasuk statistik. Statistik menjadi bagian penting dari data yang memerlukan perhatian dan ketelitian khusus agar tidak terjadi kekeliruan. Secara singkat, statistik merupakan hasil data yang diolah atau disajikan dalam bentuk grafik, tabel, diagram, dan sebagainya. 


Data statistik dapat dikumpulkan melalui wawancara langsung dengan responden, kuesioner, observasi, dan berbagai metode lainnya. Seperti yang sahabat DQ tahu, ada banyak jenis data yang bisa digunakan dalam penelitian seperti data kualitatif, data kuantitatif, data ordinal, data interval, data rasio, dan lain sebagainya. Yup, jenis data tersebut termasuk dalam data statistik. Untuk mengenal lebih dalam mengenai statistik, simak pembahasannya di bawah ini, yuk! 


1. Definisi Statistik

statistik

Apa itu statistik? Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), statistik adalah data berupa angka-angka yang dikumpulkan, dikelompokkan, serta ditabulasi sehingga menunjukkan informasi atau kesimpulan terkait persoalan. Ada juga pengertian lain yang menyebutkan bahwa statistik adalah data yang dikumpulkan, diolah, dan disajikan dalam bentuk grafik atau plot. Dari sana kita bisa mendapatkan suatu informasi atau kesimpulan. Statistik banyak digunakan di berbagai industri seperti pemerintahan, kesehatan, bisnis, ekonomi, manufaktur, dan lain sebagainya. Jadi singkatnya, statistik adalah datanya sedangkan statistika adalah ilmu yang mempelajarinya (statistik). 


Baca juga : Pengolahan Data Statistik Parametrik dan Non-Parametrik


2. Tujuan Statistik

statistik

Sudah paham definisi statistik, kan Sahabat DQ? Sekarang kita bahas tentang tujuan statistik. Dalam suatu penelitian pasti punya tujuan, begitu juga dengan statistik. Beberapa tujuan penggunaan statistik adalah sebagai berikut:

  • Berperan sebagai sumber bahan dari berbagai hal

  • Mendeskripsikan data terkait populasi tertentu

  • Memperoleh gambaran masalah dari suatu populasi

  • Membuat prediksi dari data yang dapat digunakan sebagai dasar dalam pengambilan keputusan

  • Membantu proses analisis data agar dapat mengetahui nilai dari suatu hal

  • Memperkecil ukuran populasi agar dapat dipahami dengan lebih mudah


3. Metode Statistik

statistik

Dalam melakukan penelitian, ada beberapa tahap yang harus dilalui yaitu mulai dari perumusan masalah, pengumpulan data, pengelompokkan data, validasi data, analisis data, hingga menyajikan atau memvisualisasikan data. Khususnya pada tahap analisis, diperlukan metode tertentu yang sesuai dengan masalah yang ingin dipecahkan. Penyesuaian ini bertujuan agar hasil analisis yang dihasilkan nantinya menjadi optimal. Beberapa metode statistik yang sering digunakan yaitu analisis kuantitatif dan analisis kualitatif. Apa bedanya? Analisis kuantitatif merupakan metode yang untuk mengolah data numerik.


Metode ini digunakan ketika penelitian yang dilakukan memerlukan objektivitas. Salah satu metodenya yaitu metode deskriptif. Sedangkan analisis kualitatif digunakan untuk penelitian yang mengandung subjektivitas seperti persepsi terhadap suatu fenomena yang terjadi di suatu kelompok atau komunitas. Beberapa metodenya antara lain analisis wacana dan analisis konten.


4. Contoh Penerapan Statistik

statistik

Seperti yang sudah dikatakan sebelumnya, statistik banyak digunakan di berbagai bidang seperti di pemerintahan atau bidang lain dalam skala besar. Meski begitu, tak jarang juga statistik digunakan untuk skala kecil dengan tujuan tertentu. Sahabat DQ bisa coba mengakses situs Badan Pusat Statistik (BPS). Disana ada banyak sekali data statistik yang dipublikasi dan bisa diunduh oleh umum. Beberapa contoh penerapan statistik yaitu antara lain sebagai berikut:

  • Perhitungan angka kematian karena Covid di wilayah tertentu

  • Perhitungan jumlah penduduk di berbagai negara

  • Statistik korban pelecehan seksual di Indonesia

  • Statistik pengguna media sosial

  • Statistik jumlah penduduk miskin di suatu daerah

  • Statistik perdagangan ekspor impor di Indonesia

  • Statistik pengunjung website perusahaan


Baca juga : Yuk Pelajari Macam-Macam Metode Analisis Statistika


5. Belajar Pengolahan Data Statistik Menggunakan Real Case

Dari pembahasan di atas, kita jadi tahu bahwa statistik ternyata sangat berguna di berbagai bidang. Data-data tersebut dapat menjadi pedoman untuk evaluasi dan sebagai dasar pengambilan keputusan. Jadi perusahaan dapat mengambil strategi bisnis selanjutnya berdasarkan data. 


Tugas mengolah data ini dilakukan oleh praktisi data salah satunya yaitu Data Analyst. Untuk menjadi Data Analyst tentu kita perlu belajar data lebih dalam. Akan lebih baik lagi jika menggunakan real case. Yuk, gabung di DQLab.id! Tersedia module dan project berdasarkan real case di dunia data yang akan membantu proses belajar dan meningkatkan skill di bidang data. Jangan lewatkan juga event-event menarik tentang data bersama para ahli data.


Penulis: Dita Kurniasari

Editor: Annissa Widya



Mulai Belajar
Data Science Sekarang
Bersama DQLab

Buat Akun Belajarmu & Mulai Langkah
Kecilmu Mengenal Data Science.

Buat Akun Gratis Dengan :

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/8be7fae4b69abead22aa9296bcab7b4b.jpg Sign-Up dengan Google

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/d0aa879292fb427c0978d2a12b416e98.jpg Sign-Up dengan Facebook

Atau Buat Dengan :