DQLab Super Giveaway! Belajar Data Science 6 Bulan hanya Rp.99.000! DAFTAR

Pakai Kode: KUPON99K. Berakhir 2 Days 17 Jam : 32 Menit : 23 Detik

Mengenal Jenis-Jenis Data Dalam Pengolahan Data Statistik

Belajar Data Science di Rumah 11-Januari-2021
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/4e6f1be15a80326b6322c51204ca8d80_x_Thumbnail800.jpg

Sebelum belajar tentang pengolahan data statistik, ada baiknya terlebih dahulu tahu arti data dan statistik. Data adalah suatu kumpulan yang berisikan fakta-fakta serta gambaran yang dikumpulkan dari sumber-sumber tertentu, dianalisis dan diinterpretasikan. Statistik merupakan ilmu yang mempelajari tentang pengumpulan data, pengolahan data, dan analisis data yang disajikan sehingga menjadi suatu informasi yang berguna untuk mendukung pengambilan keputusan. 


Data dalam statistik ada beberapa jenis tergantung dari cara mendapatkannya. Data dapat berasal dari mana saja sehingga perlu dikelompokkan. Sebagai praktisi data, penting untuk mengetahui jenis-jenis data agar tidak keliru ketika menerapkan metode dalam pengolahannya. Ada banyak patokan dalam pengelompokkan data, namun secara umum biasanya dikelompokkan berdasarkan sifatnya, waktu pengumpulannya, dan dari mana data tersebut berasal. Yuk, kita bahas satu per satu.


1. Jenis Data Berdasarkan Waktu Pengumpulannya

Terdapat dua jenis data jika dikelompokkan berdasarkan waktu pengumpulannya yaitu cross-sectional data dan time series data. Cross-sectional data merupakan data yang dikumpulkan dalam waktu tertentu yang sama atau hampir sama yang kemudian akan digabungkan dengan data terkait dan dibandingkan. Contohnya seperti data hasil ujian yang diperoleh oleh siswa setelah ujian dilaksanakan atau jumlah mahasiswa di suatu universitas untuk periode tahun ajaran 2013/2014. Sedangkan time series data merupakan data yang dikumpulkan dalam kurun waktu atau periode tertentu dimana kurun waktu atau periode tersebut perlu didefinisikan. Contohnya seperti perolehan nilai mata kuliah oleh mahasiswa dalam satu semester, kenaikan harga BBM dalam kurun waktu tertentu, dan sebagainya.

Baca juga : Ini yang Akan Kamu Pelajari di Kelas Data Science DQLab!



2. Jenis Data Berdasarkan Sifatnya

Berdasarkan sifatnya jenis data dibagi menjadi dua yaitu data kualitatif dan data kuantitatif. Data kualitatif adalah data yang berbentuk label atau nama yang mendefinisikan suatu atribut atau elemen. Data bisa berupa numeric atau non numeric dengan skala pengukuran nominal atau ordinal. Contohnya nomor rumah atau nilai mata kuliah mahasiswa diklasifikasikan dalam kelompok “rendah”, “sedang”, dan “tinggi”. Sedangkan data kuantitatif adalah data yang merujuk pada jumlahnya. Data selalu berupa numeric dengan skala pengukuran interval dan rasio. Contoh data kuantitatif adalah jumlah mahasiswa di sebuah universitas.



3. Jenis Data Berdasarkan Sumbernya

Data bisa didapatkan dari berbagai sumber dan berbeda pula cara memperolehnya. Berdasarkan sumbernya data dibagi menjadi dua yaitu data sekunder dan data primer. Data sekunder merupakan data yang dikumpulkan sendiri yang diperoleh dari sumber terdahulu misalnya dari buku, jurnal, dan lainnya. Sedangkan data primer adalah data yang yang dikumpulkan oleh sebuah badan dan data yang diperoleh bersumber dari badan yang sama. Misalnya data kependudukan oleh Badan Pusat Statistik yang diperoleh dengan melakukan sensus penduduk. 

Baca juga : Mengenal Profesi Data Scientist


4. Yuk Mulai Belajar Pengolahan Data Sekarang!

Tidak memiliki background IT? Jangan khawatir, kamu tetap bisa menguasai Ilmu Data Science untuk siap berkarir di revolusi industri 4.0. Bangun proyek dan portofolio datamu bersama DQLab untuk mulai berkarir di industri data yang sebenarnya! Sign up sekarang untuk #MulaiBelajarData di DQLab!

Simak informasi di bawah ini untuk mengakses gratis module ‘Introduction to Data Science’:

  1. Buat Akun Gratis dengan Signup di DQLab.id/signup

  2. Akses module Introduction to Data Science

  3. Selesaikan modulenya, dapatkan sertifikat & reward menarik dari DQLab

  4. Subscribe DQLab.id untuk Akses Semua Module Premium!

Penulis : Dita Kurniasari

Editor : Annissawd


Share

Postingan Terkait

Mulai Bangun Karirmu Bersama DQLab!