BELAJAR DATA SERU, AKSES PAKET DATA SCIENCE 6 BULAN 180K!
Diskon Spesial 90% + 50% Belajar Data Science Bersertifikat
DAFTARKAN DIRIMU
Pendaftaran ditutup dalam 0 Hari 7 Jam 2 Menit 20 Detik 

Mengenal Jenis - Jenis Teknik Analisis Data Versi DQLab

Belajar Data Science di Rumah 15-Desember-2021
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/03867ea912381f954f84c3f3335acefb_x_Thumbnail800.png

Analisis data merupakan salah satu teknik terpopuler yang saat ini seringkali digunakan dalam dunia data dan teknologi. Secara pengertian, analisis data merupakan suatu proses atau usaha dalam mengolah data menjadi suatu informasi baru atau berguna bagi perusahaan dan organisasi.


Pengertian lain dari analisis data adalah kegiatan analisis pada suatu penelitian yang sedang dikerjakan dengan memeriksa seluruh data dari instrumen penelitian, contohnya adalah catatan, dokumen, hasil tes, rekaman, dan lainnya. Maka dari itu, ayo mulai kenali lebih dalam mengenai informasi seputar teknik analisis data bersama DQLab.



1. Tujuan Teknik Analisis Data

Teknik analisis data memiliki tujuan untuk menjadi berguna dalam suatu penelitian atau penelitian seseorang hingga dapat dikatakan analisis data merupakan tahapan paling penting dalam penelitian. Dapat disampaikan bahwa teknik analisis data baru dapat dilakukan ketika poin-poin dalam penelitian sudah terpenuhi.


Tujuan utama dari teknik analisis data adalah untuk menentukan atau mendapatkan kesimpulan secara keseluruhan yang berasal dari data-data penelitian yang telah terkumpul. Selain itu juga, teknik analisis data dapat digunakan untuk pendeskripsian dan penjelasan data-data penelitian agar lebih mudah dipahami orang awam.


Baca juga : Kenali Teknik Analisis Data yang Sering Digunakan Ahli Data


2. Jenis Teknik Analisis Data

Setelah membahas mengenai tujuan, kalian perlu mengetahui bahwa teknik analisis data juga memiliki jenis-jenisnya. Terdapat dua jenis teknik yang sering digunakan dalam penelitian, yaitu kualitatif dan kuantitatif. Kedua jenis teknik analisis data tersebut selalu digunakan sebagai metode penelitian kuliah atau pendidikan. Pada umumnya, teknik analisis data kualitatif merupakan bahasan konseptual suatu permasalahan. 


Teknik dalam analisis data kualitatif adalah analisis konten, analisis naratif, dan analisis wacana. Sedangkan teknik analisis data kuantitatif merupakan penelitian dengan data numerik yang dapat dihitung secara akurat dengan menggunakan hasil survei responden. Teknik dalam analisis data kuantitatif adalah analisis deskriptif, dan analisis inferensial.


3. Model Teknik Analisis Data

Ketika melakukan suatu penelitian, selain jenis teknik analisis data yang digunakan, kalian juga akan memiliki model tekniknya. Terdapat dua model analisis data, yakni teknik analisis data model induktif dan deduktif. Model induktif merupakan analisis data yang prosesnya didapatkan dari fakta-fakta menuju teori. Model induktif digunakan untuk menghindari manipulasi data-data penelitian.


Sedangkan untuk model kedua yaitu model deduktif, model teknik analisis data deduktif merupakan analisis data yang berkebalikan dari model induktif. Pada model teknik analisis data deduktif, prosesnya lebih mengarah kepada teori-teori baru kemudian menuju ke fakta-fakta atau data penelitian.


4. Langkah-langkah Teknik Analisis Data

Ketika kalian sudah mengerti akan deskripsi jenis dan model, langkah selanjutnya adalah melakukan kedua tahap tersebut dalam penelitian. Kalian perlu menganalisis dan menafsirkan data-data tersebut agar dapat dimengerti dan diubah menjadi suatu informasi. Ketika menganalisis dan menafsirkan data, kalian dapat menggunakan salah satu dari teknik analisis data kualitatif atau kuantitatif.


Namun yang perlu kalian perhatikan adalah ketika kalian memilih metode penelitian tersebut perlu disesuaikan dengan data-data yang kalian miliki. Proses analisa data tersebut penting karena merupakan satu-satunya jalan yang perlu kalian lewati agar bisa mendapatkan jawaban dari permasalahan penelitian yang kalian jalankan atau lakukan.


Baca Juga : Langkah-Langkah Menggunakan Teknik Analisis Data Kualitatif


5. Belajar Teknik Analisis Data Dari Nol Bersama DQLab

Apabila kalian tidak terlalu memahami teknik analisis data atau bahkan tidak mengetahuinya sama sekali, kalian bisa dengan mudah belajar bersama DQLab. Di DQLab, kalian bisa mendapatkan materi data yang lengkap dan pembahasan yang mudah dimengerti dari pengajar kalian. Cara untuk belajar bersama DQLab mudah sekali, cukup sign up di DQLab.id, lalu kalian dapat langsung mengerjakan module "Introduction Data Science with Python and R" secara gratis. Yuk, mulai sesi belajar teknik analisis data kalian bersama DQLab.id!


Penulis : Callista Eugenia

Editor : Annissa Widya Davita

Mulai Belajar
Data Science Sekarang
Bersama DQLab

Buat Akun Belajarmu & Mulai Langkah
Kecilmu Mengenal Data Science.

Buat Akun Gratis Dengan :

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/8be7fae4b69abead22aa9296bcab7b4b.jpg Sign-Up dengan Google

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/d0aa879292fb427c0978d2a12b416e98.jpg Sign-Up dengan Facebook

Atau Buat Dengan :