TEBUS HOKI! BELI 1 GRATIS 1
Belajar Data 6 BULAN GRATIS 6 BULAN hanya Rp180K!

0 Hari 1 Jam 42 Menit 47 Detik

Mengenal Jenjang Karir Tertinggi dari Data Analyst

Belajar Data Science di Rumah 05-Februari-2024
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/3-longtail-kamis-03-2024-02-05-095900_x_Thumbnail800.jpg

Salah satu hal yang menarik dari posisi Data Analyst adalah adanya jenjang karir yang menjanjikan. Bagi kebanyakan orang, dalam pekerjaan tidak hanya melihat dari faktor pendapatan saja, namun juga dari jenjang karir yang ditawarkan. Dengan mengenal jenjang karir dari suatu profesi, kita bisa mempersiapkan diri untuk bisa naik ke level selanjutnya. Sebagai salah satu profesi yang menjanjikan di abad 21, tentu kita semua penasaran mengenai jenjang karir tertinggi di profesi Data Analyst.


Sebenarnya posisi tertinggi dalam jenjang karir seorang Data Analyst sangatlah bervariasi tergantung pada struktur organisasi dan industri tertentu. Namun yang pasti, di posisi puncak tersebut akan mencakup tanggung jawab yang melibatkan pengelolaan data secara strategis, kemampuan dalam kepemimpinan tim, serta kontribusi strategis pada tingkat eksekutif. Dalam artikel ini akan dibahas beberapa posisi tertinggi yang mungkin dicapai oleh seorang Data Analyst. Intip apa saja, yuk!


1. Chief Data Officer (CDO)

Data Analyst

Posisi yang pertama adalah Chief Data Officer atau CDO. Orang yang berada di posisi ini bertugas untuk mengelola dan memanfaatkan data di seluruh organisasi. Mereka juga bertugas untuk menentukan arah penggunaan data dan ilmu Data Science sehingga bisa memberikan dampak strategis pada pengambilan keputusan eksekutif. Berikut ini adalah beberapa tanggung jawab dari seorang CDO:

  • Memastikan integritas dan keamanan data.

  • Mengembangkan kebijakan dan prosedur pemanfaatan data.

  • Berkolaborasi dengan para  Senior Executive untuk mencapai visi perusahaan.


Baca juga : Bootcamp Data Analyst with SQL and Python


2. Chief Data Scientist

Data Analyst

Posisi tertinggi lainnya yang bisa ditempati oleh seorang Data Analyst adalah Chief Data Scientist. Posisi ini akan bertanggung jawab  terhadap segala arah langkah strategis dan kepemimpinan serta menentukan kebijakan dengan memanfaatkan ilmu Data Science di organisasi.


Selain itu, mereka juga bertugas untuk memastikan bahwa pengembangan model dan analisis data dapat mendukung tujuan bisnis. Beberapa tanggung jawab yang harus dilakukan oleh Chief Data Scientist adalah:

  • Menyelaraskan inisiatif yang didapatkan dari ilmu Data Science dengan strategi yang telah dibuat di organisasi.

  • Memanage tim data dan memastikan setiap orang memiliki pemahaman yang mendalam tentang data.

  • Berkontribusi pada pengambilan keputusan strategis di tingkat eksekutif.


3. Chief Analytics Officer

Data Analyst

Posisi selanjutnya yang bisa ditempati sebagai posisi tertinggi oleh Data Analyst adalah Chief Analytics Officer. Mereka bertugas untuk menentukan strategi analisis data dan berkontribusi terhadap keberhasilan bisnis. Oleh karena itu, mereka harus mampu untuk memimpin tim Data Analyst dan Data scientist sehingga bisa menyediakan insight data yang strategis untuk Senior Executive.


Adapun tanggung jawab dari posisi Chief Analytics Officer ini adalah:

  • Mengembangkan dan menerapkan strategi analisis data yang efektif.

  • Berkontribusi pada pengambilan keputusan strategis dan perencanaan bisnis.

  • Menilai dan mengelola risiko yang mungkin terjadi dalam perusahaan dengan memanfaatkan analisis data.


4. Senior Executive dengan Fokus Data

Data Analyst

Pilihan lain dari jenjang tertinggi posisi Data Analyst adalah Senior Executive yang berfokus pada data. Posisi ini mencakup posisi Senior Executive seperti Chief Executive Officer (CEO) atau Chief Operating Officer (COO) dengan fokus khusus pada data. Mereka bertugas untuk memimpin perusahaan menuju inovasi dan pengambilan keputusan yang didorong oleh data.


Berikut ini adalah tanggung jawab dari Senior Executive yang berfokus pada data:

  • Menerapkan kebijakan strategis yang memanfaatkan data untuk pertumbuhan bisnis.

  • Menggunakan data untuk memberikan insight mendalam kepada Senior Executive lainnya.

  • Membentuk budaya perusahaan yang didorong oleh data.


Baca juga : Bootcamp Data Analyst with SQL and Python


Setiap posisi ini mencerminkan tingkat kepemimpinan yang tinggi dan tentu saja memerlukan kombinasi skill teknis dan manajerial yang kuat. Pentingnya peranan yang dimainkan oleh posisi di atas dalam organisasi membuat orang yang menempati posisi-posisi ini juga dituntut akan pemahaman yang mendalam tentang keamanan data, privasi, dan etika dalam pengelolaan informasi.


Kamu bisa mulai perjalanan belajar sebagai Data Analyst dengan belajar Excel dasar dengan menggunakan modul Excel yang disediakan olehi DQLab. Selain itu, kamu bisa juga memanfaatkan bootcamp Data Analyst with Excel akan dimulai dari tanggal 28 November 2023 hingga 2 Februari 2024.


DQLab merupakan platform belajar online yang berfokus pada pengenalan Data Science & Artificial Intelligence (AI) dengan menggunakan bahasa pemrograman populer, serta platform edukasi pertama yang mengintegrasi fitur Chat GPT.  Selain itu DQLab juga menggunakan metode HERO yaitu Hands-On, Experiential Learning & Outcome-based, yang dirancang ramah untuk pemula. 


Untuk mendapatkan pengalaman belajar menarik, buruan sign up di DQLab. Daftar sekarang dan kejar impianmu untuk menjadi Data Analyst dengan ikuti Bootcamp Data Analyst with SQL and Python!


Penulis : Gifa Delyani Nursyafitri



Mulai Karier
sebagai Praktisi Data
Bersama DQLab

Daftar sekarang dan ambil langkah pertamamu untuk mengenal Data Science.

Buat Akun Gratis Dengan :

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/8be7fae4b69abead22aa9296bcab7b4b.jpg Sign-Up dengan Google

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/d0aa879292fb427c0978d2a12b416e98.jpg Sign-Up dengan Facebook

Atau Buat Dengan :