JULY SPECIAL ! DISKON 96%
Belajar Data Science Bersertifikat, 12 Bulan hanya 180K!
0 Hari 0 Jam 5 Menit 3 Detik

Mengenal Lebih Dalam Job Description IT Data Scientist

Belajar Data Science di Rumah 07-Desember-2023
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/3-longtail-rabu-02-2023-12-07-085946_x_Thumbnail800.jpg

Dalam dunia teknologi informasi, data merupakan elemen yang tidak terpisahkan yang berperan dalam proses pengambilan keputusan. Data menjadi kendali penuh di tangan seorang data scientist. Apabila data yang mereka miliki ini diolah dan dianalisis dengan benar sesuai kaidah statistik yang berlaku, harapannya dapat menghasilkan wawasan berharga yang membantu pihak organisasi membuat keputusan yang tepat sasaran.


Data Scientist adalah individu yang memiliki kemampuan untuk menggali, menganalisis, dan menginterpretasikan data guna menciptakan solusi data-driven. Tidak heran apabila data scientist ini memiliki hubungan koordinasi dengan divisi lain, salah satunya dari divisi IT.


Data Scientist memiliki wewenang dalam memilih teknologi yang sesuai untuk tugas mereka. Mereka dapat memilih tools, platform, dan bahasa pemrograman yang paling cocok untuk analisis data sesuai dengan kebutuhan masing-masing. Dalam dunia IT yang terus berkembang, peran seorang Data Scientist sangat penting.


Mereka membantu organisasi untuk membuat keputusan berdasarkan data, mengidentifikasi peluang baru, dan mengoptimalkan proses. Dengan pemahaman tentang tugas dan wewenang seorang Data Scientist, kita dapat mengapresiasi peran penting mereka dalam mendorong inovasi dan kesuksesan dalam dunia bisnis berbasis data.


Maka dari itu, dalam artikel ini kita akan membahas lebih lanjut terkait job description dari IT Data Scientist. Simak yuk sahabat DQLab!


1. Pemrosesan dan Persiapan Data

IT Data Scientist bertanggung jawab untuk mengumpulkan data dari berbagai sumber, membersihkannya, dan menyusunnya dalam format yang sesuai untuk analisis lebih lanjut. Hal ini melibatkan penggunaan alat seperti Python, Pandas, dan SQL untuk memproses data. 

Data Scientist

Sumber Gambar: Geo-Python


Baca juga : Mengenal Profesi Data Scientist


2. Eksplorasi Data

Data Scientist melakukan eksplorasi data untuk mengidentifikasi pola, trend, dan anomali. Mereka menggunakan visualisasi data untuk membantu memahami karakteristik dataset dan menemukan wawasan awal yang mungkin.


3. Pengembangan Model

Tugas yang satu ini adalah salah satu aspek paling penting dari pekerjaan seorang Data Scientist. Mereka mengembangkan model machine learning atau statistik untuk melakukan prediksi atau klasifikasi berdasarkan data yang ada. Hal ini mencakup pemilihan algoritma yang sesuai, penyetelan parameter, dan validasi model.


Baca juga : Yuk Kenal Role Data Scientist, Profesi Menarik Dengan Gaji Besar


4. Evaluasi Model

Setelah model dibangun, Data Scientist harus mengevaluasi kinerjanya. Mereka menggunakan metrik seperti akurasi, presisi, recall, dan F1-score untuk mengukur sejauh mana model mereka efektif.

Data Scientist

Sumber Gambar: V7 Labs


Tertarik menjadi bagian praktisi data profesional? Nah kalian perlu mempersiapkan diri nih! Mulai langsung belajar di DQLab. Modul ajarnya lengkap dan bervariasi. Bahkan diintegrasikan dengan ChatGPT. Manfaatnya apa?

  • Membantu kalian menjelaskan lebih detail code yang sedang dipelajari

  • Membantu menemukan code yang salah atau tidak sesuai

  • Memberikan solusi atas problem yang dihadapi pada code

  • Membantu kalian belajar kapanpun dan dimanapun


Selain itu, DQLab juga menggunakan metode HERO yaitu Hands-On, Experiential Learning & Outcome-based, yang dirancang ramah untuk pemula. Tunggu apa lagi, segera Sign Up dan siapkan diri untuk berkarir di industri impian kalian! 


Penulis: Reyvan Maulid


Mulai Karier
sebagai Praktisi
Data Bersama
DQLab

Daftar sekarang dan ambil langkah
pertamamu untuk mengenal
Data Science.

Buat Akun


Atau

Sudah punya akun? Login