MAU PUNYA SKILL DATA SCIENCE YANG AMAYZING?
Belajar Data Science 6 Bulan hanya 150K  | Pakai Kode: AMAYZING
BURUAN SERBU!
Pendaftaran ditutup dalam 0 Hari 0 Jam 12 Menit 26 Detik 

Mengenal Library dan Contoh Penerapannya untuk Membuat Aplikasi dengan Python

Belajar Data Science di Rumah 14-Juli-2021
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/b138349a762bdd49f4789f543106923b_x_Thumbnail800.jpg

Apakah bisa membuat aplikasi dengan Python? Mungkin banyak dari teman-teman yang mempertanyakan ini. Python merupakan salah satu bahasa pemrograman yang banyak digunakan oleh pemrogram karena dapat digunakan di berbagai sistem operasi seperti Windows, Linux, dan Mac OS. Praktisi data seperti Data Scientist menggunakan Python untuk mengolah data dan membangun machine learning karena Python menyediakan banyak library untuk melakukan pekerjaan tersebut.


Selain dikenal dapat digunakan untuk membangun machine learning, Python juga dapat digunakan untuk membuat aplikasi. Aplikasi yang dapat dibuat oleh Python antara lain aplikasi berbasis web, desktop, mobile, dan game. Python menyediakan library-library yang mendukung pembuatan aplikasi-aplikasi tersebut. Oleh karena itu Python banyak digunakan oleh perusahaan untuk mengolah data atau membuat aplikasi. Nah, artikel kali ini akan membahas berbagai library yang digunakan untuk membuat aplikasi dengan Python. Yuk, simak pembahasannya dibawah ini!


1. Library untuk Aplikasi GUI (Desktop)

GUI (Graphical User Interface) adalah sistem antarmuka pengguna yang memungkinkan interaksi manusia dengan komputer melalui tampilan grafis dengan menggunakan alat seperti mouse untuk menggerakkan kursor pada layar atau membuka program dengan mengklik icon program. Python dapat digunakan untuk membuat aplikasi GUI (desktop) dan menyediakan beberapa library yaitu antara lain sebagai berikut: 

  • Tkinter merupakan bentuk OOP dari Tcl (Tool Command Language) dan menjadi library Python yang digunakan untuk membuat aplikasi GUI. Biasanya secara default library ini sudah terinstall bersamaan dengan ketika menginstall Python.

  • wxPython adalah library yang digunakan untuk membuat aplikasi yang bersifat cross-platform yaitu aplikasi yang bisa digunakan di berbagai platform seperti Windows, Linux, atau Mac OS. Beberapa fitur unggulan wxPython antara lain HTML help viewer, window layout using sizers, dan sound and video playback. 

  • PyQt adalah modul Python untuk membuat aplikasi GUI dengan library Qt. PyQt tersedia dalam dua versi yaitu PyQt 4 untuk Qt versi 4 dan PyQt 5 untuk Qt versi 5. Kemampuan Qt adalah memiliki fitur yang dapat membuat user interface yang menarik karena bisa menggunakan Style Sheet. 

Baca juga : Belajar Data Science: Kenali Dasar Bahasa Pemrograman Python yang Cocok bagi Pemula


2. Kivy untuk Membuat Aplikasi Berbasis NUI

NUI (Natural User Interface) adalah sistem antarmuka yang memungkinkan user berinteraksi dengan sistem menggunakan natural command (bahasa tubuh) sebagai alat komandonya tanpa alat seperti mouse, joystick, dan lainnya. Kivy merupakan library Python yang dapat digunakan untuk membangun aplikasi berbasis NUI. Library ini bersifat cross-platform yaitu dapat digunakan di berbagai platform yaitu WIndows, Linux, iOS, Android, dan Raspberry. Oleh karena itu Kivy juga dikenal sebagai library yang dapat digunakan untuk membuat aplikasi Android dengan Python. 


3. Library PyGame

Seperti yang sudah disebutkan diatas, Python juga dapat digunakan untuk membuat game. PyGame adalah modul Python yang digunakan untuk membuat game. Fungsi yang terdapat pada PyGame memungkinkan developer membuat game dengan fitur lengkap dan program multimedia dalam bahasa Python. PyGame dapat berjalan di hampir semua platform dan sistem operasi. Cara penggunaannya sama dengan library lain yaitu dipanggil terlebih dahulu dengan perintah import pygame di Python. Contoh game yang dibuat dengan Python yaitu Flappy Bird dan Space Invaders.


4. Contoh Aplikasi yang Dibuat dengan Python

Aktivitas manusia saat ini hampir tidak terlepas dari penggunaan aplikasi seperti mencari informasi, bersosial, mendengarkan musik, dan lainnya. Beberapa aplikasi yang kita gunakan sehari-hari ada yang dibuat dengan menggunakan Python, antara lain yaitu sebagai berikut:

  • Instagram merupakan aplikasi berbagi foto yang dibangun dengan Python menggunakan framework Django.

  • Spotify merupakan aplikasi untuk mendengarkan, berbagi, dan membeli musik yang dibangun menggunakan Django dan fitur Python lainnya.

  • Youtube yang tentu pernah kita gunakan awalnya menggunakan PHP, namun seiring pertumbuhan pengguna, sekarang aplikasi dikembangkan dengan Django.

  • Mozilla merupakan aplikasi mesin pencari yang mulanya menggunakan PHP dan CakePHP menjadi beralih ke Python dan Django. 

Baca juga :  Mengenal Penggunaan IF ELSE Python untuk Perintah Kondisi Percabangan

5. Mulai Belajar Python dan Bangun Portofolio yang Menarik

Melihat penerapan bahasa Python di berbagai aplikasi yang sering kita gunakan membuka pandangan bahwa Python merupakan bahasa pemrograman yang memberikan banyak keuntungan jika dipelajari. Dengan menguasai bahasa Python dapat menjadi bekal untuk mencapai karir sebagai praktisi data atau developer yang handal. Memahami bahasa Python tidak hanya cukup dengan teori namun harus sering dipraktekkan. Bersama DQLab kamu bisa mendalami bahasa Python untuk kepentingan data science. Yuk, segera bergabung di DQLab.id dan mulai bangun portofolio yang menarik!


Penulis: Dita Kurniasari

Editor: Annissa Widya


Sign Up & Mulai Belajar Gratis di DQLab!