PROMO BACK TO SCHOOL, HEMATNYA SERU! DISKON 95% + Cashback*
Cuma Rp 159K bisa belajar data science 6 bulan
BURUAN SERBU!
Pendaftaran ditutup dalam 1 Hari 18 Jam 48 Menit 1 Detik 

Mengenal Macam-Macam Fungsi Join Table SQL dan Perbedaannya

Belajar Data Science di Rumah 23-Mei-2022
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/6dd8f117e83119ef8daf9368bcc16f62_x_Thumbnail800.jpg

Kehidupan saat ini sudah bergeser secara digitalisasi. Data menjadi sumber kekuatan dan keberadaannya seperti air mengalir. Hampir setiap harinya, kegiatan yang kita jalani berdekatan dengan data dan volume data yang kian bertambah. Ya, saat ini perkembangan pengolahan database menjadi salah satu bagian krusial di berbagai sektor. Salah satu tools yang sering digunakan untuk mengelola data dalam jumlah yang besar adalah SQL (Structured Query Language). 


SQL, merupakan bahasa standar query yang dirancang untuk bisa mengelola database relasional. Pada penggunaannya memungkinkan untuk membuat, memelihara, memodifikasi, mengahapus, memodifikasi dan juga melakukan perintah sederhana lainnya.


Bila kita berbicara mengenai sejarah munculnya dan pengertian SQL dapat mengacu pada artikel dari Jhonny Oracle yang merupakan salah seorang peneliti di IBM. Artikel tersebut membahas mengenai ide pembuatan sebuah basis data relasional yang muncul di tahun 1970, tepatnya pada bulan Juni dengan nama SEQUEL (Structured English Query Language). Kemudian, pada 1986, IBM menggunakan SEQUEL dalam berbagai proyek database mereka. Tak lama, nama SEQUEL pun diubah menjadi SQL agar lebih mudah dieja.


Nah, pada artikel kali ini kita akan belajar tentang perbedaan salah satu perintah yang ada di SQL yaitu JOIN. Fungsi JOIN terdiri dari beberapa jenis perintah seperti LEFT JOIN, RIGHT JOIN dan INNER JOIN. Fungsi JOIN digunakan untuk menampilkan data pada tabel yang saling berhubungan atau berelasi. Artinya kita dapat menampilkan data dalam beberapa tabel hanya dengan satu kali perintah.


Kira-kira seperti apa ya perbedaannya? Yuk simak terus artikel ini sampai tuntas!


1. Fungsi JOIN SQL

JOIN merupakan salah satu fungsi yang ada di SQL yang digunakan untuk penggabungan table melalui kolom atau key tertentu dimana memiliki nilai terkait untuk mendapatkan satu set data dengan informasi lengkap.


Pada bahasa SQL, operasi JOIN atau penggabungan antar table ini merupakan perintah dasar yang sangat penting pada database relasional. Gunanya adalah untuk mendukung perancangan database yang baik. Jika kita ingin menghasilkan output data yang valid, menjamin integritas data dan meminimalisir duplikasi data.


Contoh penggunaan JOIN ketika kita ingin menggabungkan table User dan table Order. Table User dapat dilakukan JOIN terhadap table Order karena pada table Order terdapat kolom “id” yang berhubungan dengan kolom “id” pada table User. Berikut ilustrasinya.

sql


Baca juga : Saatnya Belajar SQL, Kenali Rekomendasi Query SQL Bagi Pemula


2. Fungsi INNER JOIN

sql

INNER JOIN membandingkan record di setiap table untuk dicek apakah nilai sama atau tidak. Jika nilai kedua table sama, maka akan terbentuk table baru yang hanya menampilkan record yang sama dari kedua table.


Untuk contoh pada masing-masing jenis JOIN, kita akan menggunakan data tabel berikut ini.

sql

Contoh perintah SQL untuk INNER JOIN adalah seperti berikut,

SELECT user.name, order.total

FROM order

INNER JOIN user

ON user.id = order.user_id;

Pada perintah SQL di atas, hanya akan memunculkan data dari table Order dan User yang keduanya memiliki user_id pada Order sama dengan id pada table User. 


3. Fungsi LEFT JOIN

sql

LEFT JOIN menghasilkan nilai berdasarkan table kiri (left table) dan nilai yang sama di table kanan (right table). Jika table kanan tidak sama nilainya dengan table kiri, maka akan diisi nilai NULL pada table kanan.

Contoh perintah SQLnya seperti berikut,

SELECT user.name, order.total

FROM order

LEFT JOIN user

ON user.id = order.user_id;

Perintah SQL di atas, akan memunculkan seluruh data dari table Order. Namun, hanya beberapa data yang memenuhi syarat dari table User yang muncul.


4. Fungsi RIGHT JOIN

sql

Konsep RIGHT JOIN hampir sama seperti LEFT JOIN hanya yang menjadi master adalah table kanan (right table). Jika table kiri tidak sama nilainya dengan table kanan, maka akan diisi nilai NULL pada table kiri.

Dengan contoh yang sama dengan sebelumnya, inilah contoh RIGHT JOIN menggunakan perintah SQL berikut ini,

SELECT user.name, order.total

FROM order

RIGHT JOIN user

ON user.id = order.user_id;

Perintah SQL di atas, akan memunculkan seluruh data dari table User. Namun, hanya beberapa data yang memenuhi syarat dari table Order yang muncul.


Baca juga : Catat! Ini 3 Keuntungan Belajar SQL dalam Mengolah Data


Meskipun belajar dengan metode self-taught menjadi pilihan yang tepat, namun ada baiknya sahabat data meningkatkan kompetensi pembelajarannya dengan mengikuti kursus yang tepat. Dengan kursus, tidak hanya menambah skill kamu juga mendapatkan pembelajaran yang terstruktur. 


Kelebihan lainnya dengan memilih kursus yang teratur, akan membantu kamu membiasakan bekerja dengan syntax atau fitur bahasa lainnya dengan jelas dan aplikatif. Mengikuti bootcamp SQL juga menjadi cara terbaik lainnya untuk belajar SQL secara online dari tempat kursus online yang sudah disediakan. 


DQLab merupakan salah satu contoh tempat belajar Data Science yang menawarkan kursus online bagi kamu yang ingin mulai belajar Data Science. DQLab sendiri telah melahirkan praktisi data yang mahir dalam dibidangnya. 

Bersama DQLab Kamu akan belajar secara terstruktur dengan studi kasus dan data yang sesuai dengan yang berada di lapangan. DQLab juga menyediakan forum untuk sharing dengan 95,000++ member DQLab, maupun dengan ahli praktisi pakar data.


Dengan mengikuti kursus ini, para pemula bisa mempelajari cara menulis SQL yang benar hingga mempraktekkannya secara langsung. Jadi apalagi yang kamu tunggu, ayo bergabung di DQLab.id


Kamu bisa belajar Data Science dari nol hingga bisa bergabung di perusahaan besar. Jika bergabung, kamu bisa mendapat module GRATIS “Introduction to Data Science” loh! Jadi tunggu apalagi?


Penulis: Salsabila MR

Editor:  Annisa Widya Davita



Sign Up & Mulai Belajar Gratis di DQLab!