DOBEL DISKON 95% + 10% SPESIAL PROMO PUNCAK 7.7!
Belajar Data Science Paket Premium cuma 6 Bulan Hanya 177K!
SERBU SEKARANG!
Pendaftaran ditutup dalam 2 Hari 9 Jam 57 Menit 8 Detik 

Mengenal Machine Learning & Manfaat nya dalam Bisnis

Belajar Data Science di Rumah 13-Juni-2022
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/4c99c2aa2450b72f715f9d6cf54a12d2_x_Thumbnail800.jpg

Disadari atau tidak, kehadiran Machine Learning memberikan dampak yang signifikan dalam kehidupan manusia. Machine Learning terus berkembang seiring dengan berkembangnya teknologi, khususnya teknologi digital. Setiap kehadiran sesuatu yang baru, pasti memberikan dua sisi, yaitu sisi yang menguntungkan dan juga sisi yang merugikan. Adanya Machine Learning ternyata membuat pekerjaan yang dulunya hanya bisa dikerjakan oleh manusia, mulai bisa dikerjakan oleh mesin. Hal ini membuat banyak perusahaan mulai mengurangi bahkan menutup posisi yang bisa dikerjakan oleh mesin.


Kira-kira kenapa bisa begitu ya? Machine Learning merupakan salah satu teknologi yang merupakan bagian dari Artificial Intelligence atau kecerdasan buatan. Dimana pada Artificial Intelligence, mesin dibuat untuk bisa mengikuti manusia. Dalam Machine Learning, teknologi ini mengambil cara berpikir manusia, sehingga bisa membuat keputusannya sendiri. Tentunya agar keputusannya akurat, mesin yang ada harus melakukan proses pembelajaran terlebih dahulu.


Dalam artikel ini akan dibahas mengenai manfaat-manfaat Machine Learning yang mungkin sering kita temui dalam kehidupan sehari-hari.


1. Mengenal Sekilas Tentang Machine Learning

Machine Learning

Machine Learning seperti namanya merupakan mesin yang terus belajar. Tujuannya adalah untuk membuat sistem atau algoritma yang bisa memprediksi atau mengklasifikasikan data dengan benar. Semakin banyak data yang dijadikan bahan belajar, keakuratan yang dihasilkan oleh mesin akan semakin tinggi. Sehingga tidak heran jika Machine Learning dapat meningkatkan akurasinya dari waktu ke waktu tanpa membutuhkan pemrograman tertentu.


Algoritma atau urutan proses statistik yang ada di dalam Machine Learning akan terus dilatih untuk menemukan pola yang ada, khususnya dari data yang berukuran besar. Tentu jika tanpa menggunakan Machine Learning akan membutuhkan waktu yang cukup lama untuk bisa membuat keputusan atau memprediksi berdasarkan data yang ada. Kita dapat mengetahui algoritma mana yang terbaik untuk data dengan melihat akurasinya, semakin tinggi akurasinya maka semakin tepat algoritmanya.


Baca juga : Yuk Kenali Macam-Macam Algoritma Machine Learning!


2.Apakah Machine Learning Bisa Diterapkan di Semua Sektor?

Machine Learning

Machine Learning menjadi salah satu teknologi yang cukup penting keberadaannya saat ini. Bahkan Machine Learning tidak hanya dibutuhkan oleh sektor industri digital, namun juga bidang-bidang lainnya. Salah satu penyebabnya adalah, hampir semua industri mulai menggunakan teknologi digital yang bisa menghasilkan banyak data, tentunya akan sangat disayangkan jika data ini tidak bisa diubah menjadi dasar pembuatan keputusan untuk bisnisnya. Dengan menggunakan Machine Learning, kita sebagai praktisi data akan bisa memproses dan menganalisis data yang berukuran besar dan dengan tipe data yang bervariasi dalam waktu yang lebih singkat.


3. Perbedaan Machine Learning dan Artificial Intelligence

Machine Learning

Meskipun Machine Learning merupakan bagian dari Artificial Intelligence, namun sebenarnya ada beberapa hal-hal basic yang cukup berbeda antara keduanya, diantaranya adalah:

  • Artificial Intelligence berfokus untuk meningkatkan keberhasilan, sementara Machine Learning berfokus pada efisiensi.

  • Artificial Intelligence digunakan untuk memecahkan masalah yang kompleks dengan memanfaatkan simulasi kecerdasan alami, sementara Machine Learning digunakan untuk meningkatkan kinerja mesin.

  • Artificial Intelligence bekerja untuk membuat keputusan secara sederhana, semenatara Machine Learning hanya bisa membuat keputusan berdasarkan hasil pembelajaran dari data.

  • Artificial Intelligence dapat mencari penyelesaian optimal, sementara Machine learning tidak mempertimbangkan hal itu.


4. Manfaat Machine Learning

Machine Learning

Machine Learning menjadi sangat bermanfaat untuk menyelesaikan permasalahan yang ada dengan cara yang terukur. Manfaat ini bisa didapatkan di bidang bisnis, teknologi, industri, pemasaran, pendidikan, dan bidang-bidang lainnya. Kita bisa merasakan banyak hal yang sistemnya saat ini telah dibuat secara otomatis, karena mesin dapat menentukan pilihannya tanpa harus dibantu oleh manusia. Tidak hanya itu, Machine Learning dapat digunakan untuk melihat apa yang dibutuhkan oleh customer sehingga perusahaan dapat melakukan inovasi yang sesuai dengan kebutuhan. Selain itu, karena Machine Learning bisa mengolah data yang berukuran besar, maka perusahaan dapat memanfaatkan ini untuk melihat trend dengan mudah.


Baca juga : Kenali Algoritma Klasifikasi Machine Learning Terpopuler di Tahun 2021


Machine Learning merupakan teknologi yang sangat hebat. Banyak pekerjaan yang bisa terselesaikan dengan mudah dengan memanfaatkan Machine Learning. Layaknya keajaiban baru yang tidak pernah terpikirkan dapat terjadi. Industri dapat mengembangkan Machine Learning sesuai dengan kebutuhannya masing-masing.


Jika kamu tertarik untuk mempelajari Machine Learning, kamu dapat berlangganan sebagai member premium DQLab, karena disana menyediakan pembelajaran yang berhubungan dengan Machine Learning. Selain mendapatkan ilmu tentang Machine Learning, kamu juga bisa mempelajari hal-hal lainnya, karena sekali berlangganan modul premium, maka kamu akan bisa mengakses semua modul premium yang disediakan oleh DQLab. Modul-modul tersebut dibungkus dalam bahasa pemrograman yang umum digunakan oleh praktisi data seperti SQL, R, dan Python. Yuk, tunggu apa lagi? Buruan sign up dan nikmati modulnya!


Penulis : Gifa Delyani Nursyafitri


Postingan Terkait

Sign Up & Mulai Belajar Gratis di DQLab!