Buat Akun DQLab & Akses Kelas Data Science Python, R, SQL, Excel GRATIS!

Mengenal Manfaat Pelatihan MySQL Bagi Karyawan

Belajar Data Science di Rumah 27-April-2023
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/1e7a20b1f289fbbbf634b7087c4fa99a_x_Thumbnail800.jpeg

SQL menjadi salah satu pilihan terbaik dalam manajemen data. Bukan rahasia lagi, efektivitas sistem dalam perusahaan juga dapat dikelola dengan SQL. Salah satu aplikasi sederhana yang bisa mulai diperkenalkan pada karyawan agar lebih memahami sistem database adalah MySQL. Untuk memahami cara kerja aplikasi tersebut, karyawan memerlukan pelatihan terstruktur yang pemahaman dan memudahkan transfer ilmu tersebut.


SQL sangat penting untuk dipahami karena dengan adanya transformasi digital, setiap aktivitas digital mengandung informasi penting yang bisa dimanfaatkan oleh perusahaan dalam mengambil keputusan. Jika karyawan tidak turut serta beradaptasi dan mempelajari SQL atau database, perusahaan juga akan sulit berkembang. 


Yuk, ketahui manfaat pengolahan database menggunakan MySQL bagi perkembangan bisnis melalui penjelasan berikut!


1. Data di Era Transformasi Digital

human resource development

Semakin berkembangnya era transformasi digital, membuat kehadiran data menjadi aset yang sangat penting terutama bagi perusahaan. Data yang dihasilkan dari aktivitas digital seperti penggunaan media sosial, transaksi jual beli online, bahkan sensor dapat digunakan sebagai informasi untuk pengambilan keputusan. Perkembangan ini tentunya telah membawa dampak positif bagi berbagai sektor baik pemerintah, pendidikan, bahkan bisnis.


Salah satu dampak yang bisa dirasakan adalah efektivitas dan efisiensi dalam menetapkan keputusan. Sebagai contoh, dengan data yang kamu miliki dapat membantu menganalisis perilaku konsumen dan tren pasar. Hasil analisis ini akan berdampak pada beberapa hal di antaranya keputusan strategi pemasaran, pengembangan produk, dan evaluasi sistem layanan. 


Baca juga : Saatnya Belajar SQL, Kenali Rekomendasi Query SQL Bagi Pemula


2. Karyawan Perlu Mempelajari Database

human resource development

Dampak dari era transformasi digital menuntut karyawan untuk juga mampu beradaptasi. Hal ini karena nantinya yang dikerjakan akan berkaitan dengan data perusahaan. Sehingga penting bagi karyawan untuk mulai mengenal database. 


Database menjadi pondasi dasar perusahaan untuk mengorganisir dan manajemen data dengan jumlah yang besar. Karyawan perlu tahu cara kerja untuk mengakses, menyimpan, mengedit data agar tetap sesuai dengan kebutuhan perusahaan. 


3. Pentingnya MySQL Bagi Karyawan

human resource development


MySQL merupakan sebuah sistem manajemen database relasional (RDBMS) yang menggunakan bahasa SQL di dalamnya dan bersifat open source. MySQL ini berfungsi dalam proses data warehousing, yaitu untuk pengumpulan data dari berbagai sumber. 


Saat ini pemahaman terkait database menjadi suatu keharusan bagi praktisi data. Sistem MySQL perlu dipahami dengan benar karena sering digunakan perusahaan untuk mengatur database. Terdapat beberapa alasan mengapa pengguna perlu mempelajari SQL, seperti membantu dalam keamanan data, mendukung proses transaksional serta bersifat open source sehingga dapat diakses kapan saja dan dimana saja.


Baca juga : Catat! Ini 3 Keuntungan Belajar SQL dalam Mengolah Data


4. Yuk, Mengenal MySQL sebagai Manajamen Data Bersama DQLab!

Setelah memahami penjelasan tersebut, tentu kalian semakin yakin bahwa pelatihan karyawan terhadap manajemen data dengan MySQL sangat penting, kan? 


Lantas bagaimana cara yang tepat untuk memulai memperkenalkan sistem tersebut pasa karyawan? 


DQLab sebagai platform belajar online yang berfokus pada pengenalan Data Science & Artificial Intelligence (AI) menggunakan berbagai bahasa pemrograman populer siap menjadi solusi bagi perusahaan dan bisnis kalian. Selain itu, DQLab juga menjadi platform edukasi pertama yang mengintegrasi fitur ChatGPT, loh!


Menggunakan metode HERO, yaitu Hands-On, Experiental Learning & Outcome-based, DQLab memiliki sistem pembelajaran yang dirancang ramah untuk pemula. Untuk bisa merasakan pengalaman belajar yang praktis & aplikatif. DQLab juga memiliki program Corporate Service yang akan membantu perusahaan meningkatkan kemampuan digital.


Tidak hanya belajar manajemen data menggunakan aplikasi seperti MySQL atau SQL Server, tetapi kalian akan mendapatkan berbagai layanan seperti:

  • Konsultasi gratis untuk service yang tepat sesuai kondisi perusahaan

  • Pengembangan Action Plans yang sesuai dengan output yang diinginkan perusahaan

  • Solusi pelatihan atau layanan yang membantu pengembangan kemampuan karyawan

DQLab menjadi pihak yang dapat dipercaya karena telah berpengalaman menjadi partner di perusahaan-perusahaan besar dan membantu mereka berkembang di era digital.


Menariknya lagi, DQLab juga menggandeng pihak ternama untuk meningkatkan potensi karyawan di bidang teknologi. Yuk, segera konsultasikan layanan yang kalian butuhkan dengan corporate training DQLab!


Mulai Karier
sebagai Praktisi
Data Bersama
DQLab

Daftar sekarang dan ambil langkah
pertamamu untuk mengenal
Data Science.

Buat Akun


Atau

Sudah punya akun? Login