GIMANA MEMULAI KARIER JADI DATA ANALYST?
Simak caranya di webinar GRATIS dan raih DOORPRIZE menarik!
DAFTAR SEKARANG!
Pendaftaran ditutup dalam 0 Hari 23 Jam 54 Menit 52 Detik 

Mengenal Penggunaan CONCAT SQL untuk Implementasi Data String

Belajar Data Science di Rumah 23-Juni-2022
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/39690c3336766d75b59b471651c4f4b3_x_Thumbnail800.jpg

Profesi sebagai praktisi data sekarang ini menjadi incaran banyak orang. Tidak hanya dari bidang IT namun juga dari non IT. Dengan perkembangan teknologi yang semakin maju, hal ini juga diiringi dengan pertumbuhan data yang juga meningkat. Untuk menangani hal ini, dibutuhkan bantuan tools canggih yang sanggup memproses data dalam jumlah besar. Salah satu tools yang digunakan untuk memproses data adalah SQL. Apa itu? SQL (Structured Query Language) adalah bahasa yang digunakan untuk manajemen data dan mengakses data untuk keperluan analisis. Bahasa ini dikenal sebagai bahasa yang mudah dipelajari dan dipahami oleh pemula.


Selain menjadi bahasa pemrograman yang menunjang pekerjaan data, SQL juga menjadi rekomendasi untuk para pemula yang baru belajar data. SQL menggunakan bahasa inggris dasar yang mudah diingat seperti SELECT, INSERT, dan DELETE. Dalam data ada banyak jenis yang harus kita pahami salah satunya adalah data string. Nah, di SQL sendiri ada fungsi yang digunakan ketika kita berhadapan dengan data string yaitu CONCAT. Seperti apa fungsi CONCAT? Yuk, simak pembahasannya di bawah ini!


1. Fungsi CONCAT

Terkadang ketika berhadapan dengan data, kita perlu menggabungkan dua atau lebih string secara bersamaan. Untuk melakukan hal tersebut kita bisa menggunakan fungsi CONCAT(). Fungsi ini bawaan dari SQL yang dapat menyambung dua atau lebih string. Sintaks untuk fungsi CONCAT sebagi berikut.


CONCAT(string1, string2, …, string_n)


Contoh sederhananya misalnya kita ingin menggabungkan dua string menjadi satu yaitu “Kopi” dan “Susu”. Kita dapat menggunaka sintaks seperti berikut.


sql


Output yang diberikan yaitu kolom yang berisikan tulisan “KopiSusu”.


Baca juga : Saatnya Belajar SQL, Kenali Rekomendasi Query SQL Bagi Pemula


2. Menggabungkan Kolom dengan CONCAT

Saat bekerja dengan data kita membutuhkan data secara lengkap. Nah, untuk mendapatkannya seringkali kita harus menggabungkan beberapa kolom dari tabel yang saling berkaitan. Fungsi CONCAT dapat digunakan untuk menggabungkan beberapa kolom menjadi satu kolom. Sintaksnya yaitu sebagai berikut.


SELECT CONCAT(column1, column2) FROM table


Contohnya kita ingin menggabungkan dua kolom yaitu kolom nama dan tanggal registrasi. Kita bisa menuliskan sintaksnya seperti berikut.


sql


Jika ingin memodifikasi kolom menjadi lebih rapi dengan nama tabel, sintaksnya seperti pada gambar di bawah ini.


sql


Dapat kita lihat bahwa sudah ada nama kolom yaitu Kolom_Baru.


3. Fungsi CONCAT_WS

Fungsi CONCAT_WS adalah modifikasi dari fungsi CONCAT. Dengan fungsi ini kita dapat menambahkan karakter sebagai pembatas antara kolom yang ingin digabungkan. Perhatikan gambar di bawah ini.

sql

Pada gambar diatas, data yang ada dalam kolom masih saling berdekatan tanpa spasi sehingga terlihat berantakan. Nah, kita dapat menggunakan fungsi CONCAT_WS untuk kondisi tersebut. WS dalam fungsi tersebut artinya yaitu ‘with separator’. Sintaksnya sebagai berikut.


SELECT CONCAT_WS(separator, column1, column2) AS columnName FROM table


Perbedaannya dengan CONCAT() terletak pada argumen pertama CONCAT_WS() yang meminta inputan karakter pembatas. Contohnya kita ingin menambahkan bagian depan dari data pada gambar diatas dengan ‘Nama:’ maka sintaksnya seperti berikut.


SELECT CONCAT_WS(‘Nama : ‘, Full_Name, Registration_Date) AS Kolom_Baru FROM Student


Output yang diberikan yaitu pada gambar dibawah ini.

sql


Perlu diingat juga, fungsi ini dapat digunakan pada SQL Server 2017 dan versi diatasnya. 


4. CONCAT dengan Operator

Selain ketiga cara diatas, kita juga bisa loh menggabungkan string dengan menambahkan operator di dalam argumennya. Pada contoh di poin pertama, kita menggunakan fungsi CONCAT untuk case sederhana dan output yang diberikan masih berantakan. Kita bisa membuatnya lebih rapi dengan operator tambah (+). Operator ini akan dibaca sebagai space atau spasi. Contohnya sebagai berikut.

sql


Baca juga : Catat! Ini 3 Keuntungan Belajar SQL dalam Mengolah Data


Semakin dikulik lebih dalam, materi mengenai SQL akan semakin asyik. Ada berbagai macam jenis data yang dapat diproses menggunakan SQL. Oleh karena itu, jika ingin menjadi praktisi data maka skill SQL kamu harus bagus. SQL akan sangat membantu analisis data nantinya.


Tidak hanya fungsi CONCAT yang sudah dibahas, masih banyak fungsi lain yang sering digunakan untuk manajemen hingga manipulasi data. Yuk, gabung di DQLab.id! Tersedia modul SQL dengan pembelajaran bertahap mulai dari nol yang mudah dipelajari oleh pemula. Dapatkan juga sertifikat gratis di setiap penyelesaian modulnya. 


Penulis: Dita Kurniasari

Editor: Annissa Widya

Sign Up & Mulai Belajar Gratis di DQLab!