Buat Akun DQLab & Akses Kelas Data Science Python, R, dan Excel GRATIS
 SIGN UP  

Mengenal Penggunaan Metode Statistik Deskriptif dalam Dunia Industri

Belajar Data Science di Rumah 29-September-2021
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/a2bb3139c8ccdf40330f19e8f42fb285_x_Thumbnail800.png

Metode statistik deskriptif adalah koefisien deskriptif yang merangkum kumpulan data berupa representasi seluruh populasi atau sampel dari suatu populasi. Metode statistik deskriptif atau biasa dikenal dengan statistik deskriptif terbagi menjadi dua, yaitu ukuran central tendency dan ukuran variabilitas atau penyebaran. Ukuran central tendency meliputi mean, median, dan modus, sedangkan ukuran variabilitas atau penyebaran meliputi standar deviasi, varian, variabel minimum dan maksimum, kurtosis, dan skewness. Secara singkat, statistik deskriptif bertujuan untuk menggambarkan dan memahami fitur dari kumpulan data tertentu dengan memberikan ringkasan singkat tentang sampel dan ukuran data.

Statistik deskriptif dapat digunakan dalam berbagai cara dan untuk berbagai tujuan. Bahkan hasil dari metode ini dapat divisualisasikan dengan bar chart, line chart, bahkan pie chart. Dalam penelitian, metode statistik deskriptif biasanya digunakan di awal untuk mengetahui karakteristik awal dari kumpulan data yang digunakan. Pengaplikasian metode ini dalam berbagai industri sangat beragam. Penasaran apa saja kegunaan statistik deskriptif dalam dunia industri? Yuk simak artikel ini sampai akhir!


1. Menentukan Karakteristik Konsumen

Salah satu tujuan dari metode statistik deskriptif adalah untuk menarik kesimpulan konkrit mengenai objek penelitian. Hasil dari metode ini dapat digunakan untuk mendapatkan pola, sifat, atau perilaku objek yang diteliti. Selain itu, jika suatu penelitian menggunakan responden, metode ini juga bisa digunakan untuk memahami sikap dan pendapat seorang responden mengenai suatu peristiwa atau fenomena. Misalnya, metode ini bisa digunakan untuk memahami rata-rata waktu yang dihabiskan setiap responden untuk membuka sosial media. Dalam dunia bisnis, informasi ini bisa digunakan untuk membuat keputusan bisnis yang tepat.


Baca juga : Pengolahan Data Statistik Parametrik dan Non-Parametrik


2. Mengidentifikasi Trend Pasar

Selain untuk mengidentifikasi karakteristik konsumen, metode statistik deskriptif juga digunakan untuk mengidentifikasi trend pada data dari waktu ke waktu. Contohnya, sebuah perusahaan fashion sedang meneliti preferensi pakaian saat musim gugur penduduk di Benua Amerika dengan meluncurkan beberapa model pakaian musim gugur. Dengan data penjualan, perusahaan bisa mengetahui model pakaian musim gugur mana yang disukai dan tidak disukai oleh penduduk Benua Amerika. Hal ini akan membantu perusahaan untuk meningkatkan produksi yang banyak disukai oleh konsumen sehingga risiko kerugian dapat dikurangi.


3. Membandingkan Beberapa Indikator Bisnis

Kegunaan metode statistik deskriptif yang ketiga adalah untuk memahami bagaimana kelompok yang berbeda merespon produk atau layanan tertentu. Misalnya, sebuah perusahaan fashion membuat survei mengenai citra brand. Dalam survei ini, beberapa data yang akan dikumpulkan adalah data demografis seperti usia, pendapatan, jenis kelamin, alamat, dan lain sebagainya. Riset terkait konsumen ini akan membantu perusahaan untuk memahami indikator brand yang menarik bagi pelanggan. Riset ini juga bisa membantu perbaikan produk atau pemasaran, bahkan membuka peluang pasar produk baru untuk memenuhi kebutuhan konsumen yang tinggi.


4. Membandingkan Analisis Di Waktu yang Berbeda

Analisis dapat dilakukan pada periode yang berbeda untuk memastikan adanya persamaan dan perbedaan. Metode statistik deskriptif ini juga memungkinkan sejumlah variabel dalam bisnis untuk dievaluasi. Selain itu, metode ini juga dapat digunakan untuk verifikasi mengenai kondisi yang ada dan dapat diulang untuk menarik trend di waktu yang berbeda.


Baca juga : Yuk Pelajari Macam-Macam Metode Analisis Statistika


5. Belajar Metode Statistik Bersama DQLab

Di era big data, metode statistik merupakan hal krusial yang harus dipelajari mengingat saat ini sudah hampir semua bisnis memanfaatkan big data dalam kegiatan sehari-hari. Oleh karena itu, rekrutmen ahli olah data yang menguasai berbagai metode statistik terus meningkat. Yuk mulai belajar metode statistika bersama DQLab! Yuk bergabung dengan DQLab dan nikmati berbagai program dan modul menarik mengenai metode statistik dan tools yang banyak digunakan di dunia industri. Modul DQLab dilengkapi dengan live code editor sehingga kita tidak perlu menginstall software tambahan. Segera klik button di bawah ini untuk mengakses berbagai modul DQLab dan persiapkan dirimu untuk berkarir di dunia industri. Selamat belajar!



Penulis: Galuh Nurvinda K

Editor: Annissa Widya Davita

Sign Up & Mulai Belajar Gratis di DQLab!